Sukses

Arumi Bachsin Ungkap Ritual Gibran Rakabuming Raka Sebelum Debat Cawapres: Menyendiri dan Tak Mau Ditemani Istri

Arumi Bachsin menduga Gibran Rakabuming Raka melakukan ritual itu agar siap secara mental melakukan debat cawapres.

Liputan6.com, Jakarta - Beberapa orang punya ritual khusus sebelum memulai pekerjaan maupun aktivitas, terutama yang dianggap penting. Hal itu juga ternyata dilakukan calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 02, Gibran Rakabuming Raka.

Suami Selvi Ananda ini rupanya punya ritual sendiri sebelum melakukan debat cawapres. Hal ini disampaikan juru bicara (jubir) kampanyenya, Emil Dardak dan Arumi Bachsin.

Pasangan tersebut menyatakan, Gibran punya kebiasaan unik sebelum debat. "Ketika momen mau berangkat ke tempat debat, kita ngumpul dulu kan, kemudian Mas Gibran duduk di pojok sendiri," ujar Arumi dalam potongan video yang diunggah akun TikTok @sembilan_, Rabu, 31 Januari 2024.

Melihat Gibran Rakabuming duduk sendirian di pojokan, Arumi pun bertanya pada Selvi Ananda. "Aku sampai bilang sama Mbak Selvi. Mbak Selvi ngapunten, itu kok masnya sendiri aku gak tega kan, terus Mbak Selvi nemenin sebentar, kemudian balik lagi, emang (Gibran) minta sendiri," kata Arumi.

"Mas Gibran saat itu aku lihat dari jauh, itu betul-betul beliau itu lagi apa ya, aku enggak sebut itu belajar ya tapi mempersiapkan diri secara mental," sambungnya.

Pengakuan Arumi ini diamini sang suami, Emil Dardak. Wakil Gubernur Jawa Timur itu juga berkaca dari pengalamannya, karena waktu untuk debat memang terbatas, sehingga para kandidat harus mempersiapkan diri semaksimal mungkin.

"Iya betul, yang bikin nervous kan itu,” jawab Arumi yang kemudian memuji kesiapan mental Gibran Rakabuming Raka.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Gibran Melakukan Segalanya Sendiri

Arumi yakin bahwa secara kapasitas, Gibran Rakabuming Raka bisa menguasai materi debat. Tapi, masalah grogi bisa melanda siapa saja. Meski digadang-gadang bisa punya akses istimewa lantaran anak presiden, Gibran disebut melakukan segalanya sendiri, menurut Arumi.

"Tapi ketika melihat itu, walau anak presiden dia modal sendiri, berjuang sendiri, mempersiapkan sendiri karena enggak ada yang bisa nolong di panggung, kecuali diri sendiri," pungkas Arumi.

Di Debat Cawapres, Gibran sempat viral karena salah menyebut asam folat jadi asam sulfat. Tapi siapa sangka, momen kesalahpahaman itu malah menciptakan kaus Pecinta Samsul (asam sulfat) Indonesia. Merrchandise tersebut bahkan kini bisa dibeli para pendukungnya di berbagai marketplace.

Terbaru, Gibran membuat kompetisi agar warganet maupun pendukungnya bisa mendapatkan kaus Samsul secara gratis. Hal tersebut diketahui lewat unggahan terbarunya di Instagram maupun TikTok.

"Mau aja atau mau banget jaket samsul? Gini aja, kita buat lomba," tulisnya di keterangan video yang diunggahnya pada Selasa, 30 Januari 2024.

3 dari 4 halaman

Jaket Gibran Rakabuming

Gibran melanjutkan, "Buat konten tentang diri kamu sendiri menggunakan sound video ini. Untuk 50 konten terbaik, akan saya kirim jaket samsul. Paling telat tanggal 4 Februari ya. Jangan lupa tag."

Di video bernuansa hitam-putih, putra sulung Presiden Jokowi itu juga sekaligus berkampanye mempromosikan dirinya yang memiliki visi Indonesia Emas. "Kita adalah generasi emas yang membangun Indonesia emas, sudah siap?" kata Gibran di akhir video.

Jaket Samsul sendiri merupakan jaket berwarna biru langit dan abu-abu yang memiliki lambang mirip simbol Naruto. Jaket itu juga sempat ia pakai saat debat capres dan cawapres. Video yang disukai lebih dari 161 ribu pengguna Instagram itu pun mendapat banyak komentar dari warganet. Bahkan, Chef Arnold Rurnomo juga memberi tanda hati.

Sebelumnya, adik Gibran, Kaesang Pangarep, sempat menunjukkan kaus Pecinta Samsul Indonesia di depan kakaknya saat ikut berkampanye.

4 dari 4 halaman

Kesang Meledek Gibran

Jelang Pemilu 2024, Gibran gencar berkampanye sebagai calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 02. Pasangan capres Prabowo Subianto itu kerap menyapa warga untuk mendulang suara.

Belum lama, pasangan Prabowo-Gibran menggelar kampanye akbar di Semarang, Jawa Tengah. Kampanye tersebut ikut diramaikan tiga ketua umum partai politik di Koalisi Indonesia Maju, seperti Airlangga Hartarto (Golkar), Agus Harimurti Yudhoyono (Demokrat), dan Kaesang Pangarep (PSI).

Kaus tersebut bertuliskan Pencinta Samsul Indonesia dengan foto Gibran yang tengah dicium pria berkumis. Kaesang meledek kakaknya dengan menunjuk gambar tersebut tanpa mengucap sepatah kata. Gibran yang melihat tingkah adiknya hanya tersenyum masam. Ia sepertinya pasrah karena sudah hafal dengan ulah jahil adik bungsunya tersebut.

"Tersamsul-samsul neh," tulis keterangan dalam video tersebut. Warganet yang melihat tingkah dua putra Presiden Jokowi tersebut ramai berkomentar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.