Sukses

2 Pesawat ANA Senggolan di Bandara Osaka, Kontrol Lalu Lintas Udara di Jepang Melemah?

Insiden dua pesawat ANA dilaporkan setelah Japan Airlines terbakar di awal tahun, disusul pesawat penumpang maskapai Korean Air dan Cathay Pacific bertabrakan pada pertengahan Januari 2024.

Liputan6.com, Jakarta - Lagi, insiden pesawat terbang dilaporkan dari bandara di Jepang setelah Japan Airlines terbakar di awal tahun, disusul pesawat penumpang maskapai Korean Air dan Cathay Pacific bertabrakan pada pertengahan Januari 2024. Kali ini, kejadian dilaporkan dari Bandara Internasional Osaka.

AFP melaporkan, dikutip dari CNA, Jumat (2/2/2024), ujung sayap dua pesawat penumpang dilaporkan "saling menggores" pada Kamis, 1 Februari 2024, waktu setempat, kata seorang operator bandara. Laporan menyebut, tidak ada yang terluka dalam insiden yang melibatkan dua pesawat All Nippon Airways (ANA) untuk penerbangan domestik.

"Kami diberitahu bahwa ujung sayap dua pesawat ANA saling menggores tidak lama setelah pukul 10 pagi," kata juru bicara Bandara Kansai, yang mengoperasikan bandara di Osaka, pada AFP. Tidak ada penumpang atau awak yang terluka karena kejadian ini, tegas media lokal.

Insiden ini terjadi hanya beberapa minggu setelah petaka lalu lintas udara sayangnya terus dilaporkan di Negeri Sakura. Sebelumnya, dua pesawat penumpang maskapai Korean Air dan Cathay Pacific bertabrakan di bandara Jepang, tepatnya di Hokkaido.

Insiden tersebut terjadi di Bandara New Chitose, sekitar 177 km sebelah timur kota Sapporo, di bagian utara negara itu, pada Selasa, 16 Januari 2024, sekitar pukul 17.30, waktu setempat, menurut NHK, dikutip dari ABC News, 17 Januari 2024.

Menurut pejabat bandara, ada "kontak" antara pesawat Korean Air dan pesawat Cathay Pacific, namun tidak diungkap detail seberapa parah tabrakan antara keduanya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kecelakaan Pesawat di Jepang pada Awal Tahun 2024

Pesawat Korean Air membawa 276 penumpang dan 13 awak di dalamnya ketika, menurut pemadam kebakaran, menabrak pesawat Cathay Pacific yang diparkir. Beruntung, tidak ada penumpang di dalam pesawat maskapai Hong Kong tersebut.

Kedua pesawat berada di darat saat kecelakaan terjadi dan tidak ada korban luka yang dilaporkan. Laporan cuaca menunjukkan bahwa jarak pandang di bagian utara Jepang sangat buruk saat kecelakaan terjadi.

Salju lebat dilaporkan di beberapa daerah dan suhu di bawah titik beku tercatat di Bandara New Chitose ketika kecelakaan pesawat pada Selasa sore. Banyak penerbangan dibatalkan di bandara di Hokkaido dan gangguan perjalanan dilaporkan terus berlanjut selama beberapa waktu, kata para pejabat.

Kecelakaan ini terjadi dua minggu usai pesawat Japan Airlines terbakar setelah bertabrakan dengan jet penjaga pantai di landasan pacu Bandara Haneda Tokyo. Seluruh penumpang dan awak penerbangan komersial itu berhasil selamat, namun lima penumpang pesawat Coast Guard, De Havilland Canada DHC-8, meninggal dunia, menurut Menteri Transportasi Jepang Tetsuo Saito.

3 dari 4 halaman

Perketat Kontrol Lalu Lintas Udara

Menurut laporan Tim Global per 10 Januari 2024, Jepang telah memperketat protokol kontrol lalu lintas udara imbas insiden pesawat Japan Airlines (JAL) terbakar akibat tabrakan dengan pesawat penjaga pantai pada 2 Januari 2024.

Berdasarkan persyaratan baru yang berlaku secara nasional, seorang anggota staf harus terus-menerus mengawasi sistem pemantauan yang memberi peringatan pada menara pengawas ketika terjadi pelanggaran di landasan pacu. Guna mencegah kesalahpahaman, pengawas tidak boleh memberi tahu pesawat nomor antrean untuk lepas landas.

"Salah satu misi terbesar kami adalah memulihkan kepercayaan terhadap penerbangan sebagai transportasi umum," kata Menteri Transportasi Jepang Tetsuo Saito, seperti dikutip CNA, 10 Januari 2024. Kementerian Transportasi negara itu dilaporkan akan membentuk panel ahli untuk menyelidiki cara lebih lanjut dalam meningkatkan keselamatan.

Dalam insiden yang menimpa maskapai Japan Airlines, transkrip komunikasi yang dirilis kementerian menunjukkan bahwa pesawat JAL diizinkan mendarat, sementara pesawat penjaga pantai diinstruksikan untuk berhenti sebelum landasan pacu.

4 dari 4 halaman

Kronologi Kejadian

Pengawas mengatakan pada pesawat penjaga pantai bahwa pesawat itu adalah "No 1," yang berarti pesawat berikutnya akan lepas landas. Namun, pilot penjaga pantai, satu-satunya yang selamat dari pesawat itu, dilaporkan mengatakan ia yakin memiliki izin untuk pindah ke landasan pacu, tempat pesawatnya berada sekitar 40 detik sebelum kecelakaan.

Selama 10 tahun terakhir, setidaknya ada 23 "insiden serius" berisiko tabrakan di landasan pacu yang dilaporkan Dewan Keselamatan Transportasi Jepang, menurut surat kabar Asahi. Di insiden awal bulan, menurut rekaman yang dirilis NHK, pesawat Japan Airlines yang membawa 367 penumpang dan 12 awak kabin itu terlihat menabrak sebuah pesawat, berujung menyebabkan kobaran api besar di landasan pacu Bandara Haneda. 

Pesawat itu kemudian berhenti, sementara api besar berkobar di badan pesawat. Penumpang pun diselamatkan menggunakan perosotan darurat ketika petugas pemadam kebakaran mencoba memadamkan api yang kian membesar.

Menurut informasi, pesawat Penjaga Pantai yang ditabrak Japan Airlines akan berangkat dari Bandara Haneda ke pangkalan udara di Prefektur Niigata untuk membantu pengiriman bantuan korban gempa.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.