Sukses

TPS Unik di Surabaya Mirip Tempat Resepsi Pernikahan, Cuma Minus Zuppa Soup dan Suvenir

Di Pemilu 2024 ini bukan hanya menghias TPS dengan tema Valentine saja, ada pula yang menghias TPS terlihat bak hajatan atau resepsi pernikahan yang meriah.

Liputan6.com, Jakarta - Masyarakat Indonesia baru saja berbondong-bondong menuju Tempat Pemungutan Suara (TPS) di tempatnya masing-masing pada Pemilu di hari ini, Rabu (14/2/2024). Pemilu dan Pilpres ini kebetulan bertepatan dengan Hari Kasih Sayang atau Valentine’s Day.

Momen ini dimanfaatkan panitia beberapa TPS menghiasnya dengan tema Valentine. Media sosial juga mulai ramai oleh beberapa penampakan TPS yang terbilang unik yang diunggah oleh warganet. Bukan hanya menghias TPS dengan tema Valentine saja, ada pula yang menghias TPS terlihat bak tempat resepsi pernikahan yang meriah.

TPS unik itu ada di kawasan Rungkut, Kota Surabaya, Jawa Timur, seperti terlihat dalam unggahan di akun Twitter (X) @trizmccartney yang membagikan suasana pemilihan umum di tempatnya. Terlihat dekorasi tempat ia menggunakan hak suaranya mirip seperti dekorasi acara pernikahan yang tertata sangat apik dan cantik.

Terdapat lilin-lilin yang ditata rapi sehingga menimbulkan kesan mewah pada tempat acara pemilihan umum tersebut. "Mengintip TPS sebelah yang lebih mirip resepsi daripada tempat nyoblos," tulis akun @trizmccartney pada Rabu.

Dengan menggunakan tenda berwarna putih dan berbagai bunga berwarna hijau, orang yang melintas bisa jadi mengira acara pernikahan sedang berlangsung. Apalagi, beberapa pedagang makanan terlihat menawarkan jualannya pada warga yang menjadi peserta pemilihan umum pada hari ini. 

Tak lupa, pemilik akun juga menyebut setelah menggunakan hak suara, setiap warga akan mendapat konsumsi dari TPS tersebut. Pemilik akun kemudian mnengungkapkan alasan TPS tersebut didesain seperti tempat pernikahan.

"FYI, memang TPS ini kebetulan ada yang punya usaha catering dan dekor manten. Makanya TPSnya didekor kek mantenan wqwqwq,” tulisnya.

"Yang udah nyoblos bisa dapat makanan gratis. Tapi info dari panitia tidak manyediakan zuppa soup sama souvenir ya,” sambungnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Salaman dan Makanan di TPS

Hal itu memicu banyak reaksi warganet. Cuitan itu pun viral dan sampai berita ini ditulis sudah dilihat lebih dari 1,4 juta kali dan disukai lebih dari 48 ribu kali.

"Ke kotak suaranya bukan cuma masukin surat suara ini mah, tapi amplop juga,” komentar seorang warganet.

"Jangan lupa bilang selamat menempuh hidup baru ke kppsnya,” sebut warganet yang lain.

"Mau ambil surat suara salaman dulu sama ketua KPPS,” ujar warganet yang lain.

"TPS terniatt, asik banget kelar nyoblos langsung makan2 ,” kata warganet lainnya.

Tak hanya di Surabaya, di beberapa kota lainnya seperti di Jakarta juga ada sejumlah TPS unik. Contohnya di TPS 40,41, 42 dan 43 di Taman Suropati, Menteng, Jakarta Pusat.  Petugas KPPS yang bertugas di empat TPS tersebut terlihat menggunakan pakaian khas Betawi, yaitu kebaya encim untuk wanita dan baju boim untuk pria.

Dilansir dari akun Instagram Pemkot Administrasi Jakarta Pusat @kotajakartapusat, Ketua Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Menteng Mohammad Sobari mengatakan ini merupakan bentuk antusiasme warga khususnya warga RW 05 dalam menyambut pemilu kali ini.

 

3 dari 4 halaman

Pakaian Khas Betawi dan Live Music di TPS Taman Suropati

Sementara itu, Lurah Menteng Indrawan Prasetyo mengatakan, penggunaan pakaian adat pada saat pemilu memang rutin dilakukan untuk menyemarakkan parhelatan lima tahunan ini. Selain petugas yang menggunakan pakaian khas Betawi di tempat ini juga disediakan beragam makanan dan live music untuk warga yang akan menggunakan hak suaranya.

Ada aktris Ayusitha yang terdaftar sebagai Daftar Pemilih Tetap (DPT) di TPS 42. Ia berharap pemilu kali ini berjalan damai dan melahirkan pemimpin yang bisa membawa kemajuan untuk Indonesia. Selain itu ada wakil presiden ke-6 Try Sutrisno yang menggunakan hak suaranya di TPS 43 Taman Suropati.

Tema Valentine juga diusung di sebuah TPS di Lampung. TPS 15 di Jalan Selat Malaka 3, Kelurahan Panjang Selatan, Kecamatan Panjang, Kota Bandar Lampung itu menerapkan konsep Hari Valentine atau hari kasih sayang. Dekorasi TPS tersebut dibuat semenarik mungkin. Tenda yang didominasi dengan warna putih dan merah muda serta beberapa hiasan bunga juga dipasang untuk menambah suasana romantis.

4 dari 4 halaman

Nuansa Valentine di TPS

Saat dikonfirmasi, Ketua KPPS TPS 15, Arnol Amallo mengatakan bahwa pihaknya mengusung konsep valentine untuk menarik perhatian warga setempat dan pemilih pemula. "Konsepnya menyesuaikan dengan peringatan hari kasih sayang atau Valentine yakni dengan nuansa warna pink di Pemilu 2024," kata Arnol Amallo, Rabu, dikutip dari kanal Regional Liputan6.com.

Dia menjelaskan, pihaknya akan memberikan lima bunga mawar warna merah muda untuk lima orang pertama yang datang ke TPS. Hal itu untuk menarik perhatian warga setempat agar semangat datang ke TPS.

"Peserta di TPS kita ada sekitar 232. Lima orang pertama yang datang nyoblos kita berikan bunga mawar," jelasnya.  Dia berharap dengan konsep valentine tersebut akan membuat pemilih pemula tertarik sehingga tingkat partisipasi pemilih juga meningkat pada pemilu tahun ini.

"Tentu tujuan dasarnya agar partisipasi pemilih meningkat, terutama yang pemilih pemula. Kan merayakan Valentine bisa dengan memberikan suara sebagai bentuk sayang ke negara Indonesia," tuturnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini