Sukses

6 Fakta Menarik Gunung Sebatung di Kalimantan Selatan yang Dikenal Sebagai Gunung Bamega

Gunung Sebatung hanya memiliki ketinggian 178 mdpl. Sebatung sendiri juga merupakan salah satu desa yang berada di Kecamatan Pulau Laut Sigam, Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan.

Liputan6.com, Jakarta - Gunung Sebatung merupakan sebuah gunung yang terletak di Kalimantan Selatan. Gunung Sebatung hanya memiliki ketinggian 178 mdpl. Sebatung sendiri juga merupakan salah satu desa yang berada di Kecamatan Pulau Laut Sigam, Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan.

Mengutip dari laman Gunung Bagging, Senin, 4 Maret 2024, Gunung Sebatung mendominasi bagian utara Pulau Laut. Untuk mencapainya, Anda bisa saja terbang ke Bandar Udara Gusti Syamsir Alam yang melayani penerbangan ke kota Kotabaru, lalu melakukan pendakian, dan kembali lagi ke Jakarta saat akhir pekan.

Menurut Google Earth dan peta lama militer AS, titik tertinggi pulau ini tingginya sekitar 725 mdpl dan terletak hanya beberapa kilometer ke daratan dari bandara. Meskipun tingginya sekitar 704 mdpl, tempat ini juga terlihat cukup indah jika dilihat dari kota.

Masih banyak hal mengenai Gunung Sebatung, selain lokasi maupun ketinggiannya. Berikut enam fakta menarik Gunung Sebatung yang dirangkum Tim Lifestyle Liputan6.com dari berbagai sumber.

1. Jarang Dijamah Pendaki

Puncak ini jarang dikunjungi, sehingga untuk mencapai titik tertinggi kemungkinan besar memerlukan ekspedisi besar yang memerlukan beberapa hari dan pembuatan jalan setapak. Mungkin ada baiknya bertanya di Sebelimbing, pantai barat dekat bandara atau Teluk Mesjid di pantai timur. Namun, bukit penting paling utara dari pegunungan ini didaki beberapa kali dalam setahun oleh kelompok pelajar pendakian lokal dan pecinta alam.  

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Nama Lain Gunung Sebatung

Walaupun puncak utara ini dikenal sebagai Gunung Sebatung oleh masyarakat setempat, titik tersebut juga dikenal sebagai Gunung Bamega yang berarti 'gunung mendung', Gunung Sa-ijaan dan ‘Puncak Bendera’. Yang terakhir akan digunakan mulai sekarang, untuk membedakan antara puncak utara ini dan titik puncak pulau sebenarnya yang sedikit lebih tinggi yaitu 8 atau 9 kilometer lebih jauh ke selatan, dan juga untuk memberi penghormatan kepada siswa lokal yang mendaki ke puncak pada 2017.

Pada Agustus 2013 lalu dibuatlah tiang bendera dan bendera bambu raksasa. Bendera tersebut dapat dilihat di atas puncak pohon di kota Kotabaru dan, meskipun bendera tersebut sudah tidak ada lagi, tiang bendera bambu yang sangat besar masih tetap berada di tempatnya.

3. Titik Awal Pendakian

Puncak utara ini tidak hanya sangat dekat dengan kota Kotabaru, tetapi juga memiliki jalur yang sebagian besar mudah dilalui. Sementara itu, ada beberapa titik awal yang potensial, namun jalur kualitas terbaik dimulai di Desa Tirawan dengan ketinggian 62 mdpl.

Pemandu Anda mungkin akan membawa Anda sejauh 2 kilometer off-road dengan sepeda motor menyusuri jalur pertanian menuju persimpangan di mana Anda perlu mengambil belok kanan (90 mdpl) untuk menghemat waktu berjalan kaki sekitar 45 menit dari jalan utama.

3 dari 4 halaman

4. Pendaki Bisa Berkemah

Dari jalan utama menuju puncak harus memakan waktu pendaki maksimal 3 setengah jam dan lebih sedikit lagi untuk turun kembali. Oleh karena itu, perjalanan dapat dilakukan sebagai pendakian sehari, namun Anda mungkin mempertimbangkan untuk berkemah di sana karena terdapat beberapa tempat yang cocok di punggung puncak.

Dari persimpangan di mana Anda belok kanan, dibutuhkan waktu kurang dari 15 menit untuk mencapai aliran sungai yang menyenangkan (188 mdpl). Sekitar 30 menit lagi dan Anda akan berada di area datar yang sebelumnya digunakan untuk berkemah. Ini adalah persimpangan yang penting, dan juga merupakan titik di mana kemungkinan besar Anda akan tersesat.

5. Banyak Ditemukan Bebatuan Sedimen

Anda mungkin memperhatikan bahwa banyak bebatuan di gunung ini memiliki tekstur yang tidak biasa. Batu tersebut adalah batuan sedimen yang terbuat dari puing-puing vulkanik yaitu partikel abu dan pecahan lava.

Lubang-lubang yang memanjang kemungkinan besar merupakan kerikil batu apung yang telah dibulatkan oleh abrasi karena terbawa keluar dari lubang vulkanik. Kini bebatuan tersebut telah membentuk lubang-lubang yang sudah lapuk karena batu apung kurang tahan dibandingkan dengan abu yang lebih halus. 

4 dari 4 halaman

6. Melewati Vegetasi Bambu

Selanjutnya setelah berkemah, Anda akan melewati vegetasi bambu raksasa yang sangat curam, berlumpur, dan licin. Pemandangan ke arah pantai dari sini cukup bagus, namun setelah hujan hampir mustahil untuk tidak terjatuh dimana-mana, apalagi jika membawa tas ransel berukuran besar.

Berikutnya adalah kawasan berbatu yang dikenal sebagai Batu Dua (530 mdpl), dan terakhir Anda akan sampai di punggung puncak utama. Pertama adalah tiang bendera bambu yang besar, kemudian di luar area perkemahan yang cukup luas untuk menampung setidaknya enam tenda (kurang lebih 695 mdpl).

Anda bisa melihat lautan di antara pepohonan, dan Anda mungkin akan mendengar suara berbagai kapal kargo besar saat mereka lewat. Dari pembacaan GPS terlihat bahwa Menara HT adalah titik tertinggi di puncak utara Gunung Sebatung, yang kami sebut Puncak Bendera untuk membedakannya dari titik tertinggi sebenarnya di pulau yang terletak sekitar 8 km lebih jauh ke selatan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.