Sukses

Identitas Pelaku Pemerasan Aktor Parasite Lee Sun Kyun Terungkap, Ternyata Mantan Aktris Film

Di tengah investigasi pihak kepolisian untuk mengungkap kasus kematian mendiang aktor Parasite Lee Sun Kyun mulai membuka tabir baru. Identitas wanita yang disebut sebagai pelaku pemerasan ternyata merupakan mantan aktris film.

Liputan6.com, Jakarta - Di tengah investigasi pihak kepolisian untuk mengungkap kasus kematian mendiang Lee Sun Kyun mulai membuka tabir baru. Identitas perempuan yang disebut sebagai pelaku pemerasan ternyata merupakan mantan aktris film.

Mengutip dari laman Kbizoom, Rabu (3/1/2023), menurut sebuah artikel di komunitas online baru-baru ini, pelaku yang merupakan seorang perempuan berusia 20 tahunan itu diketahui memiliki nama keluarga Park. Perempuan yang memeras mendiang aktor Parasite tersebut sebesar puluhan juta won tersebut adalah seorang ibu tunggal.  

Dia diketahui sempat membintangi film independen pada 2012 bertajuk "The Beginning of Misfortune" dan memainkan peran kecil dalam film pendek "Blue Bird" pada 2015. Park ditangkap pada 28 Desember 2023 atas tuduhan memeras 350 juta won dengan mengancam Lee Sun Kyun bersama dengan Kim Nam Hee, seorang kepala sebuah perusahaan hiburan.

Lantaran diancam, Lee Sun Kyun dilaporkan meminta kenalannya untuk segera mengumpulkan uang tunai dan mengirimkan 300 juta won kepada Kim dan 50 juta won kepada Park. Pengadilan Distrik Incheon mengeluarkan surat perintah penangkapan untuk Park, dengan menyatakan risiko pelarian dan penghancuran barang bukti sebagai alasannya.

Pada 30 Desember 2023, YouTuber Caracula merilis informasi pribadi rinci tentang Park. Mereka berkata, "Kami menunggu laporan dari orang-orang yang pernah mengalami penipuan, ancaman, dan rayuan seksual oleh Park."

Park diketahui lahir di Wonju pada 1995. Pelaku pemerasan tersebut tinggal di apartemen yang sama dengan Kim Nam Hee. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Awal Mula Dugaan Pemerasan

Sebagai pelaku pemerasan, Park sering mengaku sebagai seorang hacker. Kini foto wajah Park tanpa mosaik serta nama dan usianya juga telah diungkap.

Sebelumnya telah diberitakan bahwa polisi masih menginvestigasi penyebab kematian Lee Sun Kyun dengan dugaan awal bunuh diri. Tapi, Yonhap News melaporkan adanya dugaan pemerasan terhadap bintang drama My Mister ini oleh dua orang yang disebut sebagai "A" dan "B."

"Perempuan berusia 20-an (A), yang baru-baru ini ditangkap dengan tuduhan pemerasan, melaporkan kecurigaannya pada B, kepala sebuah perusahaan hiburan, pada Oktober tahun lalu," keterangan dari kantor berita Korea Selatan tersebut seperti dikutip dari KBIZoom, Senin, 1 Desember 2023. 

Diketahui A, yang telah dipenjara karena penipuan, bertemu B yang telah dihukum enam kali atas tuduhan narkoba, jadi dekat saat di penjara. Setelah dibebaskan, A tinggal dengan B di sebuah apartemen studio. Namun, keduanya memiliki konflik uang, tahun lalu. 

3 dari 4 halaman

Kasus Narkoba yang Berlarut-larut

Lalu setelahnya, A melaporkan pada polisi bahwa B adalah pecandu narkoba. Kantor Investigasi Kejahatan Narkoba Korea Selatan kemudian mengunjungi Badan Kepolisian Incheon dan memberi bukti, salah satunya helaian rambut B.

Polisi percaya bahwa masalah keuangan dan ancaman terhadap Lee Sun Kyun adalah salah satu alasan laporannya. Ada kecurigaan bahwa A mungkin adalah orang yang mengancam B, tapi polisi tidak mengecualikan kemungkinan pemerasan lain.

Seorang petugas polisi pada Senin, 1 Januari 2024 menegaskan, "Penyelidikan masih berlangsung sehingga kami tidak dapat mengungkap rincian apa pun. Meski Lee Sun Kyun telah meninggal, kami berencana melanjutkan penyelidikan kasus dugaan pemerasan."

Diketahui pada 28 Desember 2023, A ditangkap karena memeras mendiang aktor Lee Sun Kyun sebesar 50 juta won. A dan B telah diselidiki ketika Sun Kyun mengajukan keluhan terhadap mereka. Sampai akhirnya kasus narkoba yang berlarut-larut menbuat Lee Sun Kyun diduga tertekan hingga memilih jalan pintas dengan bunuh diri. 

4 dari 4 halaman

Diduga Meninggal karena Bunuh Diri

Sementara itu, usai ditemukan meninggal dunia pada 27 Desember 2023, pihak keluarga telah menggelar upacara pemakaman aktor tersebut pada Jumat, 29 Desember 2023. Prosesi pemakaman sang aktor digelar secara privat. Mengutip laporan Tim Showbiz, keluarga, teman, dan kolega Lee Sun Kyun mengantarkan sang aktor secara langsung ke peristirahatan terakhirnya. 

Disebutkan bahwa jenazah sang bintang dikremasi dan abunya diletakkan di memorial park yang terletak di Gwangju, berjarak 32 kilometer sebelah tenggara Seoul. Sebelumnya, mengutip Allkpop, jenazah mendiang disemayamkan di rumah duka yang terletak di RS Universitas Nasional Seoul sejak Rabu, 27 Desember 2023.

Istri sang aktor, aktris Jeon Hye Jin, dicantumkan sebagai chief mourner yang menyambut dan menerima ucapan belasungkawa dari para pelayat yang ingin memberikan penghormatan terakhir pada mendiang. Pihak agensi sang aktor, HODU&U Entertainment, sebelumnya telah merilis pernyataan mengenai pemakaman ayah dua anak tersebut.

Pemakaman digelar secara tenang bersama keluarga dan rekan mendiang. Pihak agensi mengimbau agar publik tidak menyebarkan hoaks terkait kepergian sang aktor.

KONTAK BANTUAN

Bunuh diri bukan jawaban apalagi solusi dari semua permasalahan hidup yang seringkali menghimpit.

Bila Anda, teman, saudara, atau keluarga yang Anda kenal sedang mengalami masa sulit, dilanda depresi dan merasakan dorongan untuk bunuh diri, sangat disarankan menghubungi dokter kesehatan jiwa di fasilitas kesehatan (Puskesmas atau Rumah Sakit) terdekat.

Bisa juga mengunduh aplikasi Sahabatku: https://play.google.com/store/ apps/details?id=com.tldigital. sahabatku

Atau hubungi Call Center 24 jam Halo Kemenkes 1500-567 yang melayani berbagai pengaduan, permintaan, dan saran masyarakat.

Anda juga bisa mengirim pesan singkat ke 081281562620, faksimili (021) 5223002, 52921669, dan alamat surat elektronik (surel) kontak@kemkes.go.id.   

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini