Sukses

Jembatan Golden Gate di San Fransisco AS Kini Dilengkapi dengan Jaring untuk Cegah Bunuh Diri

Jembatan Golden Gate adalah salah satu landmark paling ikonik di dunia. Namun Jembatan Golden Gate memiliki sisi gelap dan kini dilengkapi dengan jaring agar menghindari kejadian bunuh diri di tempat itu.

Liputan6.com, Jakarta - Jembatan Golden Gate adalah salah satu landmark paling ikonik di dunia. Namun Jembatan Golden Gate memiliki sisi gelap dan kini sedang mengalami perubahan besar.

Mengutip dari news.com.au, Sabtu (6/1/2024), jaring pencegahan bunuh diri telah selesai dipasang di Jembatan Golden Gate yang ikonik di San Fransisco setelah ribuan kematian dan seruan perubahan selama puluhan tahun. Jaring logam besar telah dipasang di sekitar 95 persen jembatan ikonik AS, dengan lebar enam meter dan panjang 2,7 km.

"Tujuan jaring ini adalah untuk mengurangi jumlah kematian yang terkait dengan individu yang melompat dari Jembatan," kata Distrik Jalan Raya dan Transportasi Jembatan Golden Gate dalam sebuah pernyataan.

"Jaring merupakan desain yang telah terbukti menghalangi orang untuk melompat, berfungsi sebagai simbol kepedulian dan harapan bagi individu yang putus asa, dan jika perlu, menawarkan kesempatan kedua kepada orang-orang," katanya.

Hampir 2000 orang diketahui telah melompat hingga tewas sejak jembatan tersebut dibuka pada tahun 1937. Jaring ini pertama kali disetujui oleh pejabat kota lebih dari satu dekade lalu pada 2014 sebelum pengerjaan dimulai pada 2018.

Baru sekarang konstruksinya telah selesai sepenuhnya, dengan menelan biaya biaya sekitar 224 juta dolar AS atau setara Rp3,4 triliun. Dennis Mulligan, manajer umum jembatan tersebut, mengatakan jaring yang terbuat dari baja tahan karat dan air laut itu akan terasa seperti "melompat ke parutan keju".  

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Menyelamatkan Nyawa

"Itu tidak lembut. Ini bukan karet. Itu tidak meregang," kata Mulligan kepada Associated Press. Ia melanjut, "Kami ingin orang-orang tahu bahwa jika Anda datang ke sini, akan terasa sakit jika Anda melompat untuk bunuh diri." 

Distrik Jalan Raya dan Transportasi Jembatan Golden Gate mengatakan penambahan baru telah membantu menyelamatkan nyawa. Pada tahun 2023, ketika proyek ini hampir selesai, terdapat 14 kasus bunuh diri yang dikonfirmasi, mengurangi jumlah kematian lebih dari setengahnya.

Kevin Hines, salah satu dari sekitar 40 orang yang selamat setelah melompat dari jembatan, merupakan salah satu suara yang menyerukan perubahan.

Dia berusia 19 tahun ketika dia melompati jalan setapak pada bulan September 2000, mematahkan tulang punggungnya dan mematahkan pergelangan kakinya.

"Seandainya jaring itu ada di sana, saya akan dihentikan oleh polisi dan mendapatkan bantuan yang saya perlukan segera dan punggung saya tidak akan pernah patah, tiga tulang belakang saya tidak akan patah, dan jalur yang saya tempuh tidak akan pernah seperti ini,” katanya kepada Associated Press. 

3 dari 4 halaman

Berharap Dipasang Lebih Awal

Ia menyambung, "Saya sangat bersyukur bahwa sekelompok kecil orang yang berpikiran sama tidak pernah menyerah pada sesuatu yang begitu penting."

Heather Quisenberry, yang kehilangan putranya karena bunuh diri, mengatakan kepada The Guardian bahwa alat pencegah bunuh diri akan menyelamatkannya jika dipasang lebih awal. "Di satu sisi, saya bersyukur jaring yang kita perjuangkan selama ini akan lengkap dan akan menghentikan terjadinya kasus bunuh diri di masa depan di jembatan itu," ujarnya.

"Tetapi di sisi lain, jika alat pencegah bunuh diri dipasang lebih awal, anak saya dan orang lain mungkin tidak akan meninggal," katanya lagi.

Adapun upacara peringatan diperkirakan akan berlangsung pada bulan April untuk menandai selesainya jaring tersebut. Mengutip dari kanal Global Liputan6.com, Sabtu (6/1/2024), Golden Gate Bridge merupakan ikon dari kota San Fransisco yang mendunia. Jembatan ini resmi dibuka untuk umum pada 27 Mei 1937. Jembatan ini menghubungkan San Fransisco dan Marin County di daratan California. 

 

4 dari 4 halaman

Sering Jadi Latar Lokasi Film Hollywood

Menurut situs History, sekitar 18 ribu orang telah berkumpul sejak pukul 06.00 pagi untuk menyaksikan pembukaan Golden Gate ini. Sepanjang hari itu, warga yang penasaran terus bertambah hingga 200 ribu orang.

Mereka datang karena ingin ikut menyeberangi Golden Gate Bridge pada pembukaan ini. Banyak sekolah, kantor, dan toko-toko tutup karena peresmian Golden Gate Bridge dijadikan sebagai Hari Pejalan Kaki.

Hari itu Golden Gate Bridge khusus dibuka bagi pejalan kaki. Hari selanjutnya, barulah kendaraan boleh lewat. Presiden Franklin Delano Roosevelt di Gedung Putih juga memberi deklarasi bahwa Golden Gate Bridge dibuka untuk dunia.

Situs resmi Golden Gate Bridge melaporkan bahwa hampir dua miliar kendaraan telah melalui Golden Gate Bridge selama jembatan ini beroperasi pada 1937. Golden Gate Bridge dibangun pada Januari 1933 hingga Mei 1937. Arsitek utama dari jemabatan ini adalah Jospeh Strauss.

Situs The Culture Trip mengatakan Strauss tak berpengalaman dalam membangun desain besar seperti Golden Gate Bridge. Ia lalu merekrut talenta seperti Leon Moisseiff yang mendesain Jembatan Manhattan, Irving Morrow dan Charles Ellis.

Golden Gate Bridge kerap menjadi latar film-film Hollywood yang tak terhitung jumlahnya. Alfred Hitchcock menjadikan jembatan ini untuk latar di film Vertigo pada 1950-an. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini