Sukses

Mark Zuckerberg Jalan-Jalan ke Asia, Belajar Pedang di Jepang hingga Kondangan Anak Orang Terkaya Asia di India

Mark Zuckerberg melawat ke sejumlah negara di Asia selama perjalanan beberapa pekannya, tapi tidak akan mampir ke Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Pendiri Meta Mark Zuckerberg sedang berjalan-jalan di Asia. Agendanya dimulai dengan melawat ke Jepang. Pada Minggu, 25 Februari 2024, ia mengunggah fotonya sedang belajar membuat pedang dengan ahli pedang di media sosial. Dalam potret tersebut, Zuckerberg terlihat memukul logam cair dan mengayunkan pisau.

Mengutip The Star, Selasa, 27 Februari 2024, pria berusia 39 tahun itu kemudian melanjutkan perjalanan di Jepang dengan bermain ski di bersama keluarganya. Ia juga dijadwalkan bertemu dengan pengembang Facebook di Tokyo pada Senin dan Selasa, 26--27 Februari 2023, menurut Bloomberg News.

Zuckerberg kemudian diperkirakan akan melakukan perjalanan ke Korea Selatan. Di sana, ia akan bertemu dengan Presiden Yoon Suk Yeol dan para pemimpin raksasa teknologi Samsung dan LG, menurut media Korea Selatan.

"Mark berencana melakukan kunjungan singkat ke negara tersebut dan menjadwalkan beberapa pertemuan penting," kata Meta dalam pernyataannya kepada AFP tanpa merinci lebih lanjut.

Korea Selatan adalah rumah bagi beberapa perusahaan teknologi terbesar di dunia, termasuk Samsung Electronics dan SK Hynix, pemimpin global dalam chip memori. Kedua perusahaan itu termasuk ke dalam sedikit perusahaan di dunia yang membuat chip memori kelas atas yang dirancang untuk prosesor kecerdasan buatan.

Selama perjalanannya ke Korea Selatan, Zuckerberg akan bertemu dengan CEO raksasa teknologi konsumen LG Electronics untuk membahas pengembangan headset realitas campuran untuk bersaing dengan Vision Pro milik Apple, lapor Korea Economic Daily.

Zuckerberg juga akan singgah di India. Ia dijadwalkan menghadiri perayaan pra-pernikahan putra orang terkaya Asia, Mukesh Ambani.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Korea Selatan Sebagai Rumah Perusahaan Teknologi Terbesar di Dunia

Menurut Bloomberg, pesta pra-pernikahan anak Mukesh Ambani, Anant Ambani dan Radhika Merchant, putri seorang industrialis itu akan berlangsung pada 1--3 Maret 2024. Keluarga mengundang 1.000 tamu dari berbagai kalangan, mulai dari politisi, pebisnis, artis Bollywood, hingga pemain kriket, termasuk Bill Gates dan Ivanka Trump.

 

Ambani adalah ketua perusahaan minyak dan telekomunikasi raksasa. Ia menduduki posisi ke-10 orang terkaya di dunia menurut daftar miliarder real-time Forbes, sementara Zuckerberg berada di peringkat keempat. Meta, Google, dan perusahaan lain telah berinvestasi miliaran dolar di unit usaha digital Reliance, Jio Platforms, dalam upaya mengambil alih Amazon dan Walmart di pasar e-commerce India yang luas.

Jio Platform juga menginvestasikan unitnya ke hal-hal yang berkaitan dengan metaverse. Mengutip Forbes, Jio Platforms telah menandai investasi pertamanya di metaverse, dengan membeli 25 persen saham Two Platforms senilai USD15 juta, sebuah startup teknologi mendalam yang berbasis di Silicon Valley, menurut sebuah pengumuman pada 2022.

Two Platforms adalah perusahaan realitas buatan yang didirikan oleh ilmuwan kelahiran India Pranav Mistry pada Juli 2023. Perusahaan ini berfokus pada pengalaman AI yang interaktif dan imersif. 

3 dari 4 halaman

Pernikahan Mewah Putri Mukesh Ambani

Mukesh Ambani lebih dulu menggelar pernikahan super mewah untuk putrinya, Isha Ambani dengan Anand Piramal, Rabu, 12 Desember 2018. Ayah Anand adalah Ajay Piramal, seorang miliarder India sekaligus ketua Piramal Group.

Pernikahan keduanya saat itu disebut-sebut sebagai yang terbesar di India. Dilansir Time, pernikahan mereka sudah digelar di Mumbai tapi keramaian sudah dimulai beberapa minggu lalu. Rangkaian acara pernikahan dimulai dari pesta pertunangan di Italia dan disusul dengan perayaan pra-pernikahan di Udaipur, India.

Deretan tamu yang hadir terbilang nama besar dunia, seperti aktor Bollywood Shah Rukh Khan, politikus Hillary Clinton sampai Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, John Kerry. Para tamu dihibur oleh penampilan Beyonce dengan diiringi band yang beberapa kali berganti kostum khas India.

Pesta pernikahan tradisional India lazim diadakan secara lengkap dan besar-besaran. Mereka sudah terbiasa mengundang ratusan atau ribuan tamu dengan menampilkan sejumlah acara menyanyi dan tari-tarian. Daftar tamu yang super panjang membuat keluarga Isha Ambani dan Anand Piramal memesan lima hotel berbintang lima dekat tempat perayaan.

Mereka bahkan mendirikan ruangan khusus di Mumbai untuk mengelola logistik pernikahan anak Crazy Rich Asian asal India tersebut. Kalau pengantin pria tradsional India menunggang kuda ke pernikahan mereka, Piramal datang dengan mengendarai mobil Rolls Royce klasik, diiringi marching band serta dijaga sejumlah bodyguard.

 

4 dari 4 halaman

Pernikahan Anak Kedua Mukesh Ambani

Pada 9 Maret 2019, putra pertama orang terkaya Asia, Mukesh Ambani yaitu Akash Ambani resmi menikahi pujaan hatinya, Shlok Mehta. Mereka menggelar upacara dan resepsi mewah di Jio World Centre, Bandra Kurla Complex, Mumbai, India. 

Shlok memakai lehenga, sedangkan Akash mengenakan sherwani berwarna kuning emas. Kedua mempelai mengenakan busana pengantin bernuansa merah emas karya desainer Abu Jani Sandeep Khosla. Sedangkan, pelaminan mereka terlihat didekorasi dengan bunga berwarna putih dan pink.

Meski belum diketahui berapa total biaya yang dihabiskan, pesta pernikahan Akash Ambani diyakini sama mewahnya dengan adiknya. Untuk pesta pranikahnya saja, dua band populer yaitu Coldplay dan The Chainsmokers menjadi bintang tamunya.

Pada hari pernikahan, Maroon 5 menghibur para tamu undangan. Sejumlah tamu undangan, termasuk para selebriti top India, ikut hadir dalam acara resepsi tersebut.

Akash dan Shlok bertunangan pada Juni 2018. Lamaran pada Shlok dilakukan Akash di depan keluarga mereka berdua di sebuah resort bintang lima di Goa, India. Penyatuan dua keluarga super kaya ini ternyata sudah direncanakan sejak keduanya masih kecil dan berlanjut sampai mereka dewasa.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.