Sukses

Kejutan, Busana Rancangan Angelina Jolie Debut Perdana di Karpet Merah Oscar 2024

Angelina Jolie resmi meluncurkan merek busananya, Atelier Jolie, pada tahun lalu. Oscar 2024 jadi debut perdana busana rancangannya tampil di karpet merah.

Liputan6.com, Jakarta - Tak ada yang mengira bila Angelina Jolie yang sudah jarang muncul di karpet merah acara prestisius akan hadir di karpet merah Oscar 2024. Bukan fisiknya langsung melainkan busana rancangannya yang debut perdana di ajang penghargaan bagi insan perfilman dunia itu.

Pada Minggu, 10 Maret 2024, busana rancangan Angelina Jolie dipakai oleh istri penyanyi Jon Batiste, Suleika Jaouad, yang berprofesi sebagai jurnalis sekaligus bintang film dokumenter American Symphony bersama suaminya. Sementara, film itu mendapat nominasi Oscar untuk kategori Lagu Asli Terbaik.

 

Melansir Elle, Rabu (13/3/2024), Jaouad adalah orang pertama yang mengenakan salah satu pakaian khusus Jolie dari lini produknya, Atelier Jolie. Jolie mengumumkan merek pakaian dan etalase kelas atas pada Mei 2023.

Gaun dengan lipit rumit itu terbuat dari kain berwarna emas sampanye. Itu menampilkan jubah serasi yang dikenakan Jaouad di bahunya. Bagian belakang gaun itu terdapat sketsa yang digambar oleh seniman Chaz Guest.

"Gaun ini dirancang oleh satu-satunya Angelina Jolie," kata Suleika Jaouad kepada outlet hiburan Kanada, Etalk, di karpet merah. "Pertama kali dia mendesain gaun untuk karpet merah, dan dia mengundang seniman luar biasa Chaz Guest untuk melukis sebuah simfoni di belakangnya."

"Jadi, ada Tuan Batiste di sini," katanya sambil menunjuk ke arah konduktor yang dicat di gaunnya.

Pada hari yang sama, Jolie membahas gaun rancangannya itu kepada Vogue. "Saya sangat mengagumi Suleika dan cara dia menjalani hidupnya—bagaimana dia menghadapi kesulitan dengan kekuatan dan keanggunan," ucapnya.

"[Dia] adalah kekuatan kreatif brilian yang menginspirasi semua orang yang mengenalnya. Saya akan mendandaninya untuk apa pun yang dia butuhkan. Ini tidak boleh tentang gaunnya, tetapi bagaimana segala sesuatu yang dikenakan terasa seperti perpanjangan tangan dari orang tersebut."

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Luncurkan Lini Busana pada 2023

Atelier Jolie diluncurkan secara online pada 18 Mei 2023. Pada awal Desember, Jolie membuka gerai pertamanya di Kota New York. Letaknya di gedung bersejarah SoHo, tempat pelukis terkenal Jean-Michel Basquiat tinggal dan bekerja pada 80an. Dia menyewanya dari sesama artis Andy Warhol, pemilik rumah tersebut.

Sementara itu, mengutip dari Euronews, Jumat, 19 Mei 2023, aktris berusia 47 tahun itu meluncurkan merek fesyen barunya dengan misi untuk mendukung pengungsi serta kelompok terpinggirkan lainnya. Kabar tersebut beredar di Instagram resmi Angelina Jolie, keterangan foto menambahkan bahwa Atelier Jolie akan bertindak sebagai "sumber daya online inklusif untuk menemukan pembuat garmen" yang dapat bekerja dengan tim yang ada.

Jolie menulis, "Saya memulai sesuatu yang baru hari ini - sebuah kolektif tempat semua orang dapat berkreasi. Atelier Jolie adalah tempat bagi orang-orang kreatif untuk berkolaborasi dengan keluarga ahli penjahit, pembuat pola, dan pengrajin yang terampil dan beragam dari seluruh dunia."

Mantan istri Brad Pitt itu menambahkan, ide untuk mendirikan lini busananya berasal dari penghargaan dan rasa hormatnya yang mendalam kepada banyak penjahit yang telah bekerja dengan Jolie selama bertahun-tahun. Ia juga berkeinginan menggunakan bahan vintage berkualitas tinggi dan kain deadstock yang sudah tersedia.  

3 dari 4 halaman

Membawa Misi Fesyen Berkelanjutan

Dilaporkan bahwa lebih dari 100 juta ton limbah tekstil berakhir di tempat pembuangan sampah setiap tahun. Jolie melalui lini fesyen Atelier Jolie sepertinya ingin berperan dalam mengakhiri masalah lingkungan tersebut.

Sebuah pesan di situs web berbunyi, "Anda akan dapat memperbaiki atau mendaur ulang barang-barang dari lemari Anda yang ingin Anda hidupkan kembali, untuk menyempurnakan kecocokan, menghirup kehidupan baru ke dalam apa yang seharusnya."

"Menciptakan pakaian berkualitas dengan makna pribadi" menunjukkan bahwa Atelier juga akan menemukan kembali pakaian yang sudah ada serta membuat potongan baru. Fokus pada pengungsi di merek ini sangat berkaitan dengan karier Angelina Jolie.

Di samping pekerjaan akting dan penyutradaraannya, dia telah menghabiskan sekitar 20 tahun terlibat sebagai Utusan Khusus untuk Badan Pengungsi PBB, termasuk kunjungan ke Yaman dan Burkina Faso. Pada Desember 2022 lalu, dia mengumumkan mundur dari posisi tersebut, tetapi akan "melanjutkan" perannya sebagai utusan khusus PBB untuk terlibat dalam serangkaian problem kemanusiaan dan hak asasi manusia yang lebih luas".

4 dari 4 halaman

Daftarkan Hak Paten

Kabar sang aktris akan membuat lini fesyen terkuak setelah Page Six Style memperoleh pendaftaran Jolie, yang diajukan pada 11 Mei 2022 ke US Patent and Trademark Office (USPTO). Kabarnya, merek dagang mencakup "perhiasan custom" dan "pakaian vintage dan adibusana serta aksesori fesyen", tas tangan, alas kaki, serta barang rumah tangga mulai dari linen hingga furnitur.

Bukan kali pertama Jolie terjun ke dalam desain perhiasan. Lebih dari satu dekade lalu, dia berkolaborasi dengan Robert Procop, pembuat perhiasan di balik cincin pertunangan berpotongan zamrud dari mantan Brad Pitt, dalam koleksi yang dijuluki Style of Jolie.

"Angelina memiliki pemikiran yang kreatif dan kami bekerja sama dengan baik. Dia sangat aktif dan sangat metodis," kata Procop kepada Vogue Inggris pada 2012 tentang kolaborasi tersebut, yang hasilnya disumbangkan ke badan amal Jolie, Education Partnership for Children of Conflict.

Kecerdasan gaya jelas berjalan dalam keluarga. Putri sulung Jolie, Zahara, membuat Zahara Collection miliknya sendiri dengan Procop pada 2019, saat berusia 14 tahun. Seperti lini ibunya, lini Zahara memiliki komponen amal.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini