Sukses

Annisa Pohan Sebut Putrinya Anak Kolong Sembari Unggah Foto Aira Semasa Bayi, Apa Artinya?

Annisa Pohan membagikan foto dirinya sedang menggendong anak semata wayangnya, Almira Tunggadewi Yudhoyono atau biasa dipanggil Aira, saat masih bayi. Foto itu diambil di halaman rumah dinas AHY ketika masih menjadi anggota TNI.

Liputan6.com, Jakarta - Annisa Pohan kembali unggah foto lama. Kali ini bukan foto sang suami, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), tapi mengunggah foto dirinya ketika baru saja menjadi ibu. Annisa membagikan foto dirinya sedang menggendong anak semata wayangnya, Almira Tunggadewi Yudhoyono atau biasa dipanggil Aira, saat masih bayi.

Annisa mengatakan foto itu diambil di halaman rumah dinas AHY ketika masih menjadi anggota TNI. Wanita berusia 42 tahun itu juga tengah memakai seragam istri TNI, sedangkan Aira memakai baju setelan panjang. "Aira si anak Kolong. Foto di halaman rumah dinas di Karawang," tulis Annisa dalam keterangan unggahan di akun Instagramnya pada Kamis, 4 Januari 2024.

Dalam unggahan tersebut diketahui kalau Aira di foto itu baru berusia lima bulan. Annisa bercerita dirinya dulu sering menyelinap pergi dari acara Persit, sebutan untuk istri TNI, untuk menyusui Aira.

"Disela-sela kegiatan persit selalu nyelinap izin nyusuin ke rumah hihihi… Karawang, 24 Januari 2009 (Yonif 305)," terang Annisa. Foto tersebut cukup curi perhatian warganet, terutama soal istilah "anak kolong" yang disematkan Annisa kepada Aira.

Sejumlah warganet tidak paham dengan istilah tersebut. Istilah itu ternyata tidak jauh kaitannya dengan keluarga TNI. Namun, ada juga yang salfok (salah fokus) dengan wajah Annisa yang terlihat memesona meski tanpa makeup.

"Anak kolong itu apa sih," tanya seorang warganet. "Istilah anak ABRI karena anaknya akan gaul dibesarkan di kompleks ABRI, tidak di rumah bermewah-mewah, segala terbatas," jawab warganet yang lain.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bangga Jadi Anak Kolong

"Sebutan untuk putra putri ABRI terutama AD. Saya dan suami juga bangga jadi anak kolong, didikan keras disiplin, tidak cengeng, berani lawan kalo kita benar... bravo anak kolong," timpal warganet lainnya.

"Kalo anak kolong pasti tau sederhananya ibu-ibu perwira yang jadi bakal jadi panutan anak, kebetulan kayak aku selalu menjadi inspirasi ketika ntar punya suami bakalan jadi ibu-ibu begini," tulis warganet lainnya.

"Tanpa make up aja cantik,,aplg sdh dimake up..👍👍👍,” ujar warganet lainnya mengomentari penampilan menantu mantan presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) itu

Ragam momen bersama keluarga tercinta kerap dibagikan Annisa Pohan melalui akun Instagram pribadinya. Salah satunya, ia kedapatan berbagi deretan potret kenangan ketika ia dan AHY masih jadi sepasang kekasih hampir dua dekade lalu.

Mantan Gadis Sampul itu mengunggah potret tengah duduk di lantai bersama AHY, saat itu mereka masih pacaran. Dua sejoli ini tersenyum manis ke arah kamera dengan bunga papan di belakang mereka. Bunga papan dengan dasar warna hijau dan merah itu bertuliskan, "Congratulations Lettu Agus Harimurti Yudhoyono, with love Annisa Pohan."

3 dari 4 halaman

Annisa Pohan Unggah Foto-Foto Lama

Potret selanjutnya memamerkan keduanya saling menatap satu sama lain. "Baru menyelamatkan data dari komputer lama, menemukan foto ini 😚😚😚😚😚😚 Foto belum menikah, belum lamaran masih unyu-unyunya 😝😝😝😝😝," tulis Annisa dalam unggahan pada Rabu, 3 Januari 2024.

Finalis Gadis Sampul 1997 itu menjelaskan bahwa potret-potret itu diabadikan pada April 2004 saat AHY naik pangkat jadi Letnan Satu (Lettu). Untuk merayakannya, Annisa menghadiahkan ragam kejutan.

"Aku kirim bunga papan (sampe masuk ke dalam rumah sih 🙈🙃) bawa kue, bikin spanduk 🤣🤣🤣, siapin tumpeng, dan BBQ sederhana. Undang perwira-perwira senior dan seangkatan ke rumah dinas sederhana sang letnan," tambahnya.

Perempuan kelahiran 1981 ini melanjutkan bahwa melihat foto-foto tersebut menghangatkan hatinya. "Ketika bahagia itu sederhana, bisa membahagiakan (mantan) pacar," tulis istri AHY itu.

"Muka kami masih kinyis-kinyis, pandangan matanya juga beda ya cara saling pandangnya 😂😂😂😂 ga tahan bgt lihat slide ke-2 🤪😂😅🤣🥰😍😘, ya Allah kenangan indah….masyaAllah tabarakallah," tutup Annisa.

Unggahan perempuan berusia 42 tahun ini pun sukses mencuri atensi, tidak terkecuali dari para pesohor Tanah Air. "Mesh sekali kak, Masyaallah," tulis Chacha Frederica.

4 dari 4 halaman

Annisa Foto Bareng Ibu dan Putrinya

Aliya Rajasa yang juga ipar Annisa menuliskan, "Wkwkwk emang cintaa benerrrr cinta secinta cintanyaaah yaa maamm🤣🤣😇😇🥰🥰. Ashanty juga ikut berkomentar, "Sweet banget sihhh😍😍."

Sebelumnya, Annisa juga membagikan potret tiga generasi, yakni sang ibunda Yanni Mulyaningsih, dirinya, dan putrinya Almira Yudhoyono. Sederet potret tersebut menunjukkan tiga generasi ini kompak berbalut busana berwarna lime. Saat itu, mereka sekeluarga tengah menghadiri pesta pernikahan dengan mengenakan busana nusantara.

Ibunda Annisa tampak berbalut gamis dengan payet di pergelangan tangan, bagian tengah, dan bawah terusannya. Yanni juga memakai hijab dengan warna senada dan menyematkan pin di penutup kepala yang dikenakannya.

Sedangkan Annisa dan Aira, begitu Almira akrab disapa, sama-sama memakai kebaya kutu baru warna senada yang juga berpayet dipadukan dengan kain batik sentuhan hitam dan cokelat. Rambut ibu dan anak ini kompak disanggul modern.Keduanya juga kian menawan dengan pulasan makeup dan pemakaian aksesori, seperti anting-anting dan kalung. Annisa dan Aira juga melengkapi tampilannya dengan menggunakan sepatu hak tinggi.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini