Sukses

Hadir di Resepsi Pernikahan Pangeran Abdul Mateen-Anisha Rosnah, Erick Thohir Sebut Hari Patah Hari Sedunia

Resepsi pernikahan Pangeran Abdul Mateen dan Anisha Rosnah dihadiri para tamu umdangan dari berbagai negara, termasuk Presiden Jokowi dan Menteri BUMN Erick Thohir. Erick hadir dengan mengenakan setelan jas dan dasi berwarna hitam, kemeja putih dan celana panjang hitam

Liputan6.com, Jakarta - Resepsi pernikahan Pangeran Abdul Mateen dan Anisha Rosnah baru saja digelar di Istana Nurul Iman, Brunei Darussalam, Minggu, 14 Januari 2024. Acara itu dihadiri para tamu umdangan dari berbagai negara, termasuk Presiden Jokowi (Jokow Widodo) dan Menteri BUMN Erick Thohir.

Momen kehadiran Erick Thohir itu diunggah langsung ke akun Instagram miliknya, @erickthohir pada Minggu, 14 Januari 2024. Dalam unggahan itu, Erick Thohir hadir dengan mengenakan setelan jas dan dasi berwarna hitam, kemeja putih dan celana panjang hitam. Ia terlihat tidak datang bersama Presiden Jokowi tapi sepertinya menyetir mobil sendiri ke tempat resepsi pernikahan bersama seorang temannya.

"Suatu kehormatan saya diundang menghadiri rangkaian upacara pernikahan Duli Yang Teramat Mulia Paduka Seri Pengiran Muda Abdul Mateen @tmski dengan Yang Mulia Dayang Anisha Rosnah," tulis Erick dalam keterangan unggahannya. Erick Thohir kemudian memberi doa terbaik untuk kedua mempelai.

Pria yang juga menjabat sebag Ketua Umum PSSI ini berharap, pernikahan tersebut membawa berkah untuk Pangeran Mateen dan Anisha. Ia juga menyebut soal hari patah hati. “Semoga pernikahan ini akan membawa keberkahan untuk keduanya. "Selamat Hari Patah Hati Sedunia (emoji senyum)," tulisnya lagi.

Unggahan Erick Thohir itu mendapat banyak komentar dari warganet. Mereka memuji kedua mempelai yang tampak menawan dan memberi doa terbaik. Belum sehari dibagikan, unggahan itu sudah disukai lebih dari 100 ribu kali dan mendapatkan lebih dari 920 komentar.

"Cantik banget istrinya😭💗 . patah hati 😭Dan selamat prince mateen semoga selalu berbahagia,” komentar seorang warganet.

"Tolong deh Pak abis ini dikasi konten gimana biar bisa Move On....atau Pak Erick punya stock 'Prince Mateen' lainnya gitu😂," kata warganet yang lain.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Momen Erick Thohir Bertemu Pangeran Mateen

"Pak Erick dengar suara "Kretek" iya itu suara patah hati para fans Prince Mateen 💔💔💔,” ujar warganet lainnya.

"Pak, kalau hadir begini pake amplop ato qris 🤭," komentar warganet lainnya.

Erick sepertinya ciukup dekat dengan Pangeran Mateen yang pernah beberapa kali ke Indonesia. Beberapa bulan lalu, ia membagikan momen dirinya bertemu dengan Pangeran Abdul Mateen bin Hassanal Bolkiah dan menyinggung soal hari patah hati. Saat itu sudah beredar kabar kalau Pangeran Mateen akan melepas masa lajangnya pada Januari 2024.

"Di tengah jamuan makan siang KTT ASEAN-Gulf Cooperation Council (GCC) di Riyadh, Arab Saudi, saya bertemu Pangeran Abdul Mateen bin Hassanal Bolkiah," tulisnya dalam unggahan pada 20 Oktober2023. "Dengar-dengar Januari nanti akan ada Hari Patah Hati Internasional ya?," lanjutnya.

Pria 53 tahun ini pun pamer pose bareng Pangeran Abdul Mateen saat menghadiri KTT ASEAN-Gulf Cooperation Council (GCC) pada Oktober 2023. Konferensi Tingkat Tinggi yang dihadiri Pangeran Abdul Mateen ini digelar di Riyadh, Arab Saudi. Dalam foto tampak keduanya mengenakan kemeja putih dibalut setelan jas berdasi sembari tersenyum tipis ke kamera.

3 dari 4 halaman

Presiden Jokowi di Pernikahan Pangeran Mateen

Sementara itu, Presiden Jokowi juga menyaksikan langsung ritual tradisi pernikahan kerajaan di barisan depan, berdampingan dengan Ratu Bhutan Jetsun Pema pada Minggu, 14 januari 2024. Ia bahkan sempat berbincang dengan Ratu Bhutan di sela acara.

Jokowi hadir tanpa didampingi Ibu Negara Iriana. Ia mengenakan setelan jas hitam dengan dasi berwarna biru selama acara yang dikenal dengan nama Majlis Istiadat Bersanding Pengantin Diraja atau Royal Bersanding Ceremony. Upacara adat itu tepatnya berlangsung di Balai Singgasana Indra Buana, di lingkungan Istana Nurul Iman.

Mengutip penjelasan presenter Alina Ali dalam tayangan Royal Televisi Brunei (RTB) di saluran Youtube RTB News, nama balai itu merujuk pada singgasana emas yang diletakkan di dalam ruangan. Terdapat kaligrafi ayat suci Alquran di atasnya sebagai tanda bahwa pengaruh Islam pada Kerajaan Brunei Darussalam.

Acara yang berlangsung pada Minggu pagi itu disebut dihadiri sekitar 5.000 tamu. Ritual dimulai dengan menyalakan dian alias lilin besar berwarna kuning yang disebut dian empat oleh awang-awang. Selanjutnya, sepasang awang-awang lain datang menaruh kasur namat di tengah dian empat.

4 dari 4 halaman

Gelar untuk Istri Pangeran Mateen

Sultan Hassanal Bolkiah dan Permaisuri Saleha sebelumnya memasuki aula didampingi oleh Sultan Malaysia Ibrahim dan istri, serta Raja Bhutan Jigme Khesar Namgyel Wangchuck dan Ratu Jetsun Pema. Masing-masing mengenakan busana kebesaran.

Setelah lilin dinyalakan, sejumlah bangsawan senior pun menjemput pasangan pengantin baru untuk duduk di singgasana. Anisha Rosnah yang mengenakan gaun putih lengan panjang dengan rok potongan A masuk lebih dulu. Setelah itu, Pangeran Mateen yang mengenakan seragam militer beratasan putih masuk didampingi sejumlah bangsawan.

Sebelum duduk di singgasana, Sultan Hassanal Bolkiah menyambut putra ke-10nya di tangga dekat singgasana. Ia menggandengnya menuju Anisha yang sudah menunggu di singgasana.

Sultan kemudian mengarahkan tangan putranya ke kepala Anisha. Di belakang mereka, seorang ulama memandu pembacaan shalawat kepada Nabi Muhammad sebagai doa dan tanda restu dari orangtua. Di luar istana, meriam ditembakkan oleh tentara istana sebanyak 17 kali sebagai tanda pengumuman. Diumumkan pula bahwa gelar Anisha Rosnah berubah. Dari sebelumnya bergelar dayang, Anisha kini resmi menjadi Pengiran Anak Istri Anisha Rosnah.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini