Sukses

Program Klingking Fun Kembali di Pemilu 2024, Usai Nyoblos Bisa Dapat Diskon Belanja di Mal

Program Klingking Fun diinisiasi oleh Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) bersama Himpunan Peritel dan Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia (Hippindo) dan Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI), sudah berjalan sejak Pemilu 2019.

Liputan6.com, Jakarta - Program Klingking Fun kembali memeriahkan pesta demokrasi lima tahunan Pemilu (Pemilihan Umum) yang akan dihelat pada 14 Februari 2024. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno pun menyambut baik program yang bertujuan untuk mengurangi golput tersebut.

"Saya positif melihatnya. Jadi kita bisa menggunakan pesta demokrasi terbesar ketiga dunia, di Indonesia ini, setelah India dan Amerika untuk bisa meningkatkan perekonomian dan di waktu yang sama mereka juga mengharapkan akan menurunkan golput," kata Sandiaga Uno dalam The Weekly Brief with Sandi Uno yang digelar secara hybrid Senin, 5 Februari 2024.

"Jadi ini dua tujuan tercapai sekali dayung dua pulau terlampaui. Makanya di Kemenparekraf mendukung program ini,” lanjutnya.

Program Klingking Fun diinisiasi oleh Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) bersama Himpunan Peritel dan Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia (Hippindo) dan Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI). Menurut Ketua Umum Apindo, Shinta Widjaja Kamdani, program ini sudah berjalan sejak 2019 yang bertujuan untuk meningkatkan partisipasi pemilih sehingga bisa mengurangi golput.

“Kalau dilihat datanya tahun 2014 golputnya sampai 30 persen, tapi di 2019 kita bisa menurunkan golput sampai 18 persen jadi lumayan. Jadi kenapa kembali dibuat program ini? Paling tidak mempertahankan atau menurunkan angka golput,” ungkap Shinta.

Shinta menjelaskan, Pemilu 2024 didominasi dengan pemilih muda. Situasi itu membuat pihaknya mengajak para pemilih muda untuk berpartisipasi di Klingking Fun.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Meningkatkan Transaksi Belanja

"adi setelah nyoblos datang ke mal dan mendapat diskon khusus dengan menunjukkan tinta di kelingking yang jadi tanda kita sudah nyoblos. Jadi selain menurunkan angka golput juga bisa meningkatkan transaksi belanja dan ini jelas membantu mendorong ekonomi supaya situasinya tidak panas," tuturnya.

Beberapa hari lalu, Ketua Panitia Klingking Fun 2024 sekaligus Plt. Wakil Ketua Umum HIPPINDO Fetty Kwartati, mengatakan program tersebut merupakan kegiatan ikonik 5 tahunan bagi masyarakat Indonesia yang sedang menyambut dan mengikuti pesta demokrasi.

"Tahun ini kita mengadakan lagi lebih dahsyat dan heboh, karena ini acara iconic 5 tahunan untuk kita lakukan setiap pesta demkrasi," kata Fetty dalam konferensi pers Program Klingking Fun: Pesta Diskon, Anti Golput, di kantor APINDO, Jakarta, Kamis, 1 Februari 2024, melansir kanal Bisnis Liputan6.com.

Adapun tujuan dari program Klingking Fun untuk meningkatkan partisipasi pemilih, meningkatkan lalu lintas ke pusat belanja, dan meningkatkan jumlah wisatawan ke tempat wisata lainnya. Fetty mengatakan, bagi masyarakat yang nanti menggunakan hak pilihnya dan memiliki bukti berupa jari kelingking yang bertinta, maka bisa berkesempatan mendapatkan diskon saat belanja di pusat perbelanjaan.

3 dari 4 halaman

Gerai yang Beri Diskon Khusus Pemilu 2024

"Dengan mencelupkan tangan ke tinta bisa ditunjukkan ke toko-toko terkait untuk mendapatkan benefit (diskon). Pagi-pagi bisa nyoblos terus bisa ke mal," ujarnya.Hingga kini saja sudah banyak brand partners yang bergabung untuk memberikan diskon khusus Pemilu 2024. Diantaranya, untuk Bakmi GM, Byford, Chigo Flip, EA7, Grill Man, Guardian, Kios Unggas, Kios KTI, dan Gokana.

Selain itu juga KOBA, Les Femmes, Maqui's, Milow, Naughty, Nobby, Herborist, Pendopo, Pomelo, Prima Freshmart, Raa Cha suki & BBQ, Sushi Kiosk, Sushi Tei, Star Studi, Tom Sushi, Toys Kingdom, Wingstop.

Sebelumnya, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Budi Arie Setiadi menyebut bahwa penyebaran berita bohong alias hoaks pada Pemilu 2024 jauh menurun dibandingkan tahun Pemilu 2019 lalu." Dibanding tahun 2019 penyebaran hoaks di pemilu 2024 ini jauh menurun. Bukan berarti tidak ada," kata Budi kepada wartawan di Makassar, Kamis.

Dia menjelaskan bahwa sejauh ini Kemenkominfo telah men-take down sedikitnya 700 berita hoaks. Hal itu merupakan tindakan tegas yang dilakukan oleh Kemenkominfo. 

4 dari 4 halaman

Basmi Hoaks Jelang Pemilu 2024

"Sekitar 700an kita take down ya macam-macam, tapi kita Kominfo tegas tidak perduli siapa pun tidak melihat paslon 1, 2, 3 begitu ditimpa hoaks langsung kita take down," sambungnya.

Budi Arie mengatakan, di masa kampanye kreativitas para penyebar hoaks bermunculan. Ia bahkan menyebut bahwa setiap hari pasti ada saja berita hoaks yang tersebar. "Namanya orang usaha kreatif tapi Menkominfo tegas loh, 1x24 jam hoaks pasti kita take down," terangnya.

Budi memberikan contoh salah satu penyebaran berita hoaks adalah adanya video beredar terkait Jokowi bagi-bagi sembako di Istana Negara Bogor."Bayangin Presiden bagi sembako di Istana Bogor, pada hal bagi-bagi itu waktu lebaran bulan April lalu. Dibikinnya katanya sekarang, itukan hoaks," sebutnya.

Ia pun mengimbau agar masyarakat tidak termakan berita bohong. Kominfo telah bekerja sama dengan aparat kepolisian dan seluruh penyelenggara Pemilu baik itu KPU dan Bawaslu. "Untuk pemilih pemula seperti yang saya katakan saring dulu sebelum sharing jadi dishare baca dulu beritanya, kedua cek, kalau yang itu stop hoaks," pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini