Sukses

Solusi Bagi Pasien Mendapatkan Layanan Kesehatan Terbaik dan Efektif

Layanan kesehatan bagi pasien, bukan hanya dilakukan pada saat pasien tersebut berada di rumah sakit, melainkan pasca pemulihan di rumah.

Liputan6.com, Jakarta - Layanan kesehatan bagi pasien, bukan hanya dilakukan pada saat pasien tersebut berada di rumah sakit, melainkan pasca pemulihan di rumah. Memperingati ulang tahun ke-2, Kavacare menyadari pentingnya perawatan multidisipliner berkelanjutan atau continuity of care (CoC) dalam proses penyembuhan pasien.

Continuity of care adalah proses di mana perawatan kesehatan tidak hanya dilakukan di fasilitas kesehatan, tetapi pasien juga bisa mendapatkan perawatan lanjutan di rumah. Proses ini dilakukan oleh tim profesional yang disupervisi oleh dokter berpengalaman yang secara kooperatif terus terlibat dalam manajemen perawatan.CoC bertujuan agar pasien mendapatkan perawatan dengan kualitas terbaik dan efektif dari segi biaya. Salah satu perwujudannya adalah layanan telemedicine dan homecare yang dihadirkan oleh Kavacare.

“Continuity of Care untuk Memperbaiki Kualitas Hidup dan Menekan Rawat Inap di Rumah Sakit” kata CEO dan Co-Founder Kavacare, dokter Eddy Wiria.Ada berbagai studi terkait manfaat CoC di berbagai negara. Salah satu studi di Kanada terkait dampak perawatan berkelanjutan adalah pelaksanaan layanan homecare yang terintegrasi dapat menurunkan 4-10% kunjungan ke UGD dan 4-6% rawat inap di rumah sakit (BMC Geriatrics, 2022).

Dalam mewujudkan CoC, sejak resmi berdiri di tahun 2022, Kavacare telah membantu lebih dari 1300 pasien untuk menjalani perawatan di rumah dengan lebih nyaman dan efisien melalui layanan kesehatan yang bisa didapatkan dari rumah, seperti homecare dan telemedicine.

Semua layanan ini dihadirkan secara holistik oleh Kavacare yang serius mengutamakan keselamatan pasien. Tim medis profesional yang terdiri dari dokter penanggung jawab, perawat, hingga fisioterapis tersertifikasi terlibat penuh dalam perawatan pasien.

Layanan ini juga termasuk membantu pasien yang memerlukan pengobatan lanjutan di rumah sakit dalam atau luar negeri. Tim KavaLink dari Kavacare berperan dalam memfasilitasi persiapan pasien untuk berobat di dalam atau luar negeri. Sejak 2022, KavaLink telah memberikan layanan konsultasi gratis persiapan berobat pada lebih dari 5000 pasien. Pasien bisa mendapatkan rekomendasi rumah sakit atau dokter terbaik sesuai kebutuhan dan keinginan, estimasi biaya, hingga bantuan untuk booking janji temu.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Layanan Homecare

“Kami bekerjasama dengan lebih dari 100 rumah sakit yang ada di 12 negara, diantaranya Singapura, Malaysia, Thailand, Jepang, Australia, China dan Uni Emirates Arab,” ujar Eddy.

Layanan homecare oleh Kavacare telah termasuk dalam fasilitas asuransi Garda Medika per Desember 2023. Artinya, nasabah tidak perlu bingung untuk mencari dan mengeluarkan biaya lebih jika harus melakukan rawat jalan.

Layanan homecare yang dicover asuransi tentunya memudahkan klien dalam banyak hal, termasuk untuk pembayaran. Sebab nasabah Garda Medika dipastikan mendapatkan layanan homecare terbaik dengan metode pembayaran cashless.

“Fisioterapi di Rumah Sangat Ideal untuk Pemulihan Pasien Selama Golden Period,” terang Dokter Spesialis Kedokteran Fisik dan Rehabilitasi, Indah Retno Wardhani. Stroke sendiri masih jadi salah satu penyakit dengan kasus terbanyak di Indonesia. Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan mencatat per tahun 2020 kasus stroke di Indonesia mencapai lebih dari 1,7 juta pasien dan rentan terjadi pada lansia di atas usia 65 tahun.

 

3 dari 3 halaman

Program Pemulihan Pascastroke

Walau tergolong kondisi fatal, masih ada potensi lebih besar untuk pulih jika pasien mendapatkan terapi yang tepat selama golden period.Golden period pada kondisi akut adalah jangka waktu kurang dari 4 jam 30 menit setelah pasien mengalami serangan stroke. Setelah mendapatkan penanganan di fase tersebut, pasien memasuki golden period untuk rehabilitasi stroke yaitu di 3-6 bulan pertama.

Penanganan oleh tenaga medis profesional pada fase ini bisa meningkatkan kesempatan pasien untuk pulih secara optimal. Di sinilah pentingnya CoC diterapkan pada pasien stroke dengan program rehabilitasi multidisipliner di rumah.

Untuk itu, Kavacare menghadirkan program pemulihan pascastroke di rumah, mulai dari pengawasan hingga fisioterapi rutin oleh tim care pro. Program untuk pasien stroke ini didesain untuk mengoptimalkan keselamatan dan pemulihan pasien.

Sementara itu, Ulia, salah seorang care pro Kavacare menceritakan pengalamannya menghadapi pasien-pasien lansia. Menurutnya, pasien lansia berbalik seperti anak kecil.

”Kita coba merangsang dia dengan becanda. Cara ini dapat merangsang motorik dan sensoriknya,” ungkapnya.Menurutnya, Kavacare berbeda dengan homecare lainnya. Di Kavacare, para care pro dilindungi oleh dokter dan tenaga perawat jika ada masalah dengan pasien.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.