Sukses

Bulan Madu ke Turki Batal Gara-Gara Paspor Kebasahan, Pasangan Pengantin Baru Rugi Rp53 Juta

Rencana bulan madu ke Turki yang sudah disiapkan berbulan-bulan terpaksa dibatalkan di menit-menit terakhir setelah paspor milik pengantin baru rusak karena kebasahan.

Liputan6.com, Jakarta - Rencana bulan madu ke Turkiye berantakan setelah paspor kebasahan. Hal itu menimpa pasangan pengantin baru asal Malaysia yang awalnya akan menjalani bulan madu selama sembilan hari di negera yang sebelumnya dikenal sebagai Turki.

Muhammad Fikry bin Azman yang bekerja sebagai petugas kebersihan di Singapura selama lebih dari tiga tahun mengatakan bahwa paspornya terendam air setelah ia kehujanan saat perjalanan pulang ke Malaysia pada Sabtu, 16 Desember 2023. 

"Ada hujan lebat dan badai petir di Tuas Checkpoint, dan hujan lebat juga terjadi di Johor," ucap pria berusia 29 tahun itu, dikutip dari AsiaOne, Jumat (22/12/2023).

"Tasnya tidak tahan air dan paspornya tidak ada penutupnya," ia menyambung.

Namun, karena ia dan istrinya Nur Amira Fatin Binti Norazmi disibukkan dengan persiapan menit-menit terakhir untuk berbulan madu, mereka tak serta-merta mengeringkan paspor Fikry. Pasangan itu bergabung dengan grup tur yang diselenggarakan oleh agen perjalanan, dan dijadwalkan terbang ke Turki dari Bandara Internasional Kuala Lumpur pada 17 Desember 2023, menurut mStar.

 

Ketika pasangan itu tiba di bandara sekitar pukul 1 dini hari, Fikry mendapati paspornya masih basah. Mereka tak punya alat untuk mengeringkan dokumen itu. Fikry yang panik bergegas ke toilet bandara untuk mencoba mengeringkan paspornya menggunakan mesin pengering tangan, tapi tak berhasil.

Ia diberitahu saat check-in bahwa paspornya rusak karena air. "Bahkan jika saya bisa melewati [imigrasi Malaysia], mungkin ada masalah ketika saya tiba di Turki," katanya kepada mStar.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Uang Hangus

Fikry sempat menangis setelah diberitahu hal itu. Namun, ia segera menyadari hal itu terjadi karena kesalahannya. Sang istri akhirnya memutuskan untuk tetap tinggal di Malaysia dan membiarkan rencana perjalanan bulan madu itu tinggal kenangan.

Padahal, Fikry mengaku sudah mulai menabung untuk bulan madu sejak bertunangan dengan Amira pada April tahun ini. Pasangan ini menikah pada November 2023

Akibat kelalaian itu, uang senilai 16.000 ringgit, sekitar Rp53 juta, yang telah mereka bayarkan ke agen perjalanan tak bisa dikembalikan. Meski begitu, Fikry berharap bisa mengunjungi Turki bersama istrinya tahun depan.

 

Dari dalam negeri, bulan madu juga dijalani Bunga Citra Lestari (BCL) dan Tiko Aryawardhana setelah menggelar pernikahan pada Sabtu, 2 Desember 2023, di Bali. Alih-alih hanya berdua, momen itu dihabiskan dengan keluarga besar mereka. Mereka memilih hotel bintang lima di daerah Nusa Dua, Bali untuk bersenang-senang bersama, dikutip dari kanal Citizen Liputan6.com.

Kebersamaan yang penuh keseruan antara pasangan BCL dan Tiko juga menjadi pengalaman yang menyenangkan bagi Noah dan beberapa keponakannya saat bermain di kolam renang. BCL terlihat begitu bahagia menikmati momen kebersamaan dengan seluruh keluarga besar, sementara tawanya yang riang menambah keceriaan dalam suasana kebahagiaan tersebut.

3 dari 4 halaman

Tips Menyiapkan Bulan Madu

Mempersiapkan bulan madu kadang kala tidak kalah stres dibandingkan merencanakan pesta pernikahan. Anda bisa mengikuti beberapa tips persiapan bebas stres agar perjalanan Anda lebih lancar, seperti dikutip dari Certainlyher, Sabtu, 9 Desember 2023.

1. Merencanakan dari Jauh Hari

Berapa pun anggaran Anda, pernikahan akan memakan banyak biaya, dan inilah salah satu alasan mengapa Anda harus mulai merencanakan bulan madu sejak dini. Memilih tujuan, memesan hotel, dan mencari tahu segala sesuatu tentang perjalanan Anda berguna karena Anda tidak perlu khawatir tentang apa pun. Dengan merencanakan segalanya sebelumnya, Anda mengurangi kemungkinan terjadinya kesalahan, yang merupakan langkah pertama menuju perencanaan bulan madu yang bebas stres.

2. Persiapkan Anggaran

Tips kedua agar persiapan bulan madu berjalan dengan lancar dan bebas stres adalahmempersiapkan anggaran dengan sebaik-baiknya. Bujet yang disiapkan akan membantu menentukan tujuan bulan madu. Masukkan sejumlah komponen dalam perhitungan, seperti akomodasi, transportasi, makanan, tanggal makan malam, belanja, tur, dan semua aktivitas lain yang telah direncanakan. Cari tahu juga soal promo untuk pengantin baru. Hal itu akan membantu menghemat pengeluaran.

4 dari 4 halaman

3. Buat Checklist Sebelum Berkemas

Bulan madu Anda adalah waktu yang tepat untuk menikmati banyak kencan romantis, petualangan seru, dan hari-hari santai di tepi pantai. Semua ini memerlukan banyak barang dan persiapan yang matang, seperti baju yang akan dikenakan, aksesori penunjang, hingga perlengkapan untuk merekam momen indah tersebut.

Beberapa perlengkapan dasar yang Anda perlukan lainnya adalah SPF, telepon, charger, topi, pakaian renang, dan beberapa produk skincare dan makeup. Kalau soal pakaian yang dipakai, coba saja pilih barang-barang yang dapat Anda gunakan berkali-kali, dengan pakaian berbeda. Sebagai contoh, bawalah sepatu berjalan yang nyaman, dan beberapa pakaian yang terlihat mewah, serta celana pendek dan kemeja. Ini berlaku untuk pria dan wanita.

4. Tidak Memesan Terlalu Dekat dengan Hari Pernikahan

Pernikahan menyita banyak waktu dan energi Anda, dan setelah semuanya selesai, betapapun menyenangkannya, Anda hanya ingin bersantai. Selain itu, ada banyak hal yang harus dilakukan setelah pernikahan, seperti mengganti dokumen, menyortir hadiah, melunasi pembayaran vendor, dan kembali ke rutinitas.  Beri diri Anda cukup waktu untuk mengatur segala sesuatunya dan berkemas tanpa ketegangan.

5. Meminta dan Membayar Agen Khusus Bulan Madu

Jika merasa kewalahan, tidak ada salahnya Anda mencari bantuan dalam merencanakan perjalanan bulan madu. Salah satunya memanfaatkan jasa agen perjalanan yang akan membantu mengeksplorasi opsi berdasarkan keinginan dan anggaran Anda. Temukan apa yang Anda minta, memesankan semuanya, cari tahu harganya, sehingga Anda tahu segalanya sebelum berangkat. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini