Sukses

Reaksi Tak Terduga Mamah Dedeh Tanggapi Curhat Rumah Tangga Wanita yang Berantakan karena Suami Selingkuh dengan Iparnya

Seorang wanita curhat suaminya selingkuh dengan iparnya Mamah Dedeh lalu menjelaskan ipar bisa mendatangkan bencana bagi sebuah rumah tangga.

Liputan6.com, Jakarta - Potongan video ceramah Mamah Dedeh kembali viral di media sosial. Kali ini seorang warganet di akun Twitter (X) @DiajengLrst mengunggah momen seorang istri yang curhat menjadi korban perselingkuhan. Suaminya selingkuh dengan adik ipar wanita itu (istri dari adik lak-laki wanita).

Video yang dibagikan pada Rabu, 31 Januari 2024 tersebut menampilkan cuplikan program tausyiah di salah satu televisi swasta yang dipandu Irfan Hakim. Seorang jemaaah wanita berkeluh kesah soal kehidupan rumah tangganya. Ia pun menceritakan tentang suaminya yang ketahuan berbuat mesum dengan adik ipar suaminya.

Ia mengatakan, adik iparnya tak tinggal serumah, tapi sering mengunjungi mereka. "Ipar aku, iya sering main ke rumah aku. Iya aku abis dari musola, terus buka pintu terus mergokin lagi kayak gitu (mesum)," ungkap wanita tersebut.

Saking terkejutnya melihat perilaku suami dan iparnya itu membuat si ibu menangis. Mamah Dedeh lalu menjelaskan ipar bisa mendatangkan bencana bagi rumah tangga.

"Ini yang dikatakan Rasul, ipar adalah kematian," kata Mamah Dedeh menanggapi. "Rasul mengatakan kalau ada orang melakukan salah dan dosa, nggak bakal ketahuan kalau baru sekali dua kali," lanjutnya.

Bukan menyarankan sang jemaah wanita untuk memaafkan, secara gamblang Mamah Dedeh langsung bertanya apakah dia sudah menceraikan suaminya. Mamah Dedeh pun tampak lega setelah mendengar jemaah itu memilih cerai.

"Langsung Anda minta gugat cerai? Bener, setuju aku, karena walaupun dia katakan saya minta ampun, taubat, jauh panggang daripada api," sahut Mamah Dedeh.

Mamad Dedeh sepertinya tahu betul beban berat yang dipikul oleh ibu tersebut. Ia pun memberikan reaksi tak terduga dengan mendukung perempuan itu berupa pelukan. Irfan Hakim pun mempersilahkan wanita itu untuk maju ke panggung dan menyambut pelukan Mamah Dedeh.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Mamah Dedeh Memeluk Wanita yang Diselingkuhi Suaminya

"Ini berat, tapi inilah dunia. Ini ujian buat Anda, Allah berikan kekuatan bahwa tidak semua yang kita inginkan dikabul Allah. Mudah-mudahan masa depan Anda lebih baik daripada kemarin," ucap Mamah Dedeh berusaha menenangkan sang ibu yang terlihat berderai air mata.

"Inilah saya bilang, jadi wanita punya pendirian, kalau masih suka lanjutkan, nggak suka ngomong. Alhamdulillah, ini yang terbaik untuk Anda," sambungnya. Momen Mamah Dedeh memeluk sang jemaah itu viral dan menuai banyak pujian, terlebih saat Mamah Dedeh mendorong wanita untuk bersikap tegas. Baru sehari dibagikan, unggahan itu sudah dilihat lebih dari 4,5 juta kali dan disukai lebih dari 49 ribu kali.

"Suka sama kata-kata mama dedeh yang bilang “jadi perempuan harus punya pendirian”. Bener. Itu kenapa kita harus punya batasan, kapan harus memaklumi dan kapan harus mengakhiri," komentar seorang warganet.

"Settingan atau enggak, pelukan mama Dedeh berasa sAmpe sini," kata warganet yang lain.

"Mamah Dedeh kasih contoh gimana cara Women support Women," ujar netizen lainnya.

"Ibunya pas cerita kyk udh berdamai tp begitu dipeluk ternyata lukanya masih tetep basah," timpal warganet lainnya.

3 dari 4 halaman

Mamah Dedeh Soal KDRT

Pada 4 Februari 2024, nama Mamah Dedeh juga trending di X, dulunya Twitter. Musababnya ternyata video cuplikan ceramah Mamah Dedeh dengan tema kekerasan dalam rumah tangga alias KDRT.

Video ini viral setelah dibagikan akun Twitter @tubirfess, 3 Februari 2022. Dalam video itu, sang ustazah mengingatkan Islam mengamanatkan umatnya tidak mencelakai diri sendiri dan orang lain. Alhasil, warganet menyindir Oki Setiana Dewi yang ceramahnya dianggap mewajarkan KDRT.

"Kita punya hak dengan tubuh kita. Sakit saja wajib berobat, ya apa ya? Kalau ada seorang istri (bilang) saya bertahan, biarin digebukin tiap hari Mak,” katanya dalam video itu.

"Ditendangin juga biarin, yang penting anak-anak bisa belajar yang benar. Malu sama orang lain. Maaf, sangat-sangat salah,” Mamah Dedeh menambahkan di muka jemaah.

Video ini dilansir dari program yang mengudara di Indosiar dan salah satu stasiun televisi swasta. Di situ, Mamah Dedeh mengingatkan hak dasar manusia di antaranya untuk hidup dan sehat.

4 dari 4 halaman

Klarifikasi Oki Setiana Dewi

"Kita sebagai manusia punya hak hidup, hak sehat walafiat, hak tenang. Ya Allah, menderita batin seumur-umur,” imbuhnya. Saat perempuan korban KDRT pasrah saja, itu artinya menghancurkan diri sendiri.

"Jadi orang itu jangan mencelakai diri sendiri. Jangan mencelakakan orang. Kalau kita digebuk itu tahu bonyok dan tahu digebukin itu adalah sakit, kita diam saja, artinya menghancurkan diri kita sendiri," sambungnya.

"Itu salah dalam Islam. Karena dalam Islam kita wajib memelihara kesehatan tubuh. Sakit saja wajib berobat. Digebukin tiap hari lama-lama bonyok," Mamah Dedeh mengingatkan. Warganet lantas menyindir Oki Setiana Dewi yang sehari sebelumnya panen cibiran.

"Hallo ustazah oki, yuk main sini,” cuit seorang warganet. Oki Setiana Dewi telah mengklarifikasi terkait cuplikan video ceramahnya via akun Instagram terverifikasi.

"Terimakasih atas perhatian dan kasih sayangnya. Tentu saya sangat menolak kekerasan dalam rumah tangga. Mohon maaf lahir batin atas kesalahan dalam menyampaikan dan semoga Allah mengampuni saya dalam setiap kesalahan-kesalahan saya," tulisnya, 4 Februari 2022.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.