Sukses

Disuguhi Daging Saat Kunjungan Kerja, Jokowi dan Iriana Malah Pilih Makan Nasi Kerupuk?

Jokowi biasanya baru makan siang pukul 15.00 waktu setempat karena kelewat fokus dengan berbagai agendanya. Tapi, mengapa ia lebih memilih makan nasi dan kerupuk saja?

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang punya seabreg kegiatan tentunya punya banyak cerita menarik. Hal itu kerap terjadi saat dia yang biasanya selalu ditemani Iriana melakukan kunjungan kerja (kunker) ke berbagai daerah.

Salah satunya terjadi ketika Jokowi kunker ke Kota Tuban, Jawa Timur bersama sang istri, dan sejumlah rombongan lain. Cerita menggelitik ini disampaikan oleh Staf Khusus Kepresidenan, Sukardi Rinakit, seperti dikutip dari akun TikTok @prabowo_gibran_jokowi. Unggahan itu dibagikan ulang dari akun Youtube Sudut Istana yang dikelola Sukardi.

"Saya ikut rombongan Presiden seperti biasa, dan seperti biasa juga Presiden meninjau lapangan dan baru makan siang itu jam 3 sore,” ucap Sukardi, dikutip pada Minggu, 3 Maret 2024. Menurut dia, Jokowi biasanya baru makan siang pukul 15.00 waktu setempat karena kelewat fokus dengan berbagai agendanya. 

Jadi, bisa diasumsikan semua rombongan Jokowi hanya berharap dapat segera makan setibanya di restoran dengan cara memesan lebih dulu. "Nah ini yang terjadi," ucap Sukardi, menceritakan pengalaman tak terduga yang dialaminya.

"Saya tidak tahu mengapa, ada menu daging yang disiapkan. Tapi ternyata itu alot betul, susah sekali digigit gitu. Saya lihat Pak Jokowi menggigit juga susah, Ibu Iriana juga susah, kami semua juga sama," ungkapnya.

Reaksi Jokowi dan Iriana menjadi sorotan publik. Pasalnya, Iriana langsung mengambil kerupuk untuk menjadi lauk pengganti alih-alih memprotes masakan yang disajikan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sikap Jokowi dan Iriana Tuai Pujian

"Ibu Iriana itu diem, tengok kanan-kiri, (lalu) berdiri. Di pojok restoran itu ambil kerupuk, balik, dan dua kerupuk itu dinikmati sama Pak Jokowi dan Ibu Iriana,” tutur Sukardi.

"Saya perhatikan wajahnya apakah ada kejengkelan atau tidak, ternyata tidak. Beliau berdua menikmati nasi kerupuk dengan sangat nyaman dan enak gitu," sambungnya.

Cerita ini mendapat banyak perhatian dari warganet. Tak sedikit yang terlihat memuji sikap Jokowi dan Iriana untuk langsung mencari solusi ketimbang banyak memprotes.

"Waah kebayang yang punya resto deg deg an dan ga enak hati," komentar seorang warganet.

"Dan bapak nerimo aja apa yang diberikan ibu dan menikmatinya tanpa konflik, mungkin beda cerita kalau saya," kata warganet yang lain.

"Nasib restorannya gimana sekarang ya,” imbuh warganet lainnya.

"Bisa bayangkan kalau mbah harto makan dagingnya alot....😭😭,” ujar warganet lainnya.

"Di tengah kemelut politik yg lagi panas2 nya, Pak Kardi berhasil mendinginkan suasana dengan cerita2 ringan yg kocak,sehat terus Pak 😅,Salam dari KL,” timpal warganet lainnya.

3 dari 4 halaman

Tempat Makan Favorit Jokowi di Solo

Bila ingin tahu makanan apa saja yang disukai Jokowi, bisa dilihat dari sejumlah tempat kuliner favoritnya terutama di Solo, Jawa Tengah. Mengutip kanal Regional Liputan6.com, 9 Juni 2022, salah satunya adalah warung langganannya. Timlo Maestro, di Jalan KH. Ahmad Dahlan 60 atau kawasan Keprabon.

Resep timlo yang digunakan warung makan ini sudah turun-temurun antar-generasi. Tak heran, jika timlo yang satu ini sudah sangat terkenal di Solo. Timlo merupakan makanan sejenis sup yang terkenal dari Kota Solo.

Satu porsi timlo berisi kembang tahu, telur, daging, hingga jeroan. Untuk satu porsi timlo di sini, dibanderol dengan harga Rp20.000 saja pada 2022. Timlo Maestro buka setiap hari mulai pukul 18.00 hingga 24.00 WIB.

Ayam goreng Mbah Karto Tembel juga tak pernah terlewatkan oleh Presiden Jokowi saat pulang ke Solo. Berdiri sejak 1960an, ayam goreng yang satu ini sudah menjadi favorit Jokowi sejak menjadi Wali Kota Solo. Biasanya, satu porsi ayam goreng ala Mbah Karto akan disajikan dengan sepiring nasi hangat, urap sayuran, lalapan dan juga sambal.

4 dari 4 halaman

Ayam Goreng dan Sate Kere

Menu favorit Jokowi adalah ayam goreng dengan sambal blondho atau sambal hitam. Ayam goreng yang berlokasi di Jalan Jaksa Agung Raya Suprapto no. 8, Gabusan, Jombor, Sukoharjo, tersebut bisa didapatkan mulai Rp21.000 per porsi.

Ada juga Satai Kambing Bu Haji Bejo terletak di kawasan Lojiwetan, Pasar Kliwon, Solo. Dahulu, satai ini dijual dengan cara dipanggul keliling Solo.

Selain satai, warung yang buka pada pukul 07.00 hingga 16.00 ini juga menyediakan berbagai menu lainnya, seperti tongseng, gulai, tengkleng, dan juga satai buntel. Satai atau sate kere Mbak Tug juga menjadi salah satu favorit Jokowi. Satai kere ini berisi jeroan sapi dan juga tempe.

Satai kere Mbak Tug berlokasi di Jalan Arifin 63, Jebres, Kota Surakarta. Satu porsi sate dibanderol sekitar Rp30.000.

Warung sate tersebut sudah buka pada pukul 13.00, namun biasanya sudah habis pada pukul 16.00. Saat berkunjung ke sate kere Mbak Tug, Presiden Jokowi sering memesan satu porsi sate dengan potongan babat dan tetelan. Selain menjadi favorit, sate kere Mbak Tug ini juga menjadi hidangan di resepsi pernikahan Kahiyang Ayu pada 2017.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.