Sukses

Viral Pernikahan Anak Pimpinan Pondok Pesantren Tasikmalaya dengan Mahar Lebih dari Rp1 Miliar

Selain seperangkat alat salat, uang tunai dan logam mulia juga jadi mahan pernikahan viral seorang anak pimpinan pondok pesantren di Tasikmalaya, Jawa Barat.

Liputan6.com, Jakarta - Satu lagi pernikahan yang viral di TikTok. Kali ini giliran hari istimewa seorang anak pimpinan pondok pesantren yang menarik perhatian warga jagat maya, terutama karena nilai mahar pernikahannya.

Di video akun @estehmanisya yang dibagikan pada 8 Desember 2023 tertulis bahwa pengantin perempuan merupakan putri pertama pimpinan pondok Pesantren Idrisiyyah, Tasikmalaya, Jawa Barat, Sheikh Akbar Muhammad Faturrahman. "MasyaAllah Happy Wedding Neng Qu🥹🫶🏻," begitu bunyi keterangan unggahan yang dimaksud.

Rekaman itu memperlihatkan mempelai pria sampai, lalu menjalani akad nikah. Disebutkan bahwa mahar pernikahannya berupa seperangkat alat salat beserta uang tunai senilai Rp500 juta dan logam mulia 500 gram (sekitar Rp533 juta dalam perhitungan per Rabu, 20 Desember 2023).

Setelah dinyatakan sah, pengantin wanita baru memasuki ruangan, dan mereka pun berfoto. Keduanya tampak bergandengan sebelum menuju tenda resepsi, mereka tampak berganti beberapa busana pengantin. Rekaman yang sudah ditonton hampir lima juta kali saat artikel ini ditulis menuai berbagai komentar.

"Masya Allah ini baru panutan baik, mengikuti Rasullulah yang kasih mahar tinggi," kata salah satunya, sementara yang lain berkomentar, "Habis nikah langsung umrah."

Tidak sedikit juga yang turut mengucapkan selamat dan mendoakan pernikahan pasangan ini langgeng. "Semoga terus barsama sampai surga," sebut seorang penguuna. Yang lain berharap bahwa kejadian ini menular pada mereka. "Semoga aku juga gitu," kata warganet.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kondangan ke Pernikahan Dosen

Sebelum ini, rekaman sekelompok mahasiswa kondangan ke pernikahan dosennya sudah lebih dulu mencuri perhatian warganet. Alih-alih membawa hadiah sebagaimana tamu undangan, mereka malah meminta tanda tangan acc makalah.

Momen ini dibagikan akun TikTok @benyariandi, bulan lalu, menulis, "Happy wedding dosen terfavorit," sebagai keterangan video berdurasi 25 detik tersebut. Di rekaman, dosen pria itu terlihat sibuk membolak-balik kertas, sementara sang istri tersenyum di sisinya.

Di dekatnya juga ada sekelompok muda-mudi, yang sepertinya mahasiswa, menunggu makalah laporan mereka selesai diperiksa sang dosen. Konten itu pun   enuai komentar pro kontra. Sebagian warganet menganggap perlakuan mahasiswa-mahasiswa ini "tidak sopan" dan "tidak tahu tempat."

"Ya masa orang lagi nikah, duduk di pelaminan, diminta acc makalah," kata salah satu pengguna X, dulunya Twitter, setelah video tersebut juga tersebar di platform itu.

Namun demikian, kebanyakan menanggapinya dengan tidak terlalu serius. "Ini mah trik mahasiswanya biar enggak dikoreksi dosennya. Langsung acc semua 😂," kata seorang pengguna, sementara yang lain menimpali, "Mau ditolak enggak enak sama tamu undangan wkwkwk."

3 dari 4 halaman

Jadi Atraksi Wisata Turis Asing

Tidak kalah heboh, sebelum ini, ada resepsi pernikahan yang malah jadi atraksi wisata bagi para turis asing. Merujuk video yang dibagikan akun TikTok @argtnjl, Oktober 2023, pesta pernikahan itu berlangsung di Yogyakarta.

Klip berdurasi 15 detik itu memperlihatkan sekelompok warna negara asing (WNA) dipotret bersama pasangan pengantin bak tamu undangan. Setelah berfoto, si pengantin perempuan dengan sopan sedikit menunduk, sepertinya mengucapkan terima kasih.

Berbeda dengan pasangan pengantin yang berbaju adat Jawa didominasi warna merah, para "tamu dadakan" ini mengenakan busana kasual, dari kaus sampai celana pendek, mengingat mereka tidak berniat mendatangi acara tersebut. Rekaman itu pun mengundang banyak komentar.

"Ini di mana kok bisa ada bule pada masuk? 🤣," tanya seorang waganet, yang dijawab si pemilik akun, "Ternyata emang venue-nya suka dipake tourist kaa wkwk." "Kok bisa😭," kata yang lain. "Aku juga bingung kak," balas si pengunggah video. Beberapa warganet menyoroti kemungkinan turis asing itu tertarik karena gaun pengantin yang menawan.

4 dari 4 halaman

Pesta Pernikahan Ahli Gizi yang Unik

Pesta pernikahan ahli gizi yang menyertakan total kalori dari setiap sajian di sana pun sempat menarik perhatian. Merujuk unggahan akun @farchuuu, tampak ia bersama beberapa teman menikmati hidangan pesta pernikahan tersebut.

Salah satunya tertulis bahwa chocolava ice cream yang disajikan mengandung sekitar 335 kkal per porsi. "Seru bingits," tulisnya singkat sebagai keterangan unggahan. Warganet pun turun ke kolom komentar untuk berbagai ragam tanggapan.

Salah satunya berkelakar, "Kondangan anak psikologi= tiap menu ada aja masalahnya 😭." Ada juga yang menulis, "Kondangan anak farmasi; tiap menu ada dosisnya😭."

"Kondangan pakar ekonomi : setiap menu ada harganya 😭🤣," sahut yang lain, sementara pengguna berbeda berkomentar, "Kondangan anak sejarah : setiap menu ada cerita sejarahnya." "Kondangan orang hukum : semua makanan ada undang-undangnya," timpal yang lain.

"Kondangan arkeolog: semua menunya tulang," komentar seorang warganet, yang ditanggapi si pengunggah video, "Haha 😭😭😭😭😭 tolong ini paling jauh." "Tamu awam yang lagi diet nurunin berat badan langsung overthinking," begitu komentar berbeda di unggahan tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.