Sukses

Vania Karyawan Minimarket yang Fasih Berbahasa Jepang Kini Sudah Sampai Osaka

Nama Vania, karyawan minimarket Indomaret di Purwokerto yang fasih berbahasa Jepang dengan belajar secara otodidak mendapat hadiah berupa tiket trip ke Jepang. Kini, Vania benar-benar sudah berada di Jepang.

Liputan6.com, Jakarta - Nama Vania viral di penghujung 2023 lewat video TikTok yang memerlihatkan karyawan minimarket Indomaret di Purwokerto karena fasih berbahasa Jepang. Pihak perusahaan lalu menghadiahinya berupa tiket trip ke Jepang.

Hal ini diketahui dari video yang diunggah akun TikTok, @indomaret, Kamis 11 Januari 2024 pagi. Kini, Vania benar-benar sudah berada di Jepang. Informasi itu diketahui dari unggahan terbaru di akun Instagram @indomaret pada Kamis, 18 Januari 2024.

"JKT ✈️ JPN. Vania udah sampe di jepang nih, tunggu keseruan berikutnya yaa~," tulis keterangan unggahan tersebut. Vania mendarat di Kansai Airport Station di Osaka, Jepang, pada Kamis, 18 Januari 2024. Belum diketahui kegiatan apa saja yang akan dijalani Vania dan tempat apa saja yang akan dikunjunginya.

Tapi, gadis berusia 20 tahun itu akan membagikan video maupun foto-foto aktivitasnya selama di Jepang di akun Instagram resmi Indomaret. Kabarnya, Vania juga didampingi Kenji, warga negara Jepang yang berbincang dengannya dan membuat dirinya viral di media sosial. Namun, belum ada konfirmasi resmi mengenai informasi tersebut.

Dalam unggahan itu, Vania terlihat mengenakan jaket warna biru bergaris merah dan putih serta celana jeans biru saat mendarat di bandara Kansai. Ia berjalan sambil mendorong koper yang cukup besar.

Dalam gambar lainnya, ia sedang berjalan di sebuah kawasan yang cukup ramai di Jepang pada malam hari. Vania kali ini memakai jaket lain warna cokelat muda, sweater pink, celana jeans biru dan sneakers hitam. Ia juga mengenakan sarung tangan cokelat yang cukup tebal, mengisyaratkan cuaca yang sangat dingin di tempat tersebut.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pujian Warganet untuk Vania

Unggahan itu mendapat banyak atensi dari warganet. Baru sehari dibagikan, unggahan Vania tiba di Jepang sudah disukai lebih dari 57,7 ribu kali dan mendapatkan lebih dari 1.650 komentar yang sebagian besar memuji Vania.

"Seneng aq liat ini min.. Saking boseny aql liat acara TV/ IG/ TIKTOK yg g berbobot tp mlh viral.. Ini baru bener.. Yg ber prestasi yg d apresiasi... 👏👏Sukses terus indomaret,” komentar seorang warganet.

"Suka sm gayanya Vania. rambut diiket berantakan, tp keliatan simpel dan cantik 😍," tulis warganet lainnya.

"Suatu motivator bagi manusia biasa yg selalu updgrade dirinya menjadi lbh baik dan semakin baik.... ganbatte...," ujar warganet lainnya.

"Semoga jadi inspirasi buat semua pegawai Indomaret khususnya mbak2 kasir yg menang dandan doang tapi judes sama customer,” komentar warganet lainnya.

Nama Vina viral lewat video yang diunggah akun @kencampur, Kamis, 21 Desember 2023. Si pemilik akun, Kenji, merupakan warga negara Jepang yang saat ini menetap di Indonesia. Saat mendatangi sebuah minimarket di daerah Purwokerto, ia berbincang dengan seorang pegawai wanita yang melayaninya di kasir.

 

3 dari 4 halaman

Cara Vania Berlatih Bahasa Jepang

Kasir tersebut bertanya pada Kenji dengan bahasa Jepang,  "Apakah saat ini sedang berkuliah?'  Lalu, pemilik akun tersebut menjawab bahwa ia sedang menempuh perkuliahan di Universitas Indonesia.

Pegawai tersebut pun kaget, dan mengatakan, ia mengenalinya karena sering menonton video yang dibuat Kenji. Pegawai tersebut lalu mengatakan bahwa ia sudah belajar bahasa Jepang selama dua tahun lewat animasi Jepang (anime) yang ia tonton.

Perempuan itu menyebut, saat ini, ia belum mengikuti kursus bahasa Jepang. Namun, ia berencana mempelajari bahasa tersebut lebih dalam. "Mungkin besok," ungkap pegawai minimarket tersebut.

Ia juga mengungkap bahwa dirinya tidak mempunyai teman orang Jepang untuk berlatih dan hanya belajar lewat anime yang ia tonton. Namun, ia menyebutkan, ada beberapa teman orang Indonesia yang juga belajar bahasa Jepang.

Melihat kemampuan pegawai tersebut yang pandai bicara bahasa Jepang membuat Kenji merasa takjub. "Kaget banget, aku beli minuman di Indomaret di Purwokerto, terus karyawannya tahu aku, dan bisa bahasa Jepang. Dia gak pernah ikut kursus, kaget," jelas Kenji.

4 dari 4 halaman

Vina Dapat Kejutan Trip ke Jepang

Para warganet memberi ragam tanggapan di kolom komentar. Mereka kagum dengan kemampuan yang dimiliki pegawai itu. Beberapa pengguna juga menyarankan agar pegawai tersebut melamar ke perusahaan Jepang untuk jadi translator karena kemampuan yang dimilikinya.

Berkat prestasi yang tanpa sadar telah diukirnya, Vania mendapat kejutan dari perusahaan tempatnya bekerja. Pihak perusahaan memberikan hadiah ke Vania berupa tiket perjalanan ke Jepang. Hadiah itu diserahkan oleh Regional Senior Manager, Hendro Susilo, dan Branch Manager Indomaret, Roy Budianto.

Roy di dalam video itu mengatakan, "Cukup bangga atas prestasi yang dimiliki oleh Vania sebagai salah satu karyawan kami dan sebagai reward dari manajemen Vania ini diberikan tiket peralanan menuju ke Jepang."  "Semoga dengan reward ini bisa memberikan motivasi bagi vania dan juga bagi seluruh karyawan lainnya untuk bisa meningkatkan prestasi kembali," pungkasnya.

Video itu mendapat respons dari warganet yang merasa terharu melihat hadiah yang diterima Vania.  "Merinding min, ikut bahagia," komentar seorang warganet.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini