Sukses

Kampanye di Bali, Gibran Rakabuming Pakai Kemeja dan Sepatu Lokal yang Harganya Terjangkau

Selain kemeja, sepatu Wali Kota Solo Gibran Rakabuming juga buatan lokal. Sepatu itu adalah Aerostreet Hoops Low yang juga dikenakan Gibran dalam acara debat cawapres pada 23 Desember 2023 lalu.

Liputan6.com, Jakarta - Calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka menghadiri kampanye Pilpres 2024 di Bali pada Selasa, 9 Januari 2024. Penampilannya saat berkunjung ke Bali ini kembali menarik perhatian.

Selama di Pulau Dewata, Gibran Rakabuming melakukan sejumlah kegiatan. Salah satunya adalah 'Samsul Sansetan'. Pada kegiatan itu, Gibran yang didampingi sang istri, Selvi Ananda, terlihat menjajal sepeda motor custom milik seorang pengendara.

"Rame - rame bareng warga, anak - anak muda, pelaku kreatif sansetan di Bali. Pake dikasi nyanyi bareng lagi ah … jadi mellow Kakak. Fix jadi anak senja," tulis Gibran di akun Instagram @gibran_rakabuming, 9 Januari 2024. Bukan hanya aksi naik motor yang menjadi perhatian, outfit Gibran juga menarik atensi.

Ia terlihat memakai kemeja tangan pendek bermotif warna biru, celana panjang hitam dan sepatu.kasual hitam putjh. Seteah ditelusuri di media sosial, kemeja Gibran adalah brand lokal M7B berjenis M7B Checkerboard Monogram Denim Short Sleeve Shirt. Melansir toko online Tokopedia, kemeja yang didominasi warna biru dijual seharga Rp359 ribu.

Sepatu Wali Kota Solo itu juga buatan lokal. Sepatu itu adalah Aerostreet Hoops Low yang dibanderol Rp149.900. Gibran juga mengenakan sepatu ini dalam acara debat cawapres yang digelar pada 23 Desember 2023 lalu.

Sekilas orang akan mengira bahwa sepatu yang dipakai Gibran mahal dan branded, tapi ternyata sepatu bercorak hitam putih itu berasal dari brand lokal Aerostreet. Hal tersebut terungkap dari unggahan yang ada di lini media sosial.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sepatu Gibran Jadi Sorotan

Dalam rekaman video lengkap di YouTube, sebelum debat dimulai Gibran berjalan masuk bersama Prabowo. Dalam busana biru muda, keduanya melambaikan tangan ke arah pendukung.

Sepatu bertali yang dipadukan bersama celana hitam itu memang nampak kasual dan santai. Saat mencari tahu jenisnya hanya tertera tulisan Aero Street Hoops Low yang tersedia juga dalam warna abu-abu.

Di situs Tokopedia dan Shopee, sepasangnya sekitar Rp139.000 yang merupakan harga diskon. Harga asli sepatu tersebut berkisar Rp279.000. Banyak warganet yang berkomentar tentang sepatu yang dipakai anak Presiden Joko Widodo tersebut.

Sejumlah warganet berharap harganya tidak naik lantaran pernah dipakai oleh calon wakil presiden nomor urut 2 itu. "Harapanku setelah sepatu Aerostreet dipake mas Gibran nggak naik harga," tulis seorang warganet.

Beberapa bulan sebelumnya, Gibran sempat mengumumkan kolaborasi dengan Aerostreet untuk membuat sepatu bertema batik yang dirilis 2 Oktober 2022 bertepatan dengan Hari Batik Nasional. Proyek kolaborasi tersebut diumumkan Gibran lewat akun media sosial Twitter dan Instagram pribadinya.

3 dari 4 halaman

Sepatu Motif Batik

"Aerostreet X @gibran_rakabuming. Kolaborasi pertama Aerostreet yang bertema batik akan diproduksi secara reguler, agar bisa dinikmati lebih banyak orang‼️ FIRST UNLIMITED COLLABORATION‼️" keterangan di video yang diunggah putra sulung Presiden Joko Widodo tersebut pada Sabtu, 1 Oktober 2022.

Di keterangan tertulis, sepatu bermotif batik tersebut tersedia dalam ukuran 37-46 dan dijual dengan harga Rp179.900. Pada video singkat yang memperlihatkan bagaimana proses kolaborasi,

Kakak Kaesangf Pangarep itu mengungkapkan, "Kalau saya pengennya makin banyak orang yang bisa beli, jadi kuantitasnya harus gede supaya semua orang bisa menikmati".

Kala itu warganet tampak antusias dan ingin membeli, lantaran banyak yang masih menanyakan bisa dibeli di mana padahal Gibran sudah menuliskannya eksklusif melalui TikTok Aerostreet. Ada pula yang menanyakan khusus untuk pria atau wanita dan hal tersebut pun ikut dibalas akun resmi Aerostreet.

"SIZE 46!?!! OTW BESOK BELI!," tulis seorang warganet.  "Mantap batik mendunia, salam dari kota batik," komentar warganet lainnya.

 

4 dari 4 halaman

Gibran Bagikan Sepatu Gratis

Selama menjabat sebagai Wali Kota Solo, Gibran kerao mendukung kegiatan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Hal itu terlihat dari berbagai kegiatan pria 36 tahuyn itu yang mengajak masyarakat untuk berkumpul. Bersama sebuah produk lokal, Gibran Rakabuming berkolaborasi membagikan sepatu secara gratis. pada Minggu, 4 Juni 2023

Antusiasme masyarakat begitu besar, bukan saja karena Gibran Rakabuming membagikan sepatu gratis tapi juga bisa foto bareng putra sulung Presiden Jokowi. Hal itu diperlihatkan Gibran dalam sebuah video yang diunggah di kanal YouTube Gibran Rakabuming.

Ditemani oleh seorang host, Gibran melontarkan pertanyaan-pertanyaan lucu kepada pengunjung yang datang untuk mendapatkan sepatu secara cuma-cuma. "Siapa nama bapak ibunya Upin Ipin?" Gibran Rakabuming melontarkan pertanyaan yang membuat pengunjung tertawa.

Tak hanya memberikan pertanyaan lucu, Gibran juga memberikan pertanyaan terkait pembangunan kota Solo. Tak sekadar membagikan secara gratis, Gibran Rakabuming juga mengajak masyarakat untuk memilih brand lokal dalam berpenampilan agar bisa memajukan produk dalam negeri.

"Brand lokal kualitas kompetitif dan desain sepatu yang berkarakter ini menjadi produk kebanggaan dalam negeri! Bangga, dukung dan pakai produk lokal,"ujarnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini