Sukses

Taylor Swift Sumbang 138 Ton Emisi Karbon Hanya dalam Waktu 3 Bulan

Taylor Swift sekali lagi menduduki puncak daftar 'selebriti pencemar CO2 terbesar' untuk tahun 2023. Perjalanannya mengakibatkan 138 ton emisi CO2 yang mencengangkan hanya dalam waktu tiga bulan terakhir.

Liputan6.com, Jakarta - Taylor Swift sekali lagi menduduki puncak daftar 'selebritas pencemar CO2 terbesar' untuk 2023. Dikutip dari The Economic Times, Selasa (26/12/2023), seringnya musisi berusia 34 tahun ini bepergian, terutama untuk menghabiskan waktu bersama pacarnya, Travis Kelce, telah menghasilkan 138 ton emisi karbon (mengacu pada pelepasan atau pembuangan gas-gas karbon dioksida (CO2) ke atmosfer sebagai hasil dari aktivitas manusia atau alam) hanya dalam waktu tiga bulan terakhir.

Kisah asmara Swift yang dipublikasikan secara luas telah membuatnya melintasi langit antara New York dan Kansas City, Amerika Serikat dan berbagai tujuan Amerika Selatan untuk Eras Tour-nya yang sedang berlangsung.

Menurut statistik yang dilacak oleh Taylor Swift's Jets di Instagram, 12 perjalanannya menimbulkan dampak lingkungan yang setara dengan konsumsi energi di 17 rumah dalam setahun atau penggunaan listrik di 26,9 rumah dalam periode yang sama.

Penyanyi yang memiliki dua pesawat bernilai jutaan dolar AS, Dassault Falcon 7x, dan Dassault Falcon 900 ini, dikritik karena jejak karbonnya yang signifikan. Menurut Greenhouse Gas Equivalencies Calculator, 138 ton emisi CO2 memerlukan penanaman 2.282 pohon dan membiarkannya tumbuh selama satu dekade untuk mengimbangi kerusakan lingkungan yang disebabkan oleh penerbangannya.

Menanggapi tuduhan tersebut, juru bicara Swift, menyatakan bahwa bintang tersebut telah membeli lebih dari dua kali lipat kredit karbon yang diperlukan untuk mengimbangi semua perjalanan tur sebelum Eras Tour dimulai pada Maret 2023. Kelebihan kredit tersebut diharapkan dapat menutupi penerbangan tambahan yang dilakukan untuk Swift mendukung pacarnya Travis Kelce dan rencana perjalanan turnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Habiskan Waktu Bersama

Selain dikritik masalah lingkungan, pasangan ini sering bepergian ke dan dari pertandingan dan konsernya untuk menghabiskan waktu bersama. Kepindahan sementara Swift ke rumah Kelce senilai 6 juta dolar AS atau sekitar Rp92 miliar di Kansas City telah memicu spekulasi tentang keseriusan hubungan mereka.

Saat Tur Eras dihentikan sementara, pasangan ini menikmati waktu senggang dan memperkuat hubungan mereka. Meskipun Taylor baru kembali ke panggung pada 7 Februari 2023 untuk turnya di Jepang, penyanyi tersebut berencana untuk membawa Eras Tour ke Eropa, Asia, dan Australia pada 2024.

Belum lama ini, Taylor Swift merayakan ulang tahunnya pada Rabu, 13 Desember 2023. Usianya kini genap 34 tahun. Dalam menyambut momen spesial ini, Taylor Swift terbang ke New York City untuk merayakan ulang tahun bersama orang-orang terdekatnya, salah satunya adalah Blake Lively.

Bersama para selebritas lainnya, ia merayakan acara tersebut dengan gaya yang mewah dan glamor di sebuah klan malam di Manhattan, New York. Dilansir dari People, Rabu, 13 Desember 2023, di acara tersebut, Swift tampil memukau dalam balutan mini dress hitam mencolok yang dihiasi bulan berpayet perak berukuran besar.

3 dari 4 halaman

Travis Kelce Rencanakan Pesta untuk Taylor Swift

Gaun rancangan Cilo Peppiat itu harganya mencapai 2.335 dolar AS atau sekitar Rp35 juta. Taylor melengkapi penampilannya dengan sepatu berhias kristal Aquazurra seharga 1.450 dolar AS dan tas seharga 1.255 dolar AS.

Taylor Swift juga mengenakan mantel bulu hitam mewah di bahunya, menonjolkan kemewahan pakaiannya. Gaya rambut khasnya mengalami transformasi, dengan rambut pirangnya diluruskan dan tergerai elegan.

Saat keluar dari mobilnya untuk menuju tempat acara, kehadiran Swift dan Blake langsung menjad perhatian orang-orang di sekitar mereka. Sayangnya, dalam momen itu kekasih Swift, Travis Kelce tidak hadir sedang sibuk mempersiapkan diri untuk bertanding. Travis merupakan pemain American Football yang memperkuat tim Kansas City Chiefs.

Namun menurut sumber Us Weekly, Travis Kelce sedang merencanakan pesta di New York. Rupanya, dia ingin mengadakan pesta terbaik bagi Taylor dan "uang bukanlah suatu masalah". Mengenai siapa yang akan masuk daftar undangan, Travis menginginkan "teman dekat" Taylor ada di sana, jadi diperkirakan akan ada wajah-wajah terkenal.

4 dari 4 halaman

Kejutan untuk Taylor Swift

Orang dalam secara eksklusif memberi tahu US Weekly bahwa Travis Kelce "ingin mengadakan pesta terbaik" untuk Taylor Swift, yang berulang tahun ke-34 pada Rabu, 13 Desember. Menurut sumber kedua, pesta tersebut akan diadakan di New York City dan bukan di kandang Kelce di Kansas City.

Pasangan ini memicu rumor kencan pada September 2023 ketika Swift terlihat bersorak untuk Kelce dan Kansas City Chiefs di Arrowhead Stadium. Dua bulan sebelumnya, Kelce mengungkapkan di podcast "New Heights" bahwa dia ingin memberi Swift gelang persahabatan ketika dia menghadiri Eras Tour-nya di stadion yang sama musim panas ini.

Meskipun dia mengatakan pasangan itu tidak bertemu di acara itu, Swift baru-baru ini menjelaskan garis waktu percintaan mereka dalam wawancara Person of the Year TIME 2023. "Ini semua dimulai ketika Travis dengan sangat manis membuat saya heboh di podcastnya, yang menurut saya sangat metal," katanya, mengungkapkan bahwa dia dan Kelce "mulai bertemu setelah itu."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini