Sukses

Megahnya Masjid Sultan Omar Ali Saifuddien, Lokasi Akad Nikah Pangeran Abdul Mateen dan Anisha Rosnah pada 11 Januari 2024

Putra keempat Sultan Brunei Hassanal Bolkiah, Pangeran Abdul Mateen akan segera meminang pujaan hatinya, Anisha Rosnah. Prosesi akad nikah keduanya bakal berlangsung di Masjid Sultan Omar Ali Saifuddien, Bandar Seri Begawan, Brunei pada Kamis, 11 Januari 2024.

Liputan6.com, Jakarta - Putra keempat Sultan Brunei Hassanal Bolkiah, Pangeran Abdul Mateen akan segera meminang pujaan hatinya, Anisha Rosnah. Prosesi akad nikah keduanya bakal berlangsung di Masjid Sultan Omar Ali Saifuddien, Bandar Seri Begawan, Brunei pada Kamis, 11 Januari 2024.

Dikutip dari laman Visit Southeast Asia, Selasa, 9 Januari 2024, nama Masjid Sultan Omar Ali Saifuddien (SOAS) diambil dari nama pembangunnya, Sultan Omar Ali Saifuddien III. Ia adalah ayah dari Sultan Hassanal Bolkiah sekaligus Sultan ke-28 Brunei.

Pembangunan masjid agungnya memakan waktu selama empat tahun dan akhirnya rampung pada 1958. Desainnya sangat dipengaruhi oleh arsitektur Mughal di India.

Hanya bahan terbaik yang digunakan dalam konstruksi masjid yang berlokasi di Lambak Kanan BS8711, Brunei ini. Beberapa bahan yang menghiasi masjid mulai dari granit Shanghai dan marmer Italia, lampu gantung kaca patri dan kristal dari Inggris, karpet halus dari Arab Saudi dan kubah berlapis daun emas.

Desainnya sendiri menggabungkan sentuhan asli lokal, seperti pilar mirip tali yang mengingatkan kita pada "kalat" (tali tebal) Brunei dan replika mahligai (tongkang kerajaan) Brunei abad ke-16 di kolam pantulan di luar masjid. Pengunjung non-Muslin diizinkan masuk pada:

Senin-Rabu

Sabtu-Minggu

Pukul:

08.30-12.00

13.30-15.00

16.30-17.30

Kamis

Pukul:

16.30-17.30.

Keheningan harus dijaga setiap saat, sepatu harus dilepas dan jubah akan diberikan kepada pengunjung untuk dikenakan saat berada di dalam masjid. Pengunjung juga dilarang mengambil foto orang yang sedang berdoa dan flash kamera.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sekitar Masjid Sultan Omar Ali Saifuddien

Dikutip dari Lonely Planet, Selasa, 9 Januari 2024, masjid ini dikelilingi oleh laguna buatan yang berfungsi sebagai kolam pemantul, mencerminkan kubah emasnya yang berkilauan. Karena ini adalah Brunei, interiornya hampir sama mewahnya dengan eksteriornya.

Ada penggunaan mosaik kaca berjumlah 3,5 juta keping yang dilapisi daun emas asli menutupi kubah utama. Menara masjid setinggi 52 meter menjadikannya bangunan tertinggi di pusat Bandar Sri Begawan.

Rupanya gedung Bank Islam Brunei di dekatnya awalnya melebihi ketinggian ini sehingga lantai teratasnya dibongkar atas perintah Sultan. Menjelang malam, Taman Mahkota Jubli Emas di belakang masjid menjadi pusat kehidupan kota Bandar.

Mengutip Brunei Tourism, Taman Mahkota Jubli Emas adalah taman tepi sungai seluas 12 hektare yang terletak di samping Masjid Agung Omar Ali Saifuddien dan desa perairan yang tenang, Kampong Ayer. Nikmati berjalan-jalan menyusuri kawasan pejalan kaki, di mana Anda dapat berjemur di taman tenang yang penuh dengan pohon tulip dan baobab. 

Banyak keluarga berkumpul untuk berjalan kaki, jogging, menerbangkan layang-layang, dan berkeliling dengan kereta kayu sewaan seharga 10 dolar Brunei (sekitar Rp116 ribu) per jam. Di belakang taman, terdapat jembatan penyeberangan yang melintasi Sungai Kedayan ke desa-desa panggung di tepi utara Sungai Brunei.

3 dari 4 halaman

Rangkaian Prosesi Dimulai dengan Lamaran Kerajaan

Menjelang hari bahagia Pangeran Abdul Mateen dan Anisha Rosnah, rangkaian prosesi dimulai pada Minggu, 7 Januari 2024 dengan lamaran kerajaan. Dikutip Hello Magazine, Jumat, 5 Januari 2024, akad nikah keduanya bakal digelar pada Kamis, 11 Januari 2024. Namun, rangkaian prosesinya akan memakan waktu hingga 10 hari, yakni 7 hingga 16 Januari 2024.

Acara lamaran dimeriahkan dengan pertunjukan para musisi kerajaan. Sementara, akad nikah akan dilaksanakan beberapa hari kemudian di Masjid Sultan Omar Ali Saifuddien. Pada 14 Januari 2024, keduanya akan melangsungkan pesta resepsi yang diikuti dengan perjamuan kerajaan berkilauan dan parade yang akan mengundang tamu dari seluruh dunia. 

Sebelumnya, Pangeran Abdul Mateen membagikan potret dirinya dan calon istri. Momen manis itu terabadikan dalam sebuah potret yang diunggah pangeran berusia 32 tahun itu melalui akun Instagram pribadi. Dalam potret, Pangeran Abdul Mateen tampil dalam balutan kemeja putih lengan panjang dipadu setelan warna gelap.

Sembari tersenyum ke arah kamera, satu tangannya masuk ke dalam saku celana. Ia didampingi calon istrinya juga tersenyum manis ke arah kamera.

4 dari 4 halaman

Potret Anisha Rosnah Berhijab Jelang Pernikahan dengan Pangeran Mateen

Perempuan yang juga dikenal dengan nama Anisha Isa-Kalebic tak kalah mencuri atensi dengan mengenakan blazer dan celana bernuansa ivory. Rambut panjangnya dibiarkan tergerai indah.

Anisha Isa juga tampil dengan polesan riasan dan mengenakan aksesori perhiasan mulai dari anting-anting, cincin, hingga gelang. "Wishing you all the best for 2024 💫," bunyi keterangan dalam unggahan yang dibagikan Pangeran Mateen pada 31 Desember 2023.

Potret Anisha berhijab pun menjadi perbincangan hangat di jagat maya. Potret yang dijepret oleh fotografer Muash Rosman tersebut dibagikan oleh desainer Teh Firdaus di akun Instagramnya. Dalam unggahan itu terlihat Anisha berbalut baju kurung putih dengan bordiran di lengan tangan serta bawah baju.

Baju kurung yang dikenakan pujaan hati Pangeran Abdul Mateen itu terdiri atas atasan lengan panjang dan rok panjang. Anisha juga tampak berhijab putih.

Menurut keterangan desainer, baju kurung Anisha terbuat dari tenunan Brunei. Potret anggunnya itu diabadikan saat momen Khatam Al-Qur'an.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini