Sukses

Tak Terima Diperlakukan Kasar oleh Pendeta, Fotografer Pernikahan di Inggris Buat Petisi

Para fotografer pernikahan di Inggris mengaku mendapat perilaku kasar dari pendeta saat bertugas di acara pernikahan di gereja. Mereka membuat petisi yang berhasil mendapat 900 kali tanda tangan.

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah petisi mengenai perilaku kasar pendeta terhadap fotografer pernikahan berhasil ditandatangani lebih dari 900 kali. Mengutip BBC Rabu, 6 Maret 2024, petisi tersebut menggambarkan perilaku "memalukan" para pendeta yang bersikap tidak wajar kepada fotografer pernikahan.

Perilaku “kasar” dan “tidak sopan” yang dilakukan pendeta terhadap fotografer pernikahan harus diakhiri, kata seorang fotografer.

Salah seorang fotografer, Rachel Roberts, mengatakan bahwa dia pernah mengalami kejadian yang tidak menyenangkan dari pendeta. Akibat banyak perilaku pendeta yang buruk, para fotografer menjadi tidak mau datang ke pernikahan yang di gereja.

Dia kemudian terdorong untuk memulai petisi setelah melihat video di media sosial tentang seorang fotografer pernikahan yang diteriaki oleh seorang pendeta di depan sebuah gereja yang penuh dengan tamu pernikahan yang "ketakutan".

Ms Roberts mengatakan dia bertemu anggota pendeta yang memintanya untuk bersembunyi di balik pilar atau diam di belakang gereja dan mereka hanya boleh mengambil satu foto saja.

Bahkan salah satu pendeta mengancam akan menghentikan upacara dan mengusirnya jika dia mengambil foto pada waktu yang salah, katanya.

Ms Roberts mengatakan kepada program Today di BBC Radio 4 bahwa pada salah satu acara pernikahan dia disuruh diam di satu tempat dan jangan membuat keributan, hanya agar pendeta mempersilakan anak-anak untuk bebas berkeliaran di gereja dan bermain di lorong.

Anak-anak tersebut sangat berisik dan pendeta membiarkannya. Ms Roberts merasa ada standar ganda.

“Orang-orang bisa saja meremehkan fotografer karena menginginkan bagian hari yang 'datar',” katanya. “Banyak pendeta sering mengatakan kepada kami, ‘Ini bukan Hollywood, ini bukan pemotretan’,” tambahnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Menurut Pendeta, Pernikahan Adalah Proses Hukum

Sepasang kekasih menggelar pernikahan di gereja pada April 2022. Pada hari itu, Sophie dan John diberitahu bahwa nanti Fotografernya harus berada di depan atau di belakang. Fotografer tersebut tidak boleh kemana-mana selain kedua tempat itu.

Padahal Sophie ingin foto-fotonya saat berjalan menuju altar dan melihat wajah John didokumentasikan. Sophie mengatakan kepada BBC Breakfast bahwa dia merasa sangat terpukul.

"Kami ingin foto-foto saya saat memasuki gereja dan melihat wajah John ketika saya berjalan menuju altar," katanya.

Suaminya menambahkan: "Begitulah cara pendeta menanganinya. Hampir seperti itu adalah pertunjukannya dan itu adalah cara dia atau tidak."

Seorang pendeta, Bryony Wood, mengatakan dia selalu mempunyai pengalaman baik dengan fotografer pernikahan. Dia mengaku menyesal ketika mendengar hal negatif yang ditimbulkan oleh petisi Ms Roberts.

“Saya rasa kami telah melakukan yang terbaik namun beberapa pendeta juga merasakan tekanannya,” kata Rev Wood kepada program Today.

Karena pernikahan adalah proses hukum, “jika kita salah, pasangan tersebut bisa saja tidak menikah,” katanya.

3 dari 4 halaman

Suara Jepretan Kamera Akan Sangat Mengganggu

Rev Wood juga menyampaikan bahwa suara dari jepretan kamera akan sangat mengganggu fokus perhatian para tamu, apalagi momen tersebut terjadi ketika pasangan sedang mengucapkan janji pernikahan.

"Saya hanya berpikir jika Anda berada di saat yang sangat sunyi ketika pasangan sedang mengucapkan janji pernikahan mereka, dan ada bunyi klik atau ada fotografer yang bergerak, maka orang secara otomatis akan melihat apa yang terjadi di latar belakang, bukan yang sebenarnya,” katanya.

Namun bukan hanya para pendeta saja yang salah. Seorang pendeta mengatakan kepada BBC Breakfast bahwa dia telah diabaikan oleh seorang fotografer. Fotografer ada yang berdiri di antara dia dan pasangan saat sumpah, dan bahkan ada yang berdiri di antara kedua mempelai.

Seorang pendeta di enam paroki di Nottinghamshire, Anna Alls, mengatakan kepada BBC Breakfast: "Saya pikir berkomunikasi dengan pendeta tentang apa yang pantas mungkin tidak masalah.

4 dari 4 halaman

Pendeta Meminta Agar Fotografer Bersikap Lebih Hormat

"Tidak berada di depan pendeta dan mengganggu perhatian mereka."

Dia menunjukkan bahwa banyak gereja dengan arsitektur kuno yang bisa berbahaya. Fotografer yang menaiki mimbar abad pertengahan untuk mendapatkan sudut yang lebih baik dapat menyebabkan masalah besar, katanya.

"Jadi saya bisa mengerti mengapa pendeta sangat menghargai hal itu. Kami tidak ingin diganggu."

Mantan Uskup Agung Canterbury, Dr Rowan Williams, mengakui bahwa beberapa pendeta bisa jadi "sangat menyusahkan" dan "terlalu mengontrol" para fotografer, dalam sebuah wawancara dengan Sunday Times.

Namun dia mengatakan bukan hal yang tidak masuk akal untuk meminta fotografer bersikap hormat. Jumlah pernikahan secara keagamaan di Inggris dan Wales terus menurun, menurut angka dari Kantor Statistik Nasional.

Pada 2016, 76 persen pernikahan dilangsungkan dalam upacara sipil. Angka ini naik ke rekor 85,5 persen pada 2020 – data terbaru yang tersedia – meskipun pembatasan akibat Covid pada saat itu mungkin telah memengaruhi angka ini.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini