Sukses

Pengakuan Mengejutkan Eca Aura, Sering Nangis dan Pernah Melukai Diri Sendiri Saat SMA

Eca Aura sedang banyak disorot karena kedekatannya dengam Alam Ganjar, putra mantan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Di balik sikap cerianya, Eca mengaku pernah menyakiti diri sendiri hingga butuh bantuan psikolog saat masa terpuruknya.

Liputan6.com, Jakarta - Selebgram Elsa Japasal atau dikenal Eca Aura sedang banyak disorot karena kedekatannya dengam Alam Ganjar, putra mantan Gubernur Jawa Tengah dan salah satu capres (calon presiden) di Pilpres 2024, Ganjar Pranowo. Namun siapa sangka, Eca Aura mengaku pernah menyakiti diri sendiri hingga butuh bantuan psikolog saat masa terpuruknya.

Kejadian tidak mengenakkan ini dialami saat dirinya masih di bangku SMA. Hal itu diungkapkan Eca dalam acara bincang-bincang yang videonya diunggah di kanal YouTube Superyouth ID. Eca yang juga menjadi Brand Ambassador tim esport ini merasa dengan menyakiti diri sendiri dia bisa mengalihkan rasa sedihnya.

"Aku bingung, aku kenapa sih, kayak sakit, sedih, enggak happy, ya udah cutting, kan rasanya pedih-pedih gitu kan, jadi ke-distract gitu," kenang Eca, dikutip dari video tersebut, Senin, 8 Januari 2024. Selani melukai diri sendiri, Eca juga pernah memukul-mukul diri sendiri sampai lebam.

"Kalau cutting kan bertanda, kelihatan ada garis-garis gitu. Habis itu aku udah enggak cutting, tapi aku pukul-pukul badanku sendiri, kan enggak bertanda tapi biru-biru aja," kata Eca. Orangtua Eca akhirnya tahu tindakan tersebut.

Mereka kemudian mengajak putrinya untuk berkonsultasi dengan psikolog. Menurut Eca, psikolog yang membantunya keluar dari keterpurukan itu memakai metode pendekatan agama.

Meski begitu, ia mengaku selama berkonsultasi dengan psikolog dilakukan dengan sangat santai. Pertemuan untuk konsultasi ini bahkan dilakukan di kafe. Namun, Eca butuh waktu cukup lama agar mau menceritakan masalahnya.

"Aku butuh beberapa kali pertemuan dulu buat bisa open up. Pas udah bisa open, terus langsung nangis. Baru tahu ternyata karena ini," tutur dara berusia 22 tahun ini.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pengalaman Buruk Eca Saatr SMA

"Emang aku dari dalamnya itu insecure, enggak percaya diri sama diri sendiri, apalagi kalo dapat lingkungan yang kurang mendukung," terang Eca. Tekanan yang didapatkan Eca semakin lama semakin bertambah.

Gangguan mental yang dirasakan Eca ternyata berawal karena pengalaman masa SMA yang buruk. "Kenapa enggak ada yang bisa jadi teman aku, aku salah apa. Makanya sekarang aku enggak pernah kontak lagi sama teman-teman SMA," ungkapnya.

Eca mengaku bukan mengalami perundungan yang sampai melukai fisik. Namun teman-temannya di SMA tidak memperlakukannya dengan semestinya.

"Orang-orang bilang SMA so fun, tapi buat aku nggak menyenangkan sama sekali. Aku nangis setiap hari minta pindah sekolah," ujarnya.

Eca kerap dibicarakan teman-temannya di belakang Ia bahkan pernah dituding merebut pacar kakak kelasnya, padahal Eca sendiri tidak kenal dengan mereka. Pengalaman buruk selama SMA inilah yang kemudian berdampak pada mental Eca hingga ia pernah menyakiti diri sendiri.

 

3 dari 4 halaman

Rasa Insecure Eca Mulai Memudar

Namun, ketika Eca Aura terjun ke dunia hiburan khususnya esport dan kreator konten, rasa insecure dalam dirinya pun perlahan memudar karena banyaknya apresiasi yang diterima olehnya.

"Begitu aku terjun di dunia ini, ternyata kayak ada orang-orang yang appreciate aku for being who i am, aku merasa bisa jadi diriku sendiri," pungkasnya.

Kedekatan Eca dengan anak Ganjar Pranowo membuat penasaran sejumlah warganet yang belum mengenalnya. Dirangkum dari berbagai sumber, Eca Aura lahir di Makassar pada 14 November 2001.

Meskipun lahir di Makassar, Eca tumbuh besar di Malang, Jawa Timur. Setelah menyelesaikan studinya di SMA Katolik Rajawali, ia melanjutkan pendidikannya di Taylor’s University. Namun karena pandemi dan alasan pribadi, ia tidak melanjutkan kuliah.

Selain itu, Eca juga disebut-sebut sebagai anak konglomerat. Ayahnya bernama Erwin Japasal yang merupakan pengusaha sukses asal Malang dan menaungi beragam bisnis. Ada bisnis alat tulis, oleh-oleh, hingga alat kesehatan.

4 dari 4 halaman

Eca dan Alam Tonton Konser TWICE

Belum lama ini, Muhammad Zinedine Alam Ganjar nonton konser TWICE di Jakarta International Stadium (JIS) pada Sabtu, 23 Desember 2023. Tidak sendiri, ia kedapatan menikmati konser K-pop itu bersama Eca Aura.

Di video yang dibagikan akun X, dulunya Twitter, @oseeanic, Alam tidak melewatkan kesempatan menikmati pengalaman konser grup asuhan JYP Entertainment tersebut. Seperti kebanyakan penonton, ia mengikuti sesi dance saat pertunjukan sebentar rehat di panggung utama.

Sebagaimana diketahui, saat itu penonton dipersilakan berdiri dan menari sesuai koreografi lagu TWICE yang diputar. Nantinya, aksi penonton terpilih akan ditayangkan di layar besar di panggung. Di klip tersebut, Alam salah satunya terlihat dengan luwes ikut memperlihatkan kemahirannya dance lagu CHEER UP.

"Ga pernah kan lu liat mas Alam joget TWICE," kata si pemilik akun pengunggah video yang dimaksud. Klip itu kian menarik perhatian ketika tersebar luas, bahkan sampai menyeberang ke TikTok, yang mana salah satunya dibagikan akun @alamecaluv.

Mendapati rekaman tidak biasa, warganet pun memberi komentar beragam. Salah satunya menulis, "Mas Alam ternyata ONCE (sebutan penggemar TWICE) juga." "Mana mba Eca Aura di samping ngeliat sambil senyum🤣🤣," ujar warganet lainnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.