Sukses

Gaya Modis Kim Ju Ae, Anak Perempuan Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un

Dalam berbagai kegiatan kenegaraan, putri pemimpin Korea Utara yang diketahui bernama Kim Ju Ae acap kali mengikuti Kim Jong Un.

Liputan6.com, Jakarta - Desas-desus pemimpin Korea Utara Kim Jong Un sedang mempersiapkan putrinya untuk meneruskan suksesi sebagai orang nomor satu di Korut semakin berembus. Bahkan Kementerian Unifikasi Seoul ikut bersuara soal spekulasi tersebut.

Mengutip dari laman Star, Selasa, 19 Maret 2024, kantor berita pemerintah Korea Utara pada Sabtu, 16 Maret 2024 menyebut putri remaja Kim sebagai "orang hebat yang memberikan bimbingan". Diistilahkan sebagai "hyangdo" dalam bahasa Korea, kata ini digunakan khusus untuk para pemimpin puncak dan penerus mereka.

Para analis mengatakan ini adalah pertama kalinya putri Kim Jong Un digambarkan sebagai "hyangdo". Di mana selama ini Pyongyang belum pernah menyebutkan namanya, namun anak perempuan Kim diidentifikasi sebagai Kim Ju Ae oleh intelijen Korea Selatan dan digambarkan seperti itu oleh Pyongyang.

Di luar dari spekulasi itu, gaya Ju Ae saat terlihat di publik bersama ayahnya menarik untuk disimak. Berikut gaya modis anak perempuan Kim Jong Un yang dirangkum Tim Lifestyle Liputan6.com.

Mantel Kulit 

Semakin sering muncul Ju Ae di samping ayahnya pada acara-acara publik penting, meningkatkan kemungkinan ia terpilih sebagai pemimpin Korea Utara untuk suksesi generasi ketiga. Salah satunya terlihat saat Kim Jong Un mengunjungi rumah kaca Gangdong di Pyongyang. 

Ju Ae memakai mantel kulit berwarna cokelat yang dipakaikan ikat pinggang. Mantel berkerah V itu akhirnya memberi kesan jenjang, di mana gaya tampilannya berpadu dengan kaus halterneck warna putih. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Gaya Rambut ala Jun Ae

Masih mengenakan mantel yang sama, dalam sebuah gambar yang dirilis oleh Pyongyang, Ju Ae terlihat menggunakan teropong untuk mengamati latihan pasukan terjun payung baru-baru ini. Ia berdiri di samping ayahnya dan pejabat senior militer.

Sebagai remaja perempuan, gaya rambutnya kala itu ditata cukup anggun. Ia menyisir ke samping belahan rambutnya,  tapi bagian poni depannya agak disanggul tinggi dan rambut panjangnya hanya dikuncir setengah. 

Di potret tersebut aksi Ju Ae melihat melihat teropong tampak membuat ayahnya senang. Begitu juga para pejabat militer yang menemani kunjungan mereka berdua. 

Sementara itu, pejabat dari Kementerian Unifikasi Seoul, Koo Byoung Sam, mengatakan Korea Selatan tidak mengesampingkan kemungkinan Ju Ae jadi penerus. "Kami tidak mengesampingkan kemungkinan suksesi Ju Ae", katanya, seraya menambahkan bahwa Seoul memantau situasi dan tetap terbuka terhadap berbagai kemungkinan.

Namun, ia memperingatkan bahwa jika Ju Ae menggantikan ayahnya sebagai pemimpin keempat negara tertutup tersebut, "rakyat Korea Utara akan menanggung dampak terburuknya", katanya. 

 

 

3 dari 4 halaman

Pertama Kali Tampil di Publik 2022

Untuk diketahui, Ju Ae pertama kali diperkenalkan ke dunia oleh media pemerintah pada tahun 2022 saat dia menemani ayahnya meluncurkan rudal balistik antarbenua. Sejak itu, media resmi Korea Utara punya banyak sebutan untuk dirinya, termasuk "bintang pagi Korea" dan "anak tercinta".

Dia terlihat di banyak acara resmi ayahnya, termasuk latihan militer, kunjungan ke pabrik senjata, dan singgah di peternakan ayam baru. Sebelum 2022, satu-satunya konfirmasi keberadaannya datang dari mantan bintang NBA Dennis Rodman.

Ketika itu ia melakukan kunjungan ke Korea Utara pada 2013 dan mengaku telah bertemu dengan bayi perempuan Kim yang bernama Ju Ae. Seoul awalnya mengindikasikan bahwa Kim dan istrinya Ri punya anak pertama mereka, laki-laki, pada 2010 dan Ju Ae adalah anak kedua mereka.

Namun tahun lalu, menteri unifikasi Seoul mengatakan bahwa pemerintah "tidak dapat memastikan secara pasti" keberadaan putra Kim. Kim Jong-un mewarisi rezim tersebut setelah kematian ayahnya pada akhir 2011 dan telah mengawasi empat uji coba nuklir di bawah pengawasannya, yang terakhir dilakukan pada 2017.

4 dari 4 halaman

Pakai Jaket Dior

Mengutip Tim Global Liputan6.com, 24 Maret 2023, Kim Ju Ae, putri Kim Jong Un, sempat tampak mengenakan jaket yang diduga keluaran rumah mode Christian Dior. Fenomena ini begitu kontras dengan kondisi kehidupan masyarakat awam di Korea Utara, salah satu negara termiskin di dunia.

Penampilan Kim Ju Ae, yang disebut satu dari tiga anak Kim Jong Un, memakai jaket musim dingin pabrikan Dior terlihat dalam sebuah video yang dirilis kantor berita Korean Central News Agency (KCNA) milik pemerintah Korea Utara pada 17 Maret 2023.

Dalam video, gadis yang diduga berusia 10 tahun tersebut tampak tengah menemani sang ayah mengamati uji coba rudal balistik antarbenua Hwasong-17. Demikian seperti dilansir The Straits Times, Jumat (24/3/2023). Ini adalah penampilan terbaru dari Kim Ju Ae dari serangkaian kemunculannya di publik.

Media Korea Selatan pada menunjukkan bahwa jaket musim dingin bertopi yang dikenakan Kim Ju Ae dibanderol harga 1.900 dolar AS atau sekitar Rp28,8 juta. Gaya hidup mewah pemimpin Korea Utara didokumentasikan dengan baik. Sebut saja selera ayam Kim Jong Un, Kim Jong Il, terhadap anggur dan makanan mahal yang diakui oleh koki pribadinya Kenji Fujimoto dalam bukunya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.