Sukses

Warung Kopi Klotok Jogja Dipenuhi Pengunjung di Libur Nataru, Antrean Mobil Sampai Ratusan Meter

Presiden Jokowi dan Iriana Jokowi pernah menikmati waktu akhir pekan dengan mengunjungi Warung Kopi Klotok di Jogja didampingi Kaesang Pangarep dan Erina Gudono.

Liputan6.com, Jakarta - Warung Kopi Klotok di Sleman, Jogja, termasuk destinasi kuliner yang banyak diminati saat ini. Akses menuju warung kopi tersebut bahkan tersendat karena macet parah di masa libur Nataru (Natal dan Tahun Baru). Hal itu ramai dibahas di media sosial.

Dikutip dari akun Twitter atau X, @Jogja Uncover, antrean mobil sepanjang ratusan meter terjadi di akses jalan menuju Warung Kopi Klotok. Tidak hanya mobil, para pengunjung juga antre mengular hingga area parkir.

Warung Kopi Klotok yang berada di Jalan Kaliurang Kilometer 16, Pakem, Sleman, Yogyakarta ini kerap menarik wisatawan setiap liburan tiba karena menawarkan pengalaman makan unik dengan nuansa pedesaan. Dalam beberapa tahun terakhir, tempat makan ini telah menjadi populer di kalangan wisatawan, menjadikannya destinasi wajib di Yogyakarta.

Namun, mencari tempat makan bisa sulit karena warung ini selalu ramai, apalagi sejak didatangi keluarga Presiden Jokowi (Joko Widodo) pada Juni 2023. Dilansir dari laman presiden.go.id, 3 Juni 2023, Presiden Jokowi dan Ibu Iriana Jokowi menikmati waktu akhir pekan pada Sabtu, 3 Juni 2023, dengan mengunjungi Warung Kopi Klotok .

Didampingi Kaesang Pangarep dan Erina Gudono, Jokowi dan Iriana tiba di Warung Kopi Klotok sekitar pukul 09.50 WIB. Di sana, presiden dan keluarga menikmati sejumlah menu yang menjadi ciri khas Warung Kopi Klotok, mulai dari kopi klotok, pisang goreng, sayur lodeh, tempe garit, hingga telur krispi. Jokowi pun memuji kenikmatan rasa dari menu tersebut.

"Enak sekali. Lodehnya, telur krispinya, tempe garitnya," tulis Jokowi di sebuah papan yang memang disiapkan untuk para pengunjung warung tersebut.

Sri Handayani, pemilik warung mengaku sangat bangga warungnya didatangi oleh Presiden Jokowi dan keluarga. Bahkan, ia menyebut Iriana memuji usahanya dalam melestarikan masakan nusantara.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Diapresiasi Iriana Jokowi

"Ibu Iriana senang karena kita kan mempertahankan masakan daerah, mengangkat masakan daerah," kata Sri dalam keterangannya. Ia pun merasa terharu menerima kedatangan Presiden Jokowi dan keluarga sebagai tamu kehormatan di warungnya.

"Membuat haru ya, karena ya Pak Presiden kan baik, dicintai rakyatnya. Jadi siapa yang gak senang ya kedatangan Pak Presiden, merupakan suatu kehormatan," ucapnya. Bukan hanya pemilik warung, masyarakat yang menjadi pengunjung Warung Kopi Klotok juga senang dengan kedatangan Presiden Jokowi dan keluarga.

Salah satunya Diah, pengunjung asal Jakarta yang tidak menyangka bisa bertemu langsung dengan Jokowi dan keluarga. "Gak expect, ini tadi cuma mau sarapan aja terus tadi lihat Paspampres lewat gitu kan ternyata ada Pak Jokowi. Kemarin kan baru di Malioboro, aku pikir gak bakal ke sini ternyata ke sini," terang Diah.

"Senang banget, sama tadi Ibu Iriananya baik banget sih," tambahnya. Hal serupa juga dirasakan Lina pengunjung asal Surabaya yang datang bersama keluarganya. Ia tidak menyangka bisa bertemu Presiden Jokowi dan keluarga saat berlibur ke Yogyakarta.

3 dari 4 halaman

Keluarga Jokowi Swafoto dengan Pengunjung

"Gak nyangka sama sekali, tadi niatnya kita mau breakfast di hotel gak jadi, kesini aja ke Kopi Klotok pagi-pagi, ternyata ada Bapak Presiden. Alhamdulillah tadi dapat foto, dipanggil sama Pak Presiden,” ucap Lina.

Dalam kunjungan tersebut, Jokowi dan keluarga turut menyapa dan melakukan swafoto dengan para pengunjung serta masyarakat yang ada di sekitar Warung Kopi Klotok. Selain itu, Jokowi dan Iriana juga membagikan bingkisan, kaus, hingga buku kepada masyarakat.

Selain warung di Jogja, Presiden Jokowi ternyata juga menjadi pelanggan kedai nasi kapau di Pasar Senen, Jakarta Pusat. Hal itu diketahui dari cuitan di akun Twitter @don_muzakir_ pada Minggu, 3 Desember 2023.

"Inilah Momen Saat Mas Gibran Dan Istri Makan Nasi Kapau Di Pasar Senen. Penjual Nasi Kapau Pasar Senen : " Keluarga Besar Presiden @jokowi Selalu Makan Di Sini, Saat Ini Sudah Lintas Generasi,” tulis cuitan tersebut.

Gibran memang melakukan sejumlah aktivitas di Jakarta, Minggu, 3 Desember 2023. Serangkaian kegiatan itu ditutup dengan menyantap nasi kapau di kawasan Senen, Jakarta Pusat. 

4 dari 4 halaman

Nasi Kapau Langganan Keluarga Jokowi

Gibran Rakabuming berkeliling selama kurang lebih 30 menit, berbelanja dan berdialog dengan beberapa pedagang, didampingi istrinya, Selvi Ananda, dan Wakil Sekretaris Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Aminuddin Ma’ruf. Selepas berkeliling pasar dan membagikan susu serta buku tulis, yang merupakan salah satu program prioritas kampanye pasangan calon nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Ia bersama rombongan lanjut santap siang nasi kapau Senen. Gibran santap siang bersama rombongan, termasuk istrinya. Mereka menyantap beberapa lauk seperti ayam goreng, paru, dan aneka makanan khas Sumatera Barat lainnya yang tersedia.

"Tadi habis dari CFD (hari bebas kendaraan bermotor) terus ke pasar lapar ya, kami langsung ke sini. Nasi Kapau di Senen sudah terkenal ya, tadi pesan paru, dendeng, ayam," kata Gibran usia makan siang, dikutip dari Antara, Minggu, 3 Desember 2023.

Gibran mengatakan cita rasa nasi Kapau yang ada di kawasan Senen tidak perlu diragukan lagi kelezatannya. Area kuliner itu cukup lama populer tidak hanya bagi masyarakat di Jakarta, tetapi juga wisatawan domestik dan mancanegara.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.