Sukses

6 Gaya Busana Ikonis Retno Marsudi, Salah Satunya Sepatu Beda Warna yang Menghebohkan

Selera mode Menteri Luar Negeri Retno Marsudi bisa dibilang jauh dari kata membosankan.

Liputan6.com, Jakarta - Di tengah sepak terjang selama menjabat sebagai Menteri Luar Negeri (Menlu), ada satu hal yang tidak bisa dipisahkan dari Retno Marsudi. Yang dimaksud, tidak lain tidak bukan, adalah selera mode yang jauh dari kata membosankan.

Dari waktu ke waktu, Menlu Retno telah membuktikan bahwa mengemban tugas formal bukan halangan untuk tetap tampil modis, sekaligus representatif. Gaya fesyennya sebagian besar bisa disontek untuk jadi busana kerja yang tidak begitu-begitu saja.

Di antaranya, Retno acap kali bermain dengan detail kerah lebar berpadu kemeja maupun strucred top yang tetap memberi kesan tampilan rapi. Dari sekian banyak, berikut enam penampilan ikonis Menlu yang sempat menarik perhatian publik.

1. Gaya Sporty ke Pasar

Pada 2019, penampilan Retno menarik perhatian warganet saat ia berbelanja di Dan Hammarskjold Plaza Greenmarket. Kala itu, Menlu tampil sporty dengan legging hitam panjang dan padded jacket berwarna senada. Tidak ketinggalan, ia juga mengalungkan syal di lehernya dan topi hitam, menghalangi udara dingin New York saat itu.

Sebagai pembeda, Menlu terlihat memilih sepasang sneaker pink mencolok sebagai pernyataan gaya. "Spotted... lots and lots of apples at Dan Hammarskjold Plaza Greenmarket 🍏🍏🍏," tulis Retno di unggahan Instagram-nya saat itu, menyebut banyak apel di depannya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2. Sepatu Beda Warna

Berbicata tentang gaya ikonis Retno tentu tidak lengkap tanpa menyertakan sepatu beda warna. Ansambel yang kemudian jadi ciri khasnya ini telah dipakai di beberapa kesempatan, namun kemunculan pada 2021 terbilang cukup menghebohkan.

Bersama tiga menteri lain, Menlu saat itu mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyambut kunjungan Perdana Menteri (PM) Malaysia Ismail Sabri Yakoob di Istana Kepresidenan Bogor Jawa Barat, 10 November 2021.

Di foto yang dibagikan rekannya, Menteri Keuangan Sri Mulyani, alas kaki Menteri Retno terlihat berwarna putih untuk kaki kanan dan kaki kiri berwarna hitam. Ia sepertinya ingin menegaskan nuansa monokrom tanpa terkesan membosankan.

Retno mengenakan atasan hitam dipadukan rok putih sebetis. Memberi kesan anggun, ia memakai syal hitam dengan aksesori bros silver di sisi kanan. Kalung mutiara, kacamata, masker, dan tas tangan warna earth tone pun melengkapi penampilannya. 

Sebagian besar warganet tentu mengomentari sepatu Menlu yang berbeda warna. "Salfok sama sepatunya bu Menlu. Keceeee," komentar seorang pengguna Instagram.

3 dari 5 halaman

3. Gaya Chic

Berbagi semangat sisterhood dengan Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani, penampilan Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi justru bikin salah fokus. Ya, melalui unggahan di akun Instagram-nya pada Februari 2023, pilihan busana Menlu Retno dinilai fashionable.

Sementara Menkeu Sri memakai atasan batik berpadu celana panjang hitam dan block heel berwarna cream yang senada dengan dominasi top pilihannya, Menlu Retno justru mengenakan busana bergaya chic yang memanfaatkan warna monokrom.

Tampak dirinya memilih white shirt, item andalan untuk mengadopsi gaya effortless chic fashion, yang lengannya sedikit digulung dan dipadukan bersama french knot scarf hitam. Itu senada dengan ankle trousers yang juga dikenakan kala itu.

Memaksimalkan tampilan, Menlu Retno memilih menggunakan sepatu oxford putih, pilihan fesyen yang jarang diperlihatkan seorang pejabat. Sebagai penutup, ia menenteng laptop handbag, juga berwarna hitam.

Berdasarkan keterangan Menlu Retno, kala itu ia baru saja selesai melaporkan persiapan Keketuaan Indonesia G20 2022 pada Presiden Joko Widodo (Jokowi). Potret ini diambil di Istana Negara, Jakarta.

4 dari 5 halaman

4. Model Istana Berkebaya

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengaku sangat senang bisa jadi model acara Istana Berkebaya di depan Istana Merdeka, Jakarta, Minggu petang, 6 Agustus 2023, lapor Tim News Liputan6.com. Kala itu, ia terlihat berkebaya encim putih berpadu bawahan didominasi warna merah.

Kebaya Retno dilengkapi payet-payet bergambar penari topeng dan bunga-bunga bernuansa merah, merah muda, oranye, dan hijau, lapor Antara. Retno mengatakan, kebaya itu diberikan panitia acara dan sudah selesai dijahit sejak 4 Agustus 2023. Persiapan mengenakan kebaya itu hanya 15 menit.

"Cuma tantangannya adalah bagaimana bisa berjalan pelan, karena (saya) biasa lari," akunya.

5. Bergaya dengan Baju Adat

Retno juga memperlihatkan kecanggihan padu-padan busananya di perayaan Hari Kemerdekaan Indonesia tahun lalu, yang mana ia memilih mengenakan baju adat Mamasa, Sulawesi Barat.

Bersama busana bernuansa merah itu, ia juga mengenakan kandore di bagian dada dan ikat pinggang. Mengutip Antara, 17 Agustus 2023, kandore merupakan aksesori berupa manik-manik yang dirangkai membentuk motif layaknya ukiran. Hiasan ini umum dikenakan di acara-acara resmi, seperti HUT RI maupun pesta pernikahan.

5 dari 5 halaman

6. Berturban Hadiri Aksi Bela Palestina

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi ikut menghadiri "Aksi Bela Palestina" pada 5 November 2023. Ia bahkan sempat membacakan puisi buatannya sendiri berjudul "Palestina Saudaraku" di depan ribuan massa.

Mengutip video di kanal Youtube OFFICIAL TVMUI, Menlu Retno terlihat memakai outfit serba putih, dilengkapi turban yang juga pernah dikenakannya di beberapa kesempatan. Ia juga melilitkan syal bendera Palestina di lehernya dengan motif warna hitam putih dan melengkapi penampilannya dengan kacamata dan celana panjang hitam.

Setelah berorasi selama beberapa menit tentang dukungan Indonesia terhadap Palestina yang konsisten sejak dulu, ia kemudian membacakan puisi buatannya sendiri, yang berbunyi:

Hatiku miris karena bocah itu menangis

Dia terluka

Dia tidak bisa berkata

Dia tidak tahu di mana bapak ibunya

 

Setiap 10 menit

1 anak wafat di gaza

Ribuan orang tua kehilangan anak

Tak terbilang berapa ribu anak kehilangan orangtuanya

 

Setiap tangan tertulis nama

Mereka tidak ingin mati tanpa penanda

Rumah mereka hanya langit

Kasur mereka hanya bumi

 

Kapan kekejaman ini akan berhenti

Kapan keadilan ini akan menghampiri

Aku dan indonesiaku pantang mundur

Akan terus membantumu

 

Aku dan Indonesiaku

Akan terus bersamamu

Sampai penjajah itu

Enyah dari rumahmu

 

Palestina

Kau adalah saudaraku

Dan aku, Indonesiaku

Akan selalu bersamamu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini