Sukses

Meracik dan Minum Jamu di Sanur Bali Bareng Gibran Rakabuming, Gaya Duduk Selvi Ananda Tuai Pujian

Gibran Rakabuming, tampak melakukan serangkaian kegiatan tradisi.Gibran duduk di sebuah saung di Pantai Sanur, Bali, Gibran dan Selvi Anada tampak meracik dan kemudian meninum jamu.

Liputan6.com, Jakarta - Calon wakil presiden atau cawapres omor urut 2, Gibran Rakabuming Raka baru saja mengunjungi Bali. Tak hanya berkampanye, Gibran Rakabuming yang didampingi sang istri, Selvi Ananda, juga melakukan berbagai kegiatan selama di Bali.

Wali Kota Solo ini menikmati wisata kebugaran atau wellness tourism berupa pembacaan kesehatan berdasarkan kearifan lokal sambil minum jamu. Sejumlah foto dan video saat bertandang ke Pulau Dewata itu dibagikan oleh Gibran Rakabuming lewat media sosial. Ia tampak melakukan serangkaian kegiatan tradisi. Gibran duduk di sebuah saung di Pantai Sanur, Bali, Gibran dan Selvi tampak mendengarkan pembacaan Adiparwa.

"Pagi tadi mengawali hari di pantai Sanur Bali dengan serangkaian kegiatan tradisi mulai dari mendengarkan pembacaan Adi Parwa sebagai Parwa atau Episoda pertama dan utama dari Itihasa Mahabharata, yang menjadi bukti betapa luhur dan kayanya literasi dan budaya tutur nusantara," cuit Gibran di akun Twitternya, @gibran_tweet pada Sabtu, 27 Januari 2024.

Setelah mendengarkan pembacaan Adiparwa, keduanya pun diajak membuat jamu tradisional. Dalam foto terlihat, Selvi dan Gibran kompak memegang lumpang dan alu, alat untuk menumbuk bahan pembuatan jamu.

Momen keduanya membuat jamu itu dibagikan ulang oleh akun TikTok @kaesangerina_daily, pada hari yang sama. Agar kulit tangan tidak berubah warna, mereka disarankan memakai sarung tangan plastik lebih dulu. Setelah itu, mereka mencampurkan bahan, menumbuk, dan menyaringnya untuk akhirnya diminum.

Namun bukan soal rasa jamu yang banyak dibahas. Warganet justru dibuat salah fokus (salfok) dengan gaya duduk Selvi. Pasalnya bukannya duduk bersila, ibu dua anak ini tampak duduk dengan cara menyamping.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penampilan Anggun Selvi Ananda

Warganet pun menilai cara duduk Selvi sangat elegan. Ia pun nampak semakin anggun dengan memakai atasan kain shibori warna biru dipadu kain ikat warna mustard, inner warna putih serta rok midi abu-abu. Sampai berita ini ditulis, unggahan Selvi dan Gibran meracik dan minum jamu itu sudah dilihat lebih dari 940 ribu kali dan 29,5 ribu kali.

"Cara duduk mbak selvi bener-bener mencerminkan seorang putri," komentar seorang warganet.

"Adat jawa mbak Selvi kelihatan banget dengan cara timpuh (duduk)manis," puji warganet yang lain.

"Mba Selvi elegant banget ya," sebut warganet lainnya. "Mbak selvi Mas gibran sama2 sopan santun ✌✌,” kata warganet lainnya.

Dalam acara itu, Gibran tiba di lokasi acara sekitar pukul 08.00 Wita bersama dengan istrinya, Selvi Ananda, dan sejumlah pengurus Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran.

"Wellness tourism (wisata kebugaran) untuk healing saja, minum semacam jamu kelor begitu, seperti di Solo juga ada," kata Gibran seperti dikutip dari Antara. Kehadiran putra sulung Presiden Joko Widodo itu disambut oleh ribuan masyarakat.

Sepanjang berjalan menyusuri Pantai Mertasari, Gibran memperhatikan kondisi kebersihan pantai dan berhenti di sebuah balai di atas bebatuan pemecah ombak.Kemudian, Gibran duduk bersama pendiri Museum Kehidupan Samsara Ida Bagus Agung Gunarthawa untuk mendengarkan penjelasan.

3 dari 4 halaman

Pungutan Wisman di Bali

Gibran sendiri mengakui sejak beberapa pekan lalu banyak mendengar masukan dari kelompok penggiat spa dan wellness di Bali setelah munculnya Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2022 yang memasukkan mereka dalam kelompok hiburan dengan pajak melambung. "Ya, dari kemarin malam sudah dibahas. Masukannya sudah kami terima dari dua pekan lalu. Di sini sudah cukup bersih, nanti tinggal pemeliharaan saja dan kesadaran," katanya.

Mulai 14 Februari 2024, Bali akan memberlakukan pungutan bagi wisatawan mancanegara. Terkait pemanfaatan uang tersebut untuk mengelola kebersihan, Gibran mengaku sepakat dan menilai masyarakat Pulau Dewata lebih paham terkait hal itu.

Sementara itu, Ida Bagus Agung Gunarthawa selama sekitar satu jam menyajikan salah satu bentuk wisata kebugaran dengan membacakan kakawin atau penuturan Mahabharata pada bagian Adi Parwa.

Selanjutnya, dia mencoba melihat kondisi kesehatan untuk menentukan resep pada jamu. Cara pembacaan itu mengambil literasi lokal Bali seperti Usada dan Ayurweda dibantu perhitungan berdasarkan kelahiran. "Misalnya, kita kelahirannya apa, maka vegetasi apa yang cocok untuk buat jamu atau loloh dalam Bahasa Bali, apakah menggunakan pegagan atau kayu manis," kata Ida Bagus.

4 dari 4 halaman

Gibran Melihat Perkembangan Pariwisata di Bali

Kedatangan Gibran di Pantai Mertasari bertajuk "Gibran Suryaning Sanur" itu merupakan rangkaian kegiatan pendamping capres Prabowo Subianto itu di Bali setelah berdialog dengan anak muda setempat pada Jumat malam (26/1).Ketua TKN Prabowo-Gibran, Rosan Perkasa Roeslani, mengatakan kehadiran Gibran di Bali ialah untuk melihat perkembangan pariwisata di Bali sambil menyapa warga meski dalam waktu singkat.

Selain itu, Gibran juga menyiapkan 2.045 bungkus nasi jinggo khas Bali untuk makan bersama simpatisan dan masyarakat di tepi pantai. "Bahwa selalu menjaga silaturahim, pertemuan, dan juga untuk mendapatkan masukan dari pelaku industri, terutama pariwisata, untuk mendapatkan aspirasi juga. Sehingga, Bali pariwisatanya terus berkembang, berjalan dengan baik," ujar Roeslan.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah menetapkan tiga peserta Pilpres 2024, yakni pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD nomor urut 3.

Masa kampanye Pemilu 2024 berlangsung mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024. Setelah masa kampanye, ada masa tenang pada 11-13 Februari. Kemudian, jadwal pemungutan suara berlangsung serentak pada 14 Februari 2024.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.