Sukses

Komeng Dijagokan Menang Pemilu dan Masuk Senayan karena Foto Nyelenehnya, Responsnya Tak Kalah Kocak

Viralnya nama Komeng menarik perhatian komedian senior lainnya, Abdel Achrian. Abdel pun menghubungi Komeng melalui pesan WhatsApp (WA) dan mendoakan sahabatnya itu lolos jadi anggota DPD dan masuk Senayan.

Liputan6.com, Jakarta - Komedian Komeng viral di media sosial setelah banyak pemilik akun yang berbagi foto surat suara Pemilu 2024 pada Rabu (14/2/2024). Salah satu penyebabnya, ia menampilkan pose nyeleneh yang bikin warganet tertawa.

Tidak seperti calon legislatif (caleg) kebanyakan yang berfoto dengan pose serius, Komeng justru memperlihatkan ekspresi melotot sambil membuka sedikit mulutnya, seolah-olah seperti orang terkejut. Momen kocak yang diperlihatkan pria yang mencalonkan diri sebagai salah satu anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Jawa Barat ini sukses meleburkan beban serius jadi terasa lebih ringan.

Tingkah kocak pemilik nama asli Alfiansyah Bustami ini pun menarik perhatian komedian senior lainnya, Abdel Achrian. Abdel pun menghubungi Komeng melalui pesan WhatsApp (WA) dan mendoakan sahabatnya itu lolos jadi anggota DPD dan masuk Senayan.

"Buset gue nanya banyak yang milih lo. Semoga beneran masuk Senayan, aamiin,” tulis Abdel yang dibagikan di akun Twitter (X) miliknya, @abdelachrian, Rabu. Tanpa diduga, Komeng ternyata tak menjawab serius doa Abdel buat masa depannya tersebut. Pria yang terkenal dengan jargon ‘uhuy’ di program Spontan ini malah mengatakan dirinya kini sudah ada di Senayan.

"Ini ane dah di daerah Senayan pak, di daerah Patal lagi ngopi,” balas Komeng. Tak berhenti di situ, pria 53 tahun ini lantas mengatakan bahwa tujuannya ke Senayan agar lekas dipanggil.

"Biar deket kalo ada panggilan,” kata Komeng. 

Jawaban itu langsung menuai ragam respons warganet dalam unggahan cuitan Abdel. Ada juga yang menuliskan kegiatan Komeng yang hampir tak pernah terekspos. Baru sekitar dua jam dibagikan, cuitan ini sudah dilihat lebih dari 671 ribu kali dan disukai lebih dari 17 ribu kali.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Senayan Bisa Ketawa Terus

"Masih aja lucu lagi,” komentar seorang warganet.“

"Lucu terus jawabannya wkkwkw,” kata warganet yang lain.

"Definisi sebenarnya politik riang gembira,” ujar warganet lainnya.

"Senayan gerr teruss pas rapat,” timpal warganet lainnya.

"Fyi aja hehe bang Komeng tuh jadi relawan PMI, ikut bantu support psikologis ke korban bencana, mengibur yg kehilangan, waktu itu cerita di vindes, so yeayyy ayo give him a chance!” tulis warganet mengungkapkan aksi sosial yang pernah dilakukan Komeng.

Kemunculan Komeng yang tidak disangka-sangka disebut oleh salah seorang warga, Agustin Wardhani (33), memudahkannya dalam memilih di antara para caleg yang tidak dikenalnya.

"Pas aku buka kertas suara, ada lima, kan? Bingung tuh mau milih siapa. Pas buka (surat suara) DPD, banyak juga dan enggak ada nama partainya. Jadinya aku cari wajah-wajah familiar, eh, ada Bang Komeng. Langsung coblos deh," kata Agustin yang memilih di TPS 37 Bojong Gede, Kabupaten Bogor, Jawa Barat kepada tim Liputan6.com.

3 dari 4 halaman

Komeng Beri Kesan Berbeda di Pemilu 2024

"Karena aku duluan yang coblos, langsung deh kasih tahu bokap, nyokap, sama suamiku, suruh mereka pilih Komeng," sambungnya.

Baik Agustin maupun warganet yang berkomentar di Twitter pun merasa yakin bahwa Komeng akan menang di Pemilu 2024 ini. Harapan yang sama disampaikan Komika, Abdur Rasyad, melalui unggahan di akun Twitter pribadinya, @abdurasyad.  "Alhadmulillah. InsyaAllah AM1N dan Bang Komeng menang," tulisnya.

Tak mengherankan bila Komeng menjadi perbincangan di media sosial, khususnya di platform Twitter. Bahkan, nama Komeng menjadi trending topic di Twitter pada Rabu (14/2/2024).

Sebelum mengikuti Pemilu, Komeng mengajukan permohonan pergantian nama untuk keperluan pencalonan di DPD RI pada Pemilihan Legislatif 2024. Selama ini, para caleg diharuskan memakai nama asli baik di surat suara maupun di alat peraga kampanye (APK).

Melansir kanal Health Liputan6.com, permohonan itu telah dikabulkan oleh Hakim Pengadilan Negeri Kelas IA Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Ia pun bisa menggunakan nama Alfiansyah Komeng, alih-alih Alfiansyah Bustami yang merupakan nama aslinya.

4 dari 4 halaman

Usulan Pergantian Nama Komeng

Informasi ini disampaikan oleh Humas PN Kelas IA Cibinong, Amran S Herman, yang mengungkapkan bahwa hakim sudah menyetujui permohonan tersebut pada Mei 2023. Alfiansyah Bustami pun bisa menambahkan nama panggungnya di bagian belakang namanya, sehingga menjadi 'Alfiansyah Bustami Komeng'.

Keputusan ini diambil dengan pertimbangan untuk mendukung kesuksesan Komeng dalam Pemilu 2024. Pergantian nama diharapkan mempermudah masyarakat mengenali dirinya di kertas suara.

Alasan pergantian nama ini, menurut Amran, terkait dengan keinginan Komeng untuk mencapai sukses dalam Pemilu 2024 sebagai anggota DPD. Komeng sebelumnya mendaftarkan diri sebagai bakal calon anggota DPD RI dari Daerah Pemilihan Jabar, dengan proses pendaftaran yang melibatkan verifikasi administrasi dan faktual.

Ketua KPU Jawa Barat, Rifqi Ali Mubarok, menjelaskan bahwa Komeng telah melewati tahap verifikasi administrasi dan faktual setelah mengumpulkan dukungan warga sekitar 6.000 orang.  Dengan kelengkapan dokumen persyaratan, Komeng resmi mendaftar sebagai bakal calon DPD RI, menunjukkan komitmennya dalam perhelatan politik di Pemilu 2024.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini