Sukses

Catatan Medis Kate Middleton Diduga Dicuri dari Rumah Sakit, 1 Staf Diperiksa

Kabar dugaan pencurian catatan medis Kate Middleton itu beredar setelah ia terlihat berbelanja bersama Pangeran William di sekitar Istana Windsor.

Liputan6.com, Jakarta - Kasus pelanggaran keamanan dilaporkan terjadi di rumah sakit swasta tempat Putri Wales menjalani operasi perut pada Januari 2024. Proses investigasi dilakukan di The London Clinic dengan menyebutkan setidaknya satu staf mencoba mencuri catatan medis Kate Middleton.

Mengutip Hello Magazine, Rabu (20/3/2024), orang dalam rumah sakit mengatakan pada The Mirror, "Ini adalah pelanggaran keamanan besar dan sangat merugikan rumah sakit, mengingat reputasinya yang tidak bercela dalam merawat anggota keluarga kerajaan."

Media tersebut juga melaporkan bahwa pimpinan senior rumah sakit telah menghubungi Istana Kensington segera setelah insiden tersebut jadi perhatian mereka dan meyakinkan pihak istana akan ada penyelidikan penuh. Seluruh staf medis sangat terkejut dan putus asa atas tuduhan tersebut dan sangat terluka karena rekan mereka yang terpercaya diduga bertanggung jawab atas pelanggaran kepercayaan dan etika.

Sebagai tanggapan, juru bicara Istana Kensington mengatakan, "Ini adalah masalah The London Clinic."

Kate dirawat selama 13 hari di rumah sakit swasta itu menyusul operasi perutnya pada 16 Januari 2024. Hingga kini, detail kondisi kesehatan Kate tidak pernah disampaikan ke publik, tapi pihak istana menekankan bahwa penyakitnya tidak berhubungan dengan kanker. Mereka juga meminta informasi tersebut tetap privat.

Di rumah sakit tersebut, Raja Charles menjalani perawatan pembengkakan kelenjar prostat pada hari yang sama. Keduanya keluar dari rumah sakit pada 29 Januari 2024 dari pintu berbeda.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sejarah The London Clinic

The London Clinic secara resmi dibuka Duke dan Duchess of York saat itu pada 1932. Ide pendiriannya muncul dari sekelompok dokter Harley Street yang merencanakan pembangunan panti jompo baru menggunakan standar medis tertinggi saat itu. Pasien-pasien terkenal mereka termasuk mendiang Pangeran Philip, mendiang adik perempuan Ratu Elizabeth II, Putri Margaret, mantan presiden AS John F Kennedy, dan aktris Elizabeth Taylor.

Menurut Mirror, dikutip 18 Januari 2024, klinik swasta ini jauh berbeda dari rumah sakit Layanan Kesehatan Nasional Inggris (NHS). Setiap kamar di The London Clinic dilengkapi pendingin udara dan kamar mandi pribadi dengan fasilitasnya menggunakan jenama mewah.

Di dalam kamar, pasien, termasuk Kate Middleton, dapat menonton televisi dan mendengarkan radio. Bahkan, WiFi tersedia di hampir seluruh titik di tempat itu, sehingga Putri Wales dapat melakukan panggilan telepon, bahkan video dengan ketiga anaknya: Pangeran George (10), Putri Charlotte (8), dan Pangeran Louis (5). Kate juga menerima menu makanan yang dipersonalisasi dan fasilitas rumah sakit yang canggih.

3 dari 4 halaman

Kate Terekam Belanja Bareng William

Kate Middleton kembali terlihat di publik sebelum ia menjalankan tugas resminya sebagai anggota kerajaan. Ia disebut sedang berbelanja bersama Pangeran William di toko pertanian favoritnya di dekat rumah mereka di Adelaide Cottage, pada Sabtu, 16 Maret 2024.

Seorang warga yang melihatnya menyebut Kate terlihat 'bahagia, santai, dan sehat.' "Setelah semua rumor yang beredar, saya terkejut melihatnya di sana. Kate sedang berbelanja dengan William dan dia tampak bahagia dan sehat. Anak-anak tidak bersama mereka, tapi itu pertanda baik bahwa dia cukup sehat untuk pergi ke toko," kata warga yang tidak disebut namanya, mengutip The Sun, Senin, 18 Maret 2024.

Sementara, Hello Magazine melaporkan bahwa Putri Wales terlihat muncul di Lambrok School untuk mengawasi anak-anaknya berolahraga. Pangeran William juga dilaporkan menyemangati Putri Charlotte yang bertanding sepak bola pada Kamis, 14 Maret 2024.

Media itu juga menyebutkan Kate memprioritaskan kepentingan tiga anaknya, terutama menjaga 'rutinitas normal' di rumah. Roya Nikkah, editor laman kerajaan The Sunday Times, menuliskan, "Sepulang sekolah, hanya mereka berlima di rumah, dengan Kate, alih-alih mempekerjakan tukang masak atau penjaga rumah, biasanya menyiapkan sendiri makan malam mereka."

4 dari 4 halaman

Foto Kedua yang Diduga Dimanipulasi

Di tengah spekulasi liar hingga skandal manipulasi foto, Kate Middleton kembali dihantam dugaan manipulasi foto kedua. Getty Images menuding foto Ratu Elizabeth II bersama para cicit dan cucunya yang dirilis untuk merayakan ulang tahun ke-97 pada April 2023 dituduh hasil editan.

"Getty Images telah meninjau gambar tersebut dan menempatkan catatan editor di atasnya, yang menyatakan bahwa gambar tersebut telah disempurnakan secara digital dari sumbernya," kata juru bicara Getty pada The Telegraph, dikutip dari People, Selasa, 19 Maret 2024.

Disebutkan saat itu foto diambil Putri Wales saat perjalanan keluarga ke Balmoral pada musim panas sebelumnya. Di potret itu, Ratu Elizabeth II duduk di tengah sofa hijau dikelilingi oleh cucu dan cicitnya, termasuk anak-anak William dan Kate.

'Beberapa inkonsistensi' disorot The Telegraph, termasuk garis vertikal di mana tartan rok mendiang Ratu tidak serasi dan pengulangan digital rambut Mia Tindall. Outlet tersebut menunjukkan dan memperbesar enam hal yang berbeda. Sementara itu, mengutip Tatler, sebuah catatan telah ditambahkan ke akun X, sebelumnya Twitter, mengklarifikasi bahwa gambar tersebut tampaknya telah dimanipulasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.