Sukses

Fakta-Fakta Proses Cerai Catherine Wilson dan Idham Mase Setelah Setahun Pisah Rumah

Sebelumnya, Idham Mase sempat menggugat cerai Catherine Wilson, namun digugurkan hakim.

Liputan6.com, Jakarta - Rumah tangga Catherine Wilson dengan Idham Mase kini berada di ujung tanduk. Setelah pisah rumah selama setahun, ia menggugat cerai suaminya, dan kini sedang menjalani rangkaian prosesnya di pengadilan. 

Mengutip laporan Tim Showbiz Liputan6.com, Jumat (26/1/2024), model dan pemain film yang dikenal dengan panggilan Keket itu telah mengajukan gugatan cerai resmi ke Pengadilan Agama Depok dengan nomor perkara 32/Pdt.G/2024/PA DPK. Diketahui sidang pertama juga telah digelar pada 10 Januari 2024.

Sebelumnya, Idham sempat menggugat cerai Keket, namun digugurkan. Secara lebih lengkap, berikut fakta-fakta perceraian Catherine Wilson dengan Idham Mase yang dirangkum dari berbagai sumber.

1. Sidang Pertama Keduanya Tak Hadir

Kedua pihak, baik penggugat dan tergugat, tidak hadir di gelaran sidang pertama.  Keket diketahui memercayakan tim kuasa hukumnya yang dipimpin Dody Haryanto untuk mewakilinya. 

Dody memberi keterangan usai sidang, "Saudari Catherine mendaftarkan gugatan cerai akhir tahun lalu, dan baru disidangkan sekarang."

2. Sempat Digugat Cerai Lebih Dulu

Dody Haryanto menjelaskan bahwa sebelumnya, Idham Mase justu lebih dulu mengajukan gugatan cerai di Pengadilan Agama Jakarta Selatan. Tapi, permohonan talaknya digugurkan hakim. Ini kemudian jadi salah satu penyebab Catherine Wilson mengajukan gugatan cerai di Pengadilan Agama Depok.

3. Alasan Pengadilan Gugurkan Talak Idham

Pengadilan Agama Jakarta Selatan mengugurkan permohonan talak cerai yang diajukan Idham Masse terhadap Catherine Wilson. Keputusan itu diambil, lantaran Idham selaku pemohon tidak pernah hadir di sidang.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tidak Hadir di 2 Sidang

Hal itu disampaikan Humas Pengadilan Agama Jakarta Selatan, Taslimah. Ia mengatakan, hingga dua kali sidang digelar, Idham tidak kunjung hadir.

"Iya jadi pengadilan sudah menggugurkan permohonan talak cerai dari pemohon Idham Masse terhadap termohon, Catherine," ujar Taslimah pada awak media di kantornya, 13 November 2023.

Setelah keputusan pengguguran permohonan talak dari pengadilan, mereka juga mengirimkan surat terlait perihal tersebut pada Idham. Pengadilan juga memberi waktu untuk menangapi putusan tersebut.

"Pengadilan sudah mengirimkan hasil putusan. Pengadilan memberikan waktu selama 14 hari ke pemohon," jelasnya.

4. Bisa Ajukan Talak Cerai Baru

Walau dinyatakan gugur, lanjut Taslimah, Idham masih dapat mengajukan permohonan talak cerai kembali. "Bisa saja tapi dengan berkas gugatan dan alasan yang baru," kata Taslimah.

5. Tanpa Tuntutan Harta Gono-gini

Dalam isi gugatannya, Catherine Wilson mengungkap keinginan mengakhiri pernikahannya dengan Idham Mase, tanpa ada tuntutan harta gono-gini. "Ia (Keket) cuma ingin mengakhiri pernikahannya saja atau bercerai," ungkap Dody.

3 dari 4 halaman

Alasan Cerai

Alasan di balik perceraian ini bukanlah karena kehadiran orang ketiga atau masalah nafkah, sebab Catherine masih mendapatkan nafkah dari Idham Mase.  "Catherine hanya mau pernikahannya selesai, bercerai baik, tidak saling menyerang satu sama lain," tambah Dody.

6. Sudah Setahun Tak Tinggal Serumah

"Dalam setahun terakhir, Catherine Wilson dan Mas Idham sudah tidak tinggal bersama," ungkap Dody Haryanto. Saat ini, Catherine tetap berada di Jakarta, sementara Idham tinggal di Sidrap, Sulawesi Selatan, sebagai anggota DPRD Sidrap.

Diketahui, pernikahan Catherine Wilson dengan Idham berlangsung pada 1 Oktober 2022 di salah satu hotel di kawasan Gatot Subroto, Jakarta Selatan. Ini merupakan pernikahan kedua Catherine, setelah sebelumnya menikah dengan Achmad Muchlas Arofat pada 2012.

7. Beda Visi Misi dalam Pernikahan

Sebelumnya manajer Catherine Wilson, Raindy, sempat mengonfirmasi bahwa alasan di balik perceraian pasangan ini adalah perbedaan visi dan misi dalam menjalani kehidupan rumah tangga.

4 dari 4 halaman

Pisah Secara Damai

Meski Catherine Wilson dan suaminya memutuskan berpisah, Raindy menegaskan tidak ada kasus Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT) atau perselingkuhan yang terlibat dalam keputusan ini.

"Mereka sudah sepakat untuk berpisah secara damai, tanpa ada permasalahan yang berlarut-larut. Ini bukan tentang KDRT, pihak ketiga, atau perselingkuhan," kata Raindy saat dihubungi melalui telepon pada  6 November 2023.

8. Sempat Ingin Mempertahankan Pernikahan

Awalnya, Keket berharap bisa mempertahankan pernikahannya. Tapi, keinginannya tidak tercapai karena Idham memilih mengakhiri hubungan tersebut. "Kami telah mencapai kesepakatan bersama untuk berpisah," ungkap Raindy.

Walau pernikahan mereka akan berakhir, Catherine tetap berusaha menjaga hubungan baik dengan Idham. "Dia ingin semuanya berakhir dengan baik dan masih bisa menjalin hubungan baik. Jika pertemuan mereka berjalan baik, perpisahan mereka juga akan dilakukan dengan damai," jelas Raindy.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini