Sukses

Gantikan Gibran Rakabuming Dengarkan Hasil Pengumuman Pilpres di Rumah Prabowo, Tampilan Kaesang Pangarep Jadi Omongan

Gibran Rakabumi sebagai calon wakil presiden terpilih tidak hadir saat Prabowo Subianto menanggapi hasil Pemilu 2024. Keberadaannya digantikan Kaesang Pangarep yang tampil dengan busana ala habib

Liputan6.com, Jakarta - Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah mengumumkan hasil Pemilu 2024 dengan pasangan 02, yaitu Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming, memperoleh suara terbanyak. Usai pengumuman tersebut, Prabowo menggelar konferensi pers di kediamannya yang berlokasi di Jl Kertanegara, Kebayoran Baru. 

Dalam kesempatan itu, Gibran sebagai calon wakil presiden terpilih tidak mendampingi Prabowo. Di unggahan yang beredar di lini masa, ketidakhadiran Gibran menuai tanda tanya.

Dari media sosial pribadinya, Gibran ternyata berada di Solo untuk menyelesaikan tugas-tugasnya sebagai Wali Kota Surakarta. Sementara adiknya, Kaesang Pangarep terlihat hadir di kediaman Prabowo bersama beberapa kader Partai Solidaritas Indonesia (PSI) dan tokoh politik lainnya seperti Yusril Ihza Mahendra.

Yang menarik adalah penampilan Kaesang saat itu tampak seperti habib. Ia memakai busana terusan gamis panjang berwarna hitam dan peci senada. 

Dari klip yang diunggah oleh akun @dianfitriyah23 pada Kamis (21/3/2024), saat Kaesang tiba di Kertanegara, tak sedikit yang menyapanya dengan sebutan Ustaz Kaesang. Suami Erina Gudono itu juga tampak bersenda gurau dengan tamu lainnya, termasuk Zulkifli Hasan dan Yusril. 

Video yang disukai oleh lebih dari 3.930 pengguna TikTok itu pun menuai beragam reaksi. "Tumben banget Kaesang pakai baju gamis, pakai peci," komentar warganet.

"Prof Yusril seperti sudah terbiasa dengan tingkah lucu mas Kaesang," sambung yang lain.

"Mas Kaesang semakin alim dan soleh," balas warganet.

"Pulang teraweh langsung ngacir ini mah," seloroh yang lain.

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

KPU Umumkan Hasil Pemilu 2024

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah menggelar agenda penetapan hasil Pemilu 2024. KPU menuntaskan rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil penghitungan suara tingkat nasional untuk 38 provinsi se-Indonesia.

Pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut dua Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka memperoleh suara terbanyak. "Menetapkan hasil pemilihan umum presiden dan wakil presiden secara nasional berdasarkan berita acara nomor 218/PL.01.08-BA/05/2024 dalam pemilihan Umum Tahun 2024,” tutur Ketua KPU Hasyim Asyari di KPU RI, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu, 20 Maret 2024, dikutip dari Tim News Liputan6.com.

Pemilu 2024 menetapkan paslon nomor urut satu Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar meraih 40.971.906 suara. Lalu, paslon nomor urut dua Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka mendapatkan 96.214.691 suara. Kemudian, paslon nomor urut tiga Ganjar Pranowo-Mahfud Md memperoleh 27.040.878 suara.

Adapun jumlah suara sah sendiri sebanyak 164.227.475. Sebelumnya, KPU menggelar rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil penghitungan suara tingkat nasional hari ke-22, dengan Provinsi Papua sebagai yang terakhir.

 

3 dari 4 halaman

Pengamanan Saat Pengumuman Hasil Pemilu 2024

Hasilnya, suara terbanyak diperoleh untuk pasangan calon presiden dan wakil presiden (capres dan cawapres) nomor urut 02 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka. "Bismillah sah," tutur Ketua KPU Hasyim Asyari di KPU RI, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu, 20 Maret 2024.

 

Sejumlah personel keamanan gabungan pun disiagakan untuk menjaga ketat gedung di Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat tersebut. Pantauan Liputan6.com, masuk pukul 09.00 WIB jajaran personel gabungan telah melakukan apel pagi dalam rangka persiapan pengamanan.

Sementara itu, massa penolak hasil rekapitulasi Pemilu 2024 menggelar aksi membakar sampah di depan gedung Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI di Menteng, Jakarta Pusat, kemarin. Api mulai berkobar seusai mereka menyelesaikan ibadah shalat Maghrib.

Api juga terlihat mulai membesar ditambah dengan angin yang cukup kencang di lokasi aksi. Hingga pukul 19.23 WIB, kedua kelompok massa aksi masih bertahan di depan kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU).

4 dari 4 halaman

Sengketa Hasil Pemilu 2024

Terkait hasil Pemilu 2024, paslon nomor urut 01 yaitu Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar telah mengajukan gugatan ke Mahkamah Konstitusi (MK). Mengutip kanal News Liputan6, terkait hal ini Ketua Umum Partai Bulan Bintang (PBB) sekaligus Pakar Hukum Tata Negara Yusril Ihza Mahendra bakal memimpin tim hukum pembela Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Tim ini disiapkan menghadapi sengketa hasil Pilpres 2024 di MK. Yusril mengatakan total ada 35 advokat yang masuk dalam tim hukum pembela Prabowo-Gibran. Di samping dari advokat profesional, ada pula pengacara dari kader Partai Gerindra, Partai Golkar, dan Partai Demokrat.

"Saya enggak hafal (advokatnya). Insya Allah saya yang mimpin," kata Yusril di Jalan Kertanegara IV Jakarta Selatan usai Prabowo menggelar konferensi pers.

"Saya enggak ingat jumlah tapi ada beberapa kalau enggak salah ada 3 dari Gerindra, ada 3 dari Golkar, juga ada dari Demokrat juga 3. Selebihnya advokat profesional," katanya lagi sambil mengatakan, tim tersebut sudah selesai disusun. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.