Sukses

Rekomendasi Olahraga yang Bisa Dilakukan di Atas Kasur, Bisa Dicoba Oleh Kaum Rebahan

Ternyata ada beberapa alternatif olahraga sehat yang tetap bisa dilakukan di atas kasur. Mau tahu apa saja itu?

Liputan6.com, Jakarta Menjalani gaya hidup sehat bisa dilakukan salah satunya dengan sering berolahraga. Sayangnya, semakin banyak orang yang saat ini tidak tertarik dengan kegiatan sehat tersebut karena adanya beberapa alasan. Misalnya saja sudah terlanjur capek karena seharian bekerja. Bisa juga cuma sekedar malas pindah tempat karena sudah terlanjur betah rebahan di atas kasur.

Nah, buat kamu yang suka rebahan, ternyata ada beberapa alternatif olahraga sehat yang tetap bisa dilakukan di atas kasur. Rekomendasi olahraga ini pun dapat dilakukan setiap saat, baik di pagi atau di malam hari. Mau tahu apa saja jenis olahraga yang dimaksud? Simak informasinya berikut ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Pillow Exercise

Rekomendasi olahraga pertama yang bisa kamu coba di atas kasur adalah pillow exercise. Untuk melakukannya, kamu dapat berbaring terlebih dahulu dengan posisi tubuh telentang lurus. Setelah itu, letakkan sebuah bantal kecil di antara kaki. Angkat bantal tersebut menggunakan kaki hingga bagian atas dan bawah tubuh membentuk sudut 90 derajat. 

Pertahankan posisi seperti ini selama 10 menit dan lalu turunkan kaki. Lakukan pengulangan sebanyak 3-4 kali dalam satu set, karena olahraga ini dapat bermanfaat untuk mengencangkan otot paha bagian dalam.

3 dari 5 halaman

2. Half Bridge

Olahraga selanjutnya yang tak kalah menyehatkan dan dapat dilakukan di atas kasur yaitu half bridge. Hal yang harus dilakukan pertama adalah berbaring dalam posisi telentang dan tempatkan kedua kaki di tempat tidur. Setelah itu, kamu bisa menekuk lutut dan membuka kaki selebar bahu. 

Angkat bokong secara perlahan dan dorong hingga bahu, pinggul, dan lutut berada dalam satu garis. Pertahankan posisi tersebut selama 30 detik dan turunkan kembali tubuh setelahnya. Lakukan repetisi sebanyak 3 kali dan pastikan kamu mengatur pernapasan dengan baik serta menahan perut selama latihan berlangsung.

4 dari 5 halaman

3. Plank

Selain di matras, plank nyatanya dapat dilakukan juga di atas kasur, lho. Untuk memulainya, pastikan kamu sudah berada pada posisi push up. Kemudian, letakkan kedua tangan lurus sejajar dengan bahu. Posisikan pula siku dengan lurus. Lalu, perhatikan posisi tubuh agar tetap sejajar dari bagian kepala hingga ujung kaki. Pertahankan posisi ini selama 3-5 menit dan lalu rilekskan tubuh. 

5 dari 5 halaman

4. Reverse Crunches

Rekomendasi olahraga terakhir yang bisa kamu coba di atas kasur adalah reverse crunches. Latihan ini diyakini dapat bermanfaat untuk melatih otot perut bagian bawah. Nah, untuk melakukannya, kamu dapat berbaring dulu dengan posisi telentang dan tangan di kedua sisi tubuh. Selanjutnya, posisikan kedua tangan di bawah bokong. 

Satukan kedua kaki, dan jaga posisinya dalam keadaan lurus. Lalu, angkat kaki ke arah wajah perlahan menggunakan otot perut. Ketika mengangkat kaki, punggung tetap lurus dan menempel di kasur. Perlahan turunkan kaki, rasakan otot perut bekerja. Lakukan repetisi 10 kali sebanyak 3 set.

Melibatkan diri dalam olahraga di atas kasur tidak hanya memudahkan integrasi aktivitas fisik ke dalam rutinitas harian saja, tetapi juga dapat memberikan manfaat kesehatan yang signifikan. Penting untuk diingat bahwa konsistensi adalah kunci keberhasilan. Dengan menggabungkan rekomendasi ini ke dalam rutinitas sehari-hari, kamu pasti dapat menjaga kesehatan tubuh dan pikiran tanpa harus meninggalkan kenyamanan rumah.

Selain itu, demi bisa berolahraga dengan nyaman dan tenang seperti penjelasan di atas, pastikan pula kamu memilih jenis kasur yang tepat. Perhatikan kualitasnya, termasuk aspek keempukan, kelembutan, dan sebagainya. Dengan begitu, olahraga di atas kasur pun akan jadi aktivitas yang menyenangkan dan bikin betah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini