Sukses

Perjalanan Cinta Ria Ricis dan Teuku Ryan yang Putuskan Bercerai Setelah 2 Tahun Menikah, Berawal dari Media Sosial

Ria Ricis dan Teuku Ryan menikah pada 12 November 2021 yang digelar secara mewah dan disiarkan langsung di salah satu televisi.

Liputan6.com, Jakarta - Pernikahan Ria Ricis dan Teuku Ryan berada di ujung tanduk. Pasangan yang menikah pada 12 November 2021 itu akan berpisah setelah Ria Ricis menggugat cerai suaminya dengan mengajukan tiga tuntutan.

Ricis mendaftarkan gugatan cerainya di Pengadilan Agama Jakarta Selatan pada Selasa, 30 Januari 2024 secara e-court. Hal tersebut disampaikan humas pengadilan Taslimah.

"Sidang perdananya insyaAllah di tanggal 19 Februari 2024, jadi penggugat dan tergugat akan dipanggil untuk sidang tanggal 19 Februari (2024) yang agendanya perdamaian," ujar Taslimah dikutip dari YouTube Intens Investigasi, Rabu (31/1/2024), seperti dirangkum Tim Showbiz Liputan6.com.

"Kalau hadir, keduanya akan dimediasi di PA Jakarta Selatan, makanya keduanya dipanggil. Kuasa hukum juga diperintahkan hadir," sambung Taslimah.

Dalam perkara ini, Ricis selaku penggugat mengajukan tiga tuntutan pada suaminya, salah satunya nafkah anak mereka, Cut Raifa Aramoana. "Istrinya mengajukan tuntutan gugatan kumulasi, artinya tuntutan pertama kumulasi cerai gugat, hadanah, dan nafkah anak, jadi ada tiga," terangnya.

Sebelum kabar ketidakharmonisan muncul, keduanya kerap pamer kemesraan. Perjalanan cinta Ria Ricis dan Teuku Ryan ternyata berawal dari media sosial. Pria berdarah Aceh itu mengaku mulai tertarik pada konten kreator tersebut di media sosial pada Januari 2021.

"Dia itu seingat aku pernah kirim salam lewat teman aku, Adin, Januari waktu tahun baru, kirim salam ke Adin karena dia Insta Strory-in aku. Nah si Bang Ryan, salamin dong buat kakak yang itu," kata adik Oki Setiana Dewi dalam video yang diunggah Sabtu, 11 September 2021.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Awalnya Tak Ditanggapi

Ria Ricis mengaku tidak terlalu menggubris salam Ryan saat itu, mengaku belum penasaran pada pria tersebut. "Aku enggak gubris banget apalagi dia di Aceh kan, tapi kata si Adin dari selama itu dia sering mantau, katanya sih. Cuma aku enggak terlalu ingat," tuturnya.

Berbulan-bulan terlewati, keduanya akhirnya mulai sering berkomunikasi sejak Juli 2021. Dalam waktu singkat, keduanya merancang pernikahan. "Dari Januari, berbulan-bulan lewat akhirnya mulai kontakan Juli 2021," ucapnya.

Pernikahan akhirnya digelar pada Jumat, 12 November 2021 di Hotel Intercontinental, Pondok Indah, Jakarta Selatan. Acara ijab kabul keduanya disiarkan secara langsung di salah satu stasiun televisi.

Dalam pernikahannya, aktor Deddy Mizwar bertindak sebagai wali nikah Ricis. Pemeran Naga Bonar itu dipercaya sebagai wali nikah setelah paman Ricis tak bisa hadir dan menyerahkannya ke Deddy Mizwar sesuai kesepakatan keluarga. 

"Saudara Teuku Rushariandi, saya nikahkan dan kawinkan Ria Yunita binti Suliyanto kepada engkau yang maskawin logam 100 gram, uang Rp179.500 dan seperangkat alat salat," ucap Deddy sambil menggenggam tangan Ryan.

"Saya terima nikah dan kawinnya Ria Yunita binti Suliyanto dengan mas kawin tersebut tunai," jawab dia.

3 dari 4 halaman

Disaksikan Ridwan Kamil dan Ustaz Adi Hidayat

Pernikahan itu disaksikan Ustaz Adi Hidayat dan Ridwan Kamil yang saat itu masih menjabat sebagai Gubernur Jawa Barat. Setelah ijab kabul disahkan saksi, penghulu pun ikut mengesahkan pernikahan Ricis dan Ryan.

"Sah, sah, Alhamdulillah," kata penghulu.

Ridwan Kamil yang dipercaya jadi saksi pernikahan Ria dan Ryan mengaku terhormat bisa dipercaya. "Saya dihubungin keluarga jadi saksi, saya terharu," kata Emil, sapaan akrabnya, di sela-sela pernikahan pemilik nama Ria Yunita dan Teuku Ryan itu.

Baginya, itu bukan kali pertama ia diminta jadi saksi nikah. "Sudah ratusan kali jadi saksi, seneng jadi saksi (pernikahan) karena nasihatnya nikah itu enggak cuma buat pengantin, tapi untuk kita semua," katanya.

Tak lupa, ia mendoakan pernikahan Ricis dan Ryan selalu diberikan kebahagian dan keberkahan, serta langgeng sampai maut memisahkan. "Saya doakan saling melengkapi, langgeng, dan jadi inspirasi anak milenial," kata Emil.

 

4 dari 4 halaman

Bahagia Memiliki Suami

Saat ijab kabul berlangsung, pemilik nama asli Ria Yunita tidak disandingkan dengan Teuku Ryan. Keduanya terpisah sampai akhirnya disatukan setelah penghulu dan saksi nikah mengesahkan pernikahan mereka.

Usai Ryan mengucapkan ijab kabul, tangis bahagia Ricis pecah. Doa dipanjatkan Ricis yang bersyukur ijab kabul berjalan lancar karena Ryan lancar mengucap ijab tanpa harus mengulang.

Setelah dinyatakan sah, Ricis diantar kakak-kakaknya menuju Ryan. Untuk pertama kalinya, Ryan dan Ricis saling bersentuhan. Pria asal Aceh itu memegang kening sang istri, sementara pemilik nama asli Ria Yunita itu mencium tangan suaminya. Ekspresi keduanya tampak malu-malu.

Setelah menandatangani buku nikah, baru Ricis bisa tertawa semringah. Dari pernikahan tersebut, mereka dikaruniai seorang putri bernama Cut Raifa Aramoana atau yang akrab disapa Moana. Putri tunggal mereka itu lahir pada Selasa, 26 Juli 2022.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini