Sukses

Pantai Telanjang di Australia Bakal Wajibkan Pengunjung Minimal Pakai Baju Renang

Pantai Tyagarah selama ini menjadi pantai favorit pengunjung yang ingin telanjang di pantai. Namun, status itu terancam dicabut.

Liputan6.com, Jakarta - Pantai Tyagarah bakal kehilangan statusnya sebagai pantai telanjang di Australia. Pantai terpencil sepanjang 800 meter yang memanjang di tepi Teluk Byron itu akan menerapkan aturan berpakaian.

Wacana itu memicu perdebatan panas di negara tersebut selama beberapa pekan terakhir. Pada tahun lalu, pemerintah negara bagian New South Wales Australia menulis surat kepada dewan lokal mengeluhkan bahwa ketelanjangan di depan umum 'tidak konsisten dengan nilai-nilai yang dikelola oleh cagar alam', menurut afiliasi CNN, 9News, dikutip Rabu, 14 Februari 2024.

Langkah ini merupakan bagian dari strategi lebih luas yang diluncurkan oleh Dewan Shire Teluk Byron, yang mengumumkan rencana pengelolaan Cagar Alam. Pada 22 Februari 2024, dewan akan melakukan pemungutan suara untuk memutuskan apakah akan mencabut kebijakan opsional 'pakaian pantai'.

Sebuah laporan dari rencana konservasi Cagar Alam Tyagarah mencatat 'laporan perilaku ofensif, cabul, atau antisosial yang terkait dengan beberapa pengguna pantai 'pakaian opsional' Dewan, termasuk pengunjung yang berpakaian tidak pantas di area penggunaan sehari-hari yang berdekatan di cagar alam.' Polisi setempat ditugaskan menangani keluhan masyarakat terkait pantai tersebut.

Namun, tidak semua orang senang dengan keputusan tersebut. Sebuah petisi yang diluncurkan oleh Bradley Benham, presiden kelompok Byron Naturists, mendapatkan 1.125 tanda tangan pada 14 Februari 2024. Petisi ini ditujukan kepada Penny Sharpe, Menteri Lingkungan Hidup New South Wales.

"Rekreasi telanjang adalah cara hidup yang sah," tulis Benham. "Area luar ruangan yang sah untuk komunitas naturis jarang ada di NSW (dan Australia) dan pantai ini sangat dihargai oleh para naturis yang berkomitmen dan kasual."

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kapan Akan Mulai Berlaku?

Ini bukan pertama kalinya status Tyagarah sebagai pantai bebas telanjang terancam hilang. Pada 2018, tindakan serupa ditolak oleh Dewan Shire dan kamera CCTV dipasang sebagai kompromi. Jika peraturan minggu depan disahkan, pengunjung Pantai Tyagarah akan diwajibkan mengenakan pakaian renang mulai 8 April 2024.

"Saya sudah mandi telanjang di Pantai Byron Shire sejak saya masih kecil di tahun 70an dan 80an," kata Benham kepada 9News. "Kami sekarang memiliki populasi yang jauh lebih besar. Kami memiliki lebih banyak pengguna pantai dan kami memerlukan area resmi di mana kami dapat mandi telanjang."

Budaya telanjang di pantai juga berlaku di Pantai Barceloneta di Spanyol. Hal itu sempat membuat Michelle Ziudith terkesima. 

"Itu biasa di sana. Ternyata itu memang budaya supaya orang-orang di sana lebih dekat dengan alam. Menurut mereka, Tuhan mereka adalah alam. Sehingga ketika telanjang, mereka lebih dekat dengan alam, mereka percaya itu," kata Michelle saat mengunjungi kantor Liputan6.com, dikutip dari kanal Showbiz Liputan6.com, Selasa, 22 Agustus 2017.

Pantai tersebut merupakan salah satu tempat favorit Michelle di Barcelona. Pemandangannya memukai dengan langit birunya, ditambah lagi kebersihannya yang sangat terjaga.

3 dari 4 halaman

Pengunjung Telanjang untuk Kampanye Kanker Kulit

Sekitar 2.500 orang tanpa busana untuk pemotretan telanjang di Pantai Bondi Australia pada Sabtu 26 November 2022, yang dirancang untuk meningkatkan kesadaran akan kanker kulit. Menurut laporan CNN, yang dikutip Rabu, 30 November 2022, kerumunan itu berkumpul untuk mengambil bagian dalam karya terbaru seniman fotografi AS Spencer Tunick, yang dikenal dengan pemotretan telanjang di tempat-tempat penting di seluruh dunia.

"Kami memiliki kesempatan untuk meningkatkan kesadaran tentang pemeriksaan kulit dan saya merasa terhormat... datang ke sini, membuat karya seni saya dan merayakan tubuh dan perlindungan," kata Tunick di pantai di Sydney, menurut Reuters.

Salah satu peserta foto telanjang itu, Robyn Lindner, mengaku sempat gugup mengikuti acara tersebut. "Saya diam-diam ketakutan (dan) tadi malam saya harus mengakui bahwa saya sedang berpikir, 'Apa yang telah saya lakukan?' Tapi itu hebat, semua orang sangat baik, semua orang sangat menghormati dan itu terasa sangat menyenangkan," kata Lindner kepada agensi berita tersebut.

Foto telanjang di Pantai Bondi ini adalah proyek keempat Tunick di Australia, setelah syuting pada 2010. Saat itu, dia mengumpulkan sekitar 5.500 orang di Gedung Opera Sydney yang terkenal.

4 dari 4 halaman

Ribuan Warga Australia Meninggal karena Kanker Kulit

Tunick bermitra dengan Skin Check Champions, sebuah badan amal yang menjalankan klinik pemeriksaan kulit pendidikan gratis. Proyek teranyarnya bertepatan dengan National Skin Cancer Action Week atau Pekan Aksi Kanker Kulit Nasional Australia, ketika Scott Maggs, pendiri badan amal tersebut mendesak semua orang di negara tersebut untuk melakukan pemeriksaan kulit.

Maggs mendirikan Skin Check Champions pada 2010 setelah temannya Wes Bonny meninggal karena kanker kulit pada usia 26 tahun. Badan amal tersebut telah menerima dukungan dari orang-orang seperti pengusaha Inggris Richard Branson -- dan berharap foto-foto mencolok Tunick akan menarik perhatian dunia atas penyakit kulit.

"Kami menargetkan minimal 2.000 peserta untuk mewakili 2.000+ warga Australia yang terbunuh oleh kanker kulit setiap tahun," kata Maggs dalam siaran pers.

"Jika Sydney Opera House bisa mendapatkan 5.500 pada pagi yang dingin di bulan Maret 2010, kami berharap dapat mencapai target 2.500," katanya. "Semua orang dipersilakan untuk berpartisipasi, kami menyambut semua tipe tubuh, jenis kelamin, dan ras -- dengan semangat untuk menghentikan kanker kulit."

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.