Sukses

Haters Park Seo Joon yang Tulis Komentar Jahat Secara Anonim Ditangkap, Diburu Sejak 2020

Agensi Park Seo-joon mengungkapkan kemajuan tanggapan hukum terhadap pencemaran nama baik yang merusak reputasi aktor tersebut.

Liputan6.com, Jakarta - Awesome Entertainment, agensi dari aktor asal Korea Selatan, Park Seo Joon merilis pemberitahuan tentang haters idolanya. Identitas haters yang menulis komentar jahat tentang aktor "Itaewon Class" tersebut di media sosial dengan akun anonim itu kini sudah diketahui.

Mengutip dari laman Kbizoom, Rabu (17/1/2024), mereka merilis pernyataan yang mengatakan, "Tindakan yang melanggar hak asasi Park Seo Joon, seperti fitnah keji, pelecehan seksual, informasi palsu, penghinaan keluarga, produksi dan distribusi spekulasi palsu, telah terjadi, berlanjut di SNS dan komunitas online."

Agensi menambahkan "Untuk melindungi aktor tersebut, perusahaan kami telah memantau kasus-kasus seperti itu selama beberapa tahun dan kami telah menunjuk sebuah firma hukum sebagai perwakilan hukum kami untuk mengajukan tuntutan pidana terhadap pelanggaran tersebut."

Menurut penjelasan agensi, mereka menggugat sejumlah pemberi komentar jahat secara online yang mencemarkan nama baik Park Seo Joon pada 2020. Mereka juga mengajukan pengaduan ke Kantor Polisi Seoul Seongdong terhadap banyak individu tak dikenal dengan tuduhan pencemaran nama baik. 

Awesome Entertainment melanjutkan, "Kami baru-baru ini mendapatkan bukti identifikasi individu tertentu yang menjadi sasaran tuntutan pidana. Beberapa terdakwa telah dikirim ke kejaksaan, sementara yang lain sedang dalam penyelidikan polisi dan diperkirakan akan segera diadili."

Mereka menambahkan, "Kami terus berupaya mendapatkan informasi pribadi dari individu yang membuat unggahan jahat terhadap aktor kami. Kami masih mendata dan melakukan kajian hukum, termasuk menunjuk kuasa hukum dan menentukan sasaran penuntutan."

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Haters Bakal Terus Dikejar

Agensi Park Seo Joon kembali memperingatkan, "Kami akan secara aktif melacak orang-orang yang merusak reputasi dan karakteristik aktor hingga akhir untuk mencegah terulangnya kembali. Kami berjanji untuk meminta tanggung jawab hukum yang kuat kepada terdakwa tanpa toleransi."

Mereka juga menegaskan untuk meminta pihak-pihak yang berusaha mencemarkan nama baik Seo Joon berhenti melakukannya. Itu juga berlaku bagi mereka yang menggunakan akun anonim yang tidak dapat dipertanggungjawabkan. 

Park Seo Joon belum lama membintangi drakor berjudul Gyeongseong Creature bersama Han So Hee. Serial drama ini tayang sejak 22 Desember 2023.

Sehari sebelum penayangan perdana globalnya, enam episode 'Gyeongseong Creature' diungkapkan kepada pers pada 21 Desember 2023. Responnya tidak memuaskan, 95 persen ulasan dari outlet media K-media besar adalah negatif.

Menurut laporan AllKpop, salah satu outlet media mengkritik "kehilangan arah" dari salah satu karakter terpenting, "makhluk", serta chemistry yang buruk antara pemeran utama cerita, Park Seo Joon dan Han So Hee. Yang lain berkomentar, "Menonton bagian pertama tidak membuatku penasaran dengan bagian kedua." Di luar serial Netflix itu, Park Seo Joon juga mewarnai sejumlah drakor, di antaranya:

3 dari 4 halaman

1. Dream High 2 (2012)

Dream High 2 menjadi debut akting Park Seo-joon. Meski hanya berperan sebagai pemeran pendukung, ia mampu menampilkan performa yang cukup menarik perhatian.

Dalam drama ini, Seo-joon berperan sebagai Si-woo dari grup Eden. Karakter yang ia mainkan ini digambarkan cukup dekat dengan Nana (Hyorin) dari grup HershE.

2. Kill Me, Heal Me (2015)

Dalam Kill Me, Heal Me, Park Seo-joon menjadi pemeran pendukung dan beradu akting dengan Ji Sung dan Hwang Jung-eum. Meski hanya sebagai pemeran pendukung, Seo-joon berhasil meraih sederet penghargaan, seperti Excellent Actor, Ten Star Award, Best Netizen Award, hingga Best Couple Award dalam ajang MBC Drama Awards 2015.

3. She Was Pretty (2015)

Setelah bermain di banyak judul drakor, Park Seo-joon kembali menjadi pemeran utama dalam drama She Was Pretty. Drama ini bercerita tentang Ji Sung-joon (Park Seo-joon) yang mencari cinta pertamanya sekaligus teman masa kecilnya, Kim Hye-jin (Hwang Jung-eum).

Uniknya, takdir memutar balikkan tampilan fisik mereka. Drama ini berhasil membawa Park Seo-joon memenangkan berbagai nominasi, seperti Excellent Actor, Ten Star Award, dan Best Netizen Award dalam MBC Drama Awards 2015.

4 dari 4 halaman

4. The Chronicles of Evil (2015)

Masih di tahun yang sama, Park Seo-joon juga berkesempatan terlibat dalam film The Chronicles of Evil. Dalam film ini, Seo-joon berperan sebagai Cha Dong Jae yang berprofesi sebagai detektif.

5. Hwarang (2016)

Pada 2016, Park Seo-joon mendapat kesempatan untuk bermain dalam serial drama saeguk berjudul Hwarang. Ia beradu akting bersama Minho SHINee, Park Hyung-sik, dan V BTS. Hwarang menjadi drakor berlatar sejarah pertama bagi Seo-joon.

6. What’s Wrong with Secretary Kim? (2018)

Popularitas Park Seo-joon semakin meningkat saat membintangi drama Korea What’s Wrong with Secretary Kim? pada 2018. Drama ini bercerita tentang seorang CEO muda bernama Lee Young-joon (Park Seo-joon) yang memiliki sifat narsis dan sombong, sehingga sulit diajak untuk kerja sama.

Young-joon mempunyai sekretaris bernama Mi-soo (Park Min-young). Mi-soo yang telah mengabdi selama bertahun-tahun secara tiba-tiba memutuskan untuk keluar dari pekerjaannya, sehingga menimbulkan pertanyaan dari banyak orang.

7. Parasite (2019)

Parasite adalah film yang sangat populer. Film ini berhasil membawa pulang Piala Oscar. Dalam film Parasite, Park Seo-joon berperan sebagai Min Hyuk yang merupakan guru les di salah satu rumah mewah.

8. Itaewon Class (2020)

Itaewon Class adalah drama yang diadaptasi dari webtoon berjudul sama. Drama ini menceritakan tentang sekelompok anak muda keras kepala dan pemberani, termasuk Park Sae Ro-yi (Park Seo-joon), yang mencoba bangkit dari dunia yang dianggap tidak adil.

Dunia tersebut merupakan sebuah lingkungan di daerah Itaewon, Seoul, tempat mereka membuka bisnis makanan. Drakor ini berhasil membuat Seo-joon dikenal secara internasional.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.