Sukses

Prabowo Subianto Kenalkan Nasi Ampok Khas Blitar, Pernah Dipromosikan Megawati Sebagai Alternatif Pengganti Beras

Dalam kunjungannya, Prabowo tidak hanya menghormati jasa-jasa Bung Karno, tetapi juga merasakan kekayaan kuliner lokal Blitar. Salah satunya dengan mencicipi nasi ampok.

Liputan6.com, Jakarta - Prabowo Subianto baru-baru ini membagikan unggahan nasi ampok di akun Instagram pribadinya. Salah satu calon presiden (capres) di Pilpres 2024 ini baru saja mengunjungi makam Bung Karno di Blitar, Jawa Timur.

Dalam kunjungannya, Prabowo tidak hanya menghormati jasa-jasa Bung Karno, tetapi juga merasakan kekayaan kuliner lokal Blitar. Salah satunya dengan mencicipi nasi ampok. "Nasi Ampok khas Blitar," tulis Prabowo dalam keterangan foto yang diunggahnya, Senin, 18 Desember 2023.

Warganet pun langsung ramai mengisi kolom komentar unggahan tersebut. Ada yang yang mengaku merasa ngiler melihat unggahan Prabowo, ada juga yang menyarankan agar Prabowo menjadi Food Bolgger jika nanti tidak terpilih menjadi Presiden di Pilpres 2024.

"Ya Allah pak bikin ngiler aja... cuekin yg hujat pak insyaallah jd tambah pahala buat bapak," komentar seorang warganet.

"Iwak peyek iwak teri, manteb ri,” kata warganet yang lain,

"Kalo Gagal jadi Presiden cocok jadi foodvloger ya pak,” ujar warganet lainnya.

Nasi ampok sendiri merupakan salah satu makanan tradisional dan khas dari Blitar. Mengutip dari kanal Surabaya Liputan6.com, nasi ampok dibuat menggunakan bahan dasar jagung, yang tahap pengolahannya cukup memakan waktu..

Nasi ampok sudah ada sejak zaman dahulu dan menjadi andalan warga setempat saat masa paceklik. Nasi ampok biasa disantap bersama lauk pauk seperti urap, lodeh tahu, ikan asin, telur, dan sambal.

Umumnya nasi ampok ini bisa dijumpai di pasar-pasar tradisional atau sejumlah tempat tertentu saja. Nasi ampok biasanya dijadikan sebagai salah satu menu sarapan tradisional masyarakat Blitar. Harga nasi ampok ini bervariasi, namun rata-rata di pasar-pasar tradisional dihargai Rp5.000 untuk seporsi.

Nasi ampok ini juga punya beragam manfaat yang baik untuk kesehatan. Salah satu manfaatnya adalah cocok untuk diet atau menurunkan berat badan. Pasalnya, nasi ampok ini kaya akan serat sehingga membantu melancarkan pencernaan serta mengurangi risiko sembelit.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Nasi Ampok dan Kurangi Ketergantungan pada Gandum

Yang menarik lagi, nasi ampok ini secara tidak langsung pernah disebut Ketua Umum PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri dalam pidato politiknya saat membuka Rapat Kerja Nasional (Rakernas) IV PDIP di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Jumat, 29 September 2023.

Megawati menyontohkan ketergantungan Indonesia pada impor gandum. Karena itu, guna mengurangi ketergantungan terhadap gandum, Presiden Kelima RI ini menyebut banyak bahan pangan pengganti di Indonesia. Salah satunya adalah nasi amplok yang juga dipamerkan di Pameran Pangan Plus dalam Arena Rakernas IV PDI Perjuangan (PDIP) di JIExpo, Kemayoran.

Pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Ratih asal Kediri memamerkan produknya yakni buah nanas yang tak hanya memanfaatkan dagingnya saja, tapi juga daun dan kulitnya sehingga meminimalisir sampah atau limbah di lingkungan. Bukan itu saja, pihaknya juga menciptakan pengganti beras. Yaitu nasi ampok yang terbuat dari jagung.

"Kediri ini selain nanas banyak juga jagung. Kita ada nasi ampok juga sebagai pengganti beras," tutur Ratih. Diketahui, Kediri kini dipimpin oleh Hanindhito Himawan Pramana, yang merupakan kader muda PDIP.

"Untuk mengurangi ketergantungannya, bukankah kita memiliki 10 sumber pangan lainnya. Yaitu jagung, hanjeli, pisang, porang, sagu, singkong sorgum, sukun, talas, dan ubi jalar yang tentunya kalau diolah dan di backup oleh BRIN kita ini bisa mensubstitusi gandum,” terang Megawati, dilansir dari kanal News Liputan6.com, 30 September 2023.

Menurut dia, dana yang digunakan impor gandum tersebut bisa digunakan untuk menambah biaya riset di BRIN.“Maka dana yang ada bisa dipergunakan juga untuk menambah biaya riset terhadap produk substitusi gandum,” jelas Megawati.

3 dari 4 halaman

Prabowo Berwisata Kuliner di Jawa Tengah

Sebelumnya, Prabowo juga membagikan potret berwisata kuliner di Jawa Tengah. Sebut saja potret Sroto Sokaraja, makanan khas Banyumas.. Ia membagikan tiga potret, seperti deretan mangkuk dengan ragam isian Sroto Sokarajo yang tengah disirami kuah.

Potret kedua menunjukkan penjual sedang meracik isi dari sajian ini di mangkuk dan potret ketiga mengabadikan pemandangan di Banyumas. Tak banyak keterangan yang disertakan Prabowo dalam caption foto."Selamat Pagi! #Banyumas #srotosokaraja," bunyi keterangan dalam potret yang diunggah pada 30 Oktober 2023 itu.

Dikutip dari Indonesia.go.id, sroto adalah soto dengan ciri khas saus sambal kacang. Ciri khas sajian ini adalah disantap dengan ketupat dan bumbu sambal kacang dalam campuran kuah sotonya.Sroto Sokaraja juga menggunakan krupuk khusus dari bahan singkong dalam penyajiannya, yaitu krupuk cantir. Krupuk ini biasanya berwarna merah atau putih.

Proses pembuatannya hampir sama dengan soto pada umumnya. Kuah yang digunakan terbuat dari kaldu daging sapi sandung lamur yang dimasak dengan bumbu khusus sehingga memberikan cita rasa yang khas. Kuah pada Sroto Sokaraja ini cenderung lebih bening dan berwarna kekuningan.

Sroto Sokaraja ini biasanya disajikan dalam mangkuk. Isiannya adalah ketupat yang dipotong kecil dan daging sapi maupun babat disertai kuah soto.Selain daging sapi, tersedia juga soto dengan daging ayam dengan kuah kaldu ayam. Sajian ini biasanya disantap dengan ketupat yang dibungkus dengan daun kelapa muda dan ditambahkan taoge, irisan seledri lalu disiram dengan kuah dan ditaburkan bawang goreng.

4 dari 4 halaman

Kuliner khas Magelang

Pada Rabu, 1 November 2023, Prabowo Subianto kembali mengunggah potret makanan, kali ini adalah Kupat Tahu Magelang. "Sugeng dahar sedulur kabeh. #kupattahumagelang," tulisnya dalam kolom keterangan.

Dikutip dari Merdeka.com, kupat tahu adalah kuliner berbumbu kacang yang berasal dari Magelang, Jawa Tengah. Sajian ini dilengkapi dengan isian tauge, potongan lontong, hingga irisan tahu goreng yang gurih.

Salah satu warung kupat tahu di Magelang yang paling terkenal adalah Tahu Pojok Magelang. Tempat makan ini bahkan sering dikunjungi artis sampai presiden.Rasa kupat tahu di warung makan ini begitu gurih, dengan sensasi manis bumbu kacang yang begitu nikmat saat disantap. Salah satu rahasia kelezatan kupat tahu di sini konon berasal dari kecapnya yang diracik sendiri sehingga bercita rasa otentik.

Pada 6 Oktober 2023 lalu, Prabowo juga membagikan potret sajian Tahu Campur Kalasan. "Selamat pagi sahabat-sahabat! Selamat beraktivitas, dan jangan lupa sarapan!#tahucampurkalasan," demikian tulisnya di kolom keterangan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini