Sukses

Laporan MMB Health Trends 2024 Identifikasi 4 Tren Utama yang Membentuk Masa Depan Perawatan Kesehatan

Laporan MMB Health Trends 2024 mengulas tren yang mendorong biaya perawatan kesehatan yang ditanggung perusahaan dan risiko terkait yang dihadapi oleh bisnis.

Liputan6.com, Jakarta - Apakah perusahaan Anda sudah mencapai keseimbangan yang tepat antara pengelolaan biaya bisnis dan pemenuhan kebutuhan karyawan? Di Asia, pada 2023 klaim medis per orang meningkat 12,5 persen. Angka ini melebihi level sebelum pandemi. Oleh karena itu, perhatian terhadap premi dan pengelolaan program kesehatan karyawan semakin menguat.

Meskipun pada 2024 tingkat kenaikan diperkirakan akan sedikit turun, namun angkanya diprediksi mencapai 4 kali lipat dari inflasi. Dalam media briefing yang dirilis, Laporan MMB Health Trends 2024 mengulas tren yang mendorong biaya perawatan kesehatan yang ditanggung perusahaan dan risiko terkait yang dihadapi oleh bisnis.

Mereka mensurvei 223 perusahaan asuransi di 58 negara, termasuk Indonesia dan juga termasuk 100 perusahaan asuransi di kawasan Asia, untuk mengetahui bagaimana tren ini dapat memengaruhi kebutuhan tenaga kerja saat ini dan di masa depan. Mereka mengidentifikasi empat tren utama yang membentuk masa depan perawatan kesehatan yang ditanggung perusahaan:

1. Lebih dari setengah pasar menghadapi peningkatan biaya sebesar dua digit: 84% perusahaan asuransi di Asia percaya inflasi medis memiliki dampak signifikan atau sangat signifikan terhadap tingkat tren medis tahun 2023.

Menurut laporan MMB Health Trends 2024, tren biaya medis di Indonesia diproyeksikan tumbuh 13 persen pada tahun ini.

2. Industri kesehatan menghadapi disrupsi dikarenakan kekurangan skill, ditambah dengan tangangan di digital healthcare yang masih dalam tahap awal: 70% perusahaan asuransi beharap AI bisa membantu diagnosis tahap awal dan atau navigasi tahap awal dalam lima tahun.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Perusahaan Asuransi

3. Perusahaan asuransi merespons kebutuhan perusahaan untuk pengendalian biaya: Namun, 42% perusahaan asuransi belum memperbarui biaya deductible/excesses dan pembayaran bersama dan tidak memiliki rencana untuk melakukannya.

4. Kesenjangan manfaat kesejahteraan karyawan dalam kesehatan mental, kesehatan wanita, dan inklusif terus berlanjut: 56% perusahaan asuransi saat ini tidak menanggung masalah kesehatan mental, sosialisasi, dan kesulitan belajar anak-anak, remaja, dan keluarga.

 

Memahami tren ini akan sangat penting bagi para perusahaan untuk membantu merancang rencana perawatan kesehatan yang seimbang antara kebutuhan bisnis dan karyawan.Dalam Laporan MMB Health Trends 2024 terbaru mereka berbagi bagaimana perusahaan dapat merespons tantangan ini.

Beberapa langkah yang dapat diambil perusahaan untuk dapat berhasil mengelola biaya, meningkatkan hasil kesehatan, mendukung inklusivitas, dan mempromosikan inovasi program manfaat kesejahteraan karyawan - menyeimbangkan dalam pemenuhan kebutuhan karyawan sambil mengelola risiko tenaga kerja.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini