Sukses

Di Mana Lokasi Taman Hiburan Disney yang Dapat Rating Terburuk di Seluruh Dunia?

Disney saat ini memiliki 12 taman hiburan yang dibuka di berbagai tempat di seluruh dunia. Tidak banyak dari taman hiburan itu mendapat ulasan positif.

Liputan6.com, Jakarta - Total ada 12 taman hiburan Disney yang dibuka di seluruh dunia. Walau mengusung 'Di mana mimpi terwujud', faktanya tidak semua taman bermain memperoleh rating bagus. Belum lagi kritikan makin deras mengalir setelah sejumlah pengelola taman hiburan memutuskan menaikkan harga hingga 10 persen, mulai dari tiket masuk hingga biaya menggunakan kamar mandi.

DailyMail pun membandingkan rating Disneyland yang satu dengan taman hiburan lainnya berdasarkan perolehan mereka di Yelp. Di aplikasi tersebut, pengunjung memberikan ratingnya pada taman hiburan dimaksud. Hasilnya, taman hiburan Disney terburuk adalah Disney's Hollywood Studio di Florida.

Taman bermain itu dibuat sebagai penghormatan bagi studio film raksasa hiburan tersebut dan merupakan rumah bagi Twilight Zone Tower of Terror yang terkenal, serta roller coaster Slinky Dog Dash yang terinspirasi dari Toy Story dan Rock 'n' Roller Coaster yang dibintangi Aerosmith. Karena sering rusak, wahana itu kini ditutup sampai batas waktu yang belum ditentukan untuk 'perbaikan'.

Dari hampir 1.500 ulasan pelanggan Hollywood Studios yang mendapat rating 3,7, banyak yang mencatat bahwa terdapat wahana yang tutup dan antrean panjang. Pengguna Yelp, Stephanie G., mengatakan tentang pengalamannya di taman pada musim semi ini, "Wow, tamannya ramai dan tidak bergerak."

"Mungkin ada kalanya kurang ramai, tapi tidak ada wahana yang pantas untuk mengantre lebih dari setengah jam," imbuhnya seraya menyebutkan bahwa dia membeli tiket Genie Plus, yang menggantikan sistem FastPass+ lama dan memungkinkan pengunjung melewati antrean di wahana dan atraksi tertentu dengan melewati 'Jalur Petir'. Tiket tersebut memaksa pengunjung menambah biaya 15--25 dolar AS per orang per hari.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Unek-Unek Para Pengunjung

"Disney pada akhirnya dan secara permanen gagal total dalam misinya untuk memberikan pengalaman yang menyenangkan kepada banyak orang," pengguna lain, Rick E., menulis dalam ulasan pedasnya tentang taman tersebut awal tahun ini.

Seorang pengunjung yang merasa kesal, Phil G., berkomentar, "Ini adalah taman Disney yang terburuk. Itu kecil dan selalu penuh sesak."

Di posisi kedua taman Disney terburuk adalah Disneyland di California yang mendapatkan rating 3,8 dari 2.000 ulasan yang ditinggalkan di Yelp. Destinasi yang dibuka di Anaheim, California, pada 1955 itu merupakan taman hiburan pertama dalam portofolio Disney dan satu-satunya yang dibangun di bawah pengawasan langsung Walt Disney.

Banyak pengunjung menumpahkan kekecewaannya terhadap taman bermain itu. Stephen L., misalnya, membocorkan bahwa dia harus membayar 50 dolar AS untuk 'tater tots, hamburger, dan pizza basah'. "Di sini memang menawan sampai taraf tertentu, tapi setiap kenikmatannya terkuras oleh membanjirnya orang. Saya rasa saya benar-benar tidak ingin datang ke sini lagi," tambahnya.

Pengunjung lain, Amber Y., menyebut pengalamannya sebagai tampilan 'keserakahan perusahaan' yang 'menghancurkan' nostalgia yang pernah ia rasakan. "Saya besar di California dan sering pergi ke sini; mereka biasanya memberi Anda tiket masuk gratis pada hari ulang tahun Anda, harga tiket adalah harga yang ditetapkan, tidak berfluktuasi berdasarkan hari dalam seminggu/berapa hari berturut-turut Anda pergi," katanya. "Ini adalah keserakahan perusahaan dan keinginan mereka untuk memberi harga kepada pengunjung yang menipu sungguh luar biasa."

3 dari 5 halaman

Kritikan untuk Taman Hiburan Disney di Orlando hingga Paris

Sementara, Magic Kingdom di Orlando memperoleh rating 3,9 di Yelp. Lagi-lagi ulasannya didominasi ketidakpuasan para pengunjung.

"Pertama kali di Magic Kingdom," tulis Elle M. dalam ulasan dua bintangnya awal tahun ini. "Restorannya terlalu ramai, tempat parkir adalah mimpi buruk, bahkan dengan pilihan, orang-orang menabrak Anda dari kiri dan kanan, anak-anak kasar mencoba memotong antrean Anda, jadi apakah menurut saya itu sepadan dengan uang yang dikeluarkan?…tidak sama sekali."

Dua taman hiburan Disney yang berbasis di Prancis, Walt Disney Studios Park dan Disneyland Park, masing-masing menarik 4,0 bintang di Yelp. Dari 114 ulasan Walt Disney Studio Park, sebagian besar memberikan empat bintang dan mencatat betapa kecilnya taman tersebut.

Disneyland Park yang terletak di Chessy, Prancis, sekitar 20 mil di luar Paris, luasnya hanya 62 hektare, kurang dari setengah luas Hollywood Studios di AS yang mencapai 154 hektare. "Ini adalah taman yang cukup kecil yang terletak tepat di seberang Disneyland Paris, tapi patut untuk dikunjungi. Kami mendapatkan tiket masuk taman satu hari dua yang cukup terjangkau dibandingkan dengan harga taman di AS," komentar Eric B.

Namun, pengulas Nikki R. kurang antusias dengan Walt Disney Studio Park, dan tidak puas dengan layanan pelanggannya. "Ini bukan taman 'Disney'!" dia menulis. "Mereka pasti kekurangan staf, banyak atraksi yang tutup, dan karyawan yang jelas-jelas kasar!"

Amelia K. berbagi kesan serupa tentang Disneyland Park, juga di Chessy. "Saya tidak pernah meninggalkan taman Disney dengan sedih…. Sampai saya pergi jauh-jauh ke Paris untuk ulang tahun saya yang ke-40," tulisnya dalam ulasan satu bintang yang diunggah pada bulan April.

"Tempat ini bukan Disney. Tidak ada keajaiban apa pun. Karyawannya kasar dan tidak pernah tersenyum atau bahkan mengakui keberadaan Anda," tambah Amelia.

4 dari 5 halaman

Taman Disney Paling Tenang

Sementara, Disney's California Adventure Park, Disneyland Hong Kong, dan Animal Kingdom di Florida berbagi rating yang sama di Yelp, yakni 4,1.  California Adventure Park yang dianggap sebagai pilihan Disneyland yang lebih berorientasi pada orang dewasa, dipuji oleh Yelp karena 'pilihan makanan kreatif' dan 'banyak pilihan minuman beralkohol', meskipun pengunjung banyak dikecewakan oleh layanan pelanggan taman hiburan tersebut.

"Hampir setiap interaksi staf yang kami lakukan di sini hari ini bersifat negatif," tulis Stephanie W. Warganet lain menimpali, "Satu-satunya hal yang disebut sebagai 'tempat paling bahagia di dunia', tidak terlihat seperti itu bagi para karyawan. Semua orang di sana sepertinya hanya ada di sana untuk mendapatkan cek dan tiket gratis."

Sementara, Disneyland Hong Kong yang dibuka di Pulau Lantau pada 2005, banyak dipuji pengunjung karena dinilai lebih tenang dibandingkan taman hiburan lain di seluruh dunia. "Pro: Hampir tidak ada antrean di mana pun, kastil baru, mudah untuk berkeliling," tulis pengguna Yelp Jackie F. Hal senada diungkapkan Roger P. Ia menuliskan, "Kami pergi pada hari Minggu dan saya sangat khawatir bahwa taman akan dikemas. Saya tidak yakin apa alasannya tetapi itu benar-benar kosong!"

Animal Kingdom Disney di Orlando, Florida yang mengangkat tema zoologinya dipuji karena 'perhatiannya terhadap detail dalam pameran hewan', meski sejumlah pengguna mengeluhkan atraksi yang rusak dan antrean dua jam. Epcot Disney World mencetak skor 4,2 bintang di Yelp, didukung oleh konsep 'keliling dunia'.

5 dari 5 halaman

Rating Terbaik

Di Jepang, taman DisneySea dan Disneyland di Tokyo sama-sama menduduki peringkat taman hiburan Disney dengan rating tertinggi, masing-masing mendapatkan rata-rata bintang 4,5 di Yelp. DisneySea — terinspirasi oleh mitos dan legenda laut — disukai oleh pengunjung Amerika karena tiketnya yang murah dan tata ruang yang mudah dinavigasi, dengan atraksi yang terinspirasi oleh film laris Disney seperti Nemo, The Little Mermaid, dan Journey to the Center of the Earth .

Namun, peringkat rata-ratanya diturunkan oleh pengunjung yang mengeluhkan betapa padatnya taman tersebut — dan kurangnya sistem FastPass. "Saya kasih bintang satu karena yang saya lakukan hanya mengantri dan bahkan tidak sempat menikmati taman," tulis Yelper Sophie L.

Tokyo Disneyland — taman hiburan Disney internasional pertama yang dibuka pada 1983 — juga dikritik karena antrean panjang. Salah satu pengulas menyatakan bahwa ia hanya menaiki empat wahana dalam sepuluh jam. Namun, lebih banyak ulasan positif yang menyebut taman ini “ajaib” karena makanannya yang layak untuk difoto, seperti roti mochi berbentuk alien yang menyerupai makhluk hijau dari Buzz Lightyear.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini