Sukses

Pandawara Ajak Aksi Bersih-Bersih Sampah di Sungai Jelang Akhir Tahun, Bakal Digelar 28 Desember 2023

Kelompok pemerhati lingkungan asal Bandung, Pandawara Group beberapa waktu lalu menjalani studi banding mengenai lingkungan di Denmark. Sekembali ke Tanah Air, mereka siap melancarkan aksi bersih-bersih menjelang akhir tahun.

Liputan6.com, Jakarta - Kelompok pemerhati lingkungan asal Bandung, Pandawara Group beberapa waktu lalu menjalani studi banding mengenai lingkungan di Denmark. Sekembali ke Tanah Air, mereka siap melancarkan aksi bersih-bersih menjelang akhir tahun.

Ajakan kepada masyarakat untuk gotong royong tersebut dibagikan melalui akun Instagram Pandawara pada Sabtu, 23 Desember 2023. Pandawara mengunggah deretan potret sedang berada di tepi sebuah sungai yang dipenuhi tumpukan sampah.

"ada yang mau ikut pesta akhir tahun bareng pandawara disungai ini?," bunyi keterangan dalam unggahan tersebut.

Keesokan harinya, Minggu, 24 Desember 2023, kelompok yang beranggotakan, yakni Ikhsan, Gilang, Rifqi, Rafly, dan Agung ini kembali mengunggah video singkat. "pesta akhir tahun," bunyi keterangan dalam video.

"Pesta akhir tahun bareng Pandawara di sungai ini," kata salah seorang anggota Pandawara, Gilang, membuka video itu.

Dalam video, kelima anggota Pandawara memerhatikan sungai yang dipenuhi ragam jenis sampah. Pada akhir video mereka menulis, "28 Desember 2023 save the date."

Namun, mereka belum mengungkapkan di mana letak sungai yang akan dibersihkan tersebut. "kalian siap untuk ikut?," tanya mereka dalam keterangan video.

Ajakan Pandawara pun disambut antusias oleh para warganet. Mereka membanjiri kolom komentar dengan beragam tanggapan.

"🔥🔥🔥 duta lingkungan sesungguhnya. Sehat terus ya kaka-kaka hebat, dan terus menginspirasi anak muda. 😊," bunyi salah satu komentar.

Respons lainnya berbunyi, "Hati hati yaaa pandawara, jaga diri dan kesehatan juga. Semoga Allah mudahkan aamiin."

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Warganet Antusias

"MasyaAllah anak anak muda panutanku ini, Semoga semakin banyak pengikut nya ini dimanapun daerahnya, ganbatte broh!! Sehat2 selalu ya," bunyi komentar lainnya.

Tak sedikit pula yang menanyakan soal lokasi sungai yang akan dibersihkan pada 28 Desember 2023 tersebut. "Sungai mana itu nya bang?," tanya salah seorang warganet.

"lokasi?," tanya lainnya.

Komentar lainnya berbunyi, "Dimana lokasinya kalo deket saya ikutan🙌."

"aku siap melu bang, pengin dadi koyo sampean🤙 semoga berkah," lanjut komentar berbeda.

"Semoga pandawara and team sehat selalu. Panjang umur perjuangan orang orang baik ❤️," tulis warganet lainnya.

Sebelumnya, Pandawara juga membagikan deretan unggahan terkait studi banding mereka di Denmark. Salah satu konten tersebut mengulas soal mesin penghalang sampah yang dimiliki negara tersebut.

Hal ini terangkum dalam video singkat yang mengabadikan mesin yang beroperasi di sungai untuk menyaring sampah-sampah agar tidak terbawa ke laut. Teknologi ini tentu tidak murah, nilainya mencapai Rp2 miliar.

 
3 dari 4 halaman

Pandawara Berharap Miliki Mesin Penghalang Sampah Senilai Rp2 Miliar seperti Denmark

"Inilah penghalang sampah seharga dua miliar," bunyi narasi dalam video yang memperlihatkan mesin penghalang sampah itu beroperasi.

Mereka juga menyebut ini adalah inovasi teknologi yang dimiliki oleh All In On Green. Start-up tersebut berbasis di Kota Aarhus, Denmark.

"Semoga Pandawara ke depannya bisa memiliki sistem penghalang sampah seperti ini," kata salah seorang anggota Pandawara, Ikhsan.

Narasi video pun melanjutkan, "Kira-kira menurut kalian berapa nilai yang pantas untuk teknologi seperti ini? Kita berharap semoga di kemudian hari, Indonesia memiliki banyak teknologi seperti ini. Terima kasih, see you."

Di sela-sela studi banding tersebut, mereka ikut aksi bersih-bersih pantai. Kegiatan gotong royong Pandawara turut diabadikan dalam sebuah video singkat di akun Instagram mereka. Video dibuka dengan sapaan dari Gilang yang mengatakan kegiatan bersih-bersih pantai tersebut.

"Kali ini kita diajak clean up di pantai bareng kepemudaan ataupun karang taruna yang ada di Kota Aarhus, Denmark," kata Gilang dalam video yang diunggah pada Jumat, 24 November 2023 itu.

 
4 dari 4 halaman

Aksi Pandawara Bersih-Bersih Pantai di Sela Studi Banding di Denmark

Video dilanjutkan dengan Pandarawa beserta anggota kepemudaan tersebut telah bersiap dengan kantong dan capitan sampah masing-masing. Mereka pun beraksi mengambil sampah-sampah yang ada di sekitar pantai tersebut.

"Di sela-sela kegiatan studi banding kita ke Denmark, ada suatu kepemudaan kalau di kita kayaknya karang taruna ya di Kota Aarhus ngajak kita clean up di pantai, yuk kita lanjut lagi," kata Rafly di tengah-tengah video.

Gilang pun menambahkan, "Di sini suasananya enak banget, dingin, cuacanya kurang lebih dua derajat dan ada matahari kita enjoy banget dari tadi clean up ya." "Ayo kita lanjut," jawab Rifqi.

Sejak diunggah, video Pandawara Group telah disukai lebih dari 54 ribu kali. Kolom komentar pun dibanjiri oleh pujian warganet.

"This is pandawara 5 pemuda yg mengguncangkan dunia 🔥," bunyi salah satu komentar.

Pujian juga disampaikan warganet lain, "Bersih bersih disana dah kek liburan + karang tarunan disana sangad kompak juga bagus vibes nya positif bgt 🥹."

"Mantaaaaaap pemuda Indonesia🔥," lanjut lainnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.