Sukses

3 Resep Nasi Tim Ayam, Menu Lezat Bisa Masak Pakai Rice Cooker

Menu nasi tim ayam yang merupakan hidangan China-Indonesia yang sebenarnya mudah sekali ditemukan di restoran Cina di Indonesia. Namun sesekali cobalah membuatnya di rumah untuk menu sekeluarga.

Liputan6.com, Jakarta - Masyarakat di kawasan Asia sudah terbiasa dengan menu nasi dan mi. Utamanya di Indonesia menu nasi hampir selalu jadi makanan pilihan pertama, tak heran kalau alkulturasi menu nasi sangat mudah diterima.

Seperti menu nasi tim ayam yang merupakan hidangan China-Indonesia yang sebenarnya mudah sekali ditemukan di restoran Cina di Indonesia. Mengutip dari laman Resep Koki, Sabtu, 6 Januari 2024, nasi ayam tim adalah nasi yang dikukus bersama ayam yang sudah dibumbui.

Untuk sebagian orang, hidangan ini dianggap sebagai makanan yang menenangkan perut. Penasaran ingin membuatnya sendiri di rumah? berikut 3 resep nasi tim ayam yang dirangkum dari laman berbagi Cookpad.

Nasi Tim Ayam dari akun @vtiara18_

Bahan-bahan:

Bahan ayam

500 gr paha ayam fillet, potong kotak-kotak

150 gr jamur merang

5 siung bawang putih

5 siung bawang merah

2 ruas jahe

2 batang daun bawang

2 sdm saus tiram

1 sdm kecap asin

1 sdm kecap ikan

3 sdm kecap manis

1 sdt kaldu bubuk

1 sdt penyedap

1 sdt garam

1/2 sdt merica

Bahan pelengkap:

telur ayam rebus

Bahan nasi:

400 gr beras

800 ml air

3 butir bawang putih geprek

1 jempol jahe geprek

2 sdt kaldu bubuk

1 sdt penyedap (me ganti kaldu bubuk)

Langkah Pembuatan:

  1. Masak bahan nasi hingga setengah matang, sisihkan.
  2. Bikin tumisan ayam jamur, lalu masak bawang putih, bawang merah, jahe hingga wangi, masukkan ayam, tumis hingga matang.
  3. Tambahkan daun bawang, jamur, saus tiram, kecap asin, kecap ikan, kecap manis, dan bumbu lainnya, aduk dan masak hingga lengket, tapi masih ada airnya sedikit.
  4. Letakkan telur pada wadah, masukkan ayam jamur tadi, dan terakhir nasi.Langkah 5Siram 2 centong air diatas nasi, kukus selama 20 menit.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Nasi Tim Ayam Rice Cooker

Selanjutnya adalah resep Nasi Tim Ayam Rice Cooker oleh akun @alienfalicia

Bahan-Bahan:

Bahan Ayam kecap

1/2 kg daging ayam giling

5 biji bawang putih

1 sdm kecap manis

1 sdm kecap asin

1 sdm minyak ikan

1 sdm minyak ayam (diskip boleh)

1 sdm saos tiram

secukupnya minyak sayur

10 sdm air

Bahan Nasi:

lembar daun jeruk

2 lembar daun salam

2 gelas beras

secukupnya air

Langkah Pembuatan:

  1. Siapkan wajan untuk memasak ayam, masukan minyak goreng secukupnya tunggu hingga panas, masukan bawang putih tumis hingga harum dan berwarna emas.. masukan daging ayam giling tunggu hingga setengah matang.
  2. Setelah ayam setengah matang masukan kecap manis, kecap asin, minyak ayam, minyak ikan, saos tiram, tambahkan gula, garam, penyedap rasa, kasih air kemudian kecilkan api lalu tunggu hingga air sedikit kering dan matang. Kemudian sisihkan.
  3. Cuci beras hingga bersih, tuang beras ke dalam rice cooker dan masukan ayam kecap yang sudah matang kedalam beras atau datas beras, tambahkan kuah ayam kecap dan daun jeruk daun salam. Lalu beri sedikit air seperti masak nasi biasa tambahkan sedikit garam dan penyedap.
  4. Sekarang tinggal colok rice cooker dan tunggu hingga matang deh, akan lebih enak ditambah kerupuk udang dan bawang goreng diatas nasi tim

Tips:

Air yang dimasak kedalam ayam jangan terlalu banyak, karena ayam akan mengeluarkan air lagi.

Masak nasi tim rice cooker akan sedikit hitam dibawahnya karena ada kecap manis, sehingga ambil nasi jangan terlalu ke bawah, ayam berguna untuk membuat nasi tim akan lebih harum.

3 dari 3 halaman

Nasi Tim Ayam

Berikutnya adalah resep nasi tim ayam dari akun @xanderskitchen

Bahan-Bahan:

1 ekor ayam kampung, potong agak kecilan

800 gram beras

6 siung bawang putih, cincang

2 jempol jahe, iris tipis

3 sdm arak masak/angciu

1 sdm minyak wijen

secukupnya garam

1 sdt merica

1500 ml air

Langkah Pembuatan:

  1. Tumis bawang putih dan jahe sampai harum, masukkan ayam. Masukan arak, lalu aduk rata. Tambahkan minyak wijen, tuang air. Masak sampai ayam empuk lalu angkat dan sisihkan ayamnya.
  2. Sisakan 1 liter kaldu ayam di wajan. Masukkan beras yg sudah dicuci bersih ke dalam kaldu ayam. Tambahkan garam dan merica. Aduk dan aron beras sampai kaldunya terserap habis. Aron sambil diaduk-aduk karena kalau tidak diaduk nanti berasnya akan lengket di wajan.
  3. Setelah beras selesai diaron, masukkan kembali ayam. Aduk rata. Pindahkan ke dalam kukusan, lalu kukus sampai matang.
  4. Nasi tim sudah matang. Sajikan dengan kecap asin dan cabai rawit potong, serta acar timun.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.