Sukses

Janji-Janji di COP28 Tak Cukup Batasi Pemanasan Global hingga 1,5 Derajat Celcius

Menurut analisa International Energy Agency (IEA) yang dirilis pada Minggu, 10 Desember 2023, penduduk Bumi kesulitan memenuhi batas penting 1,5 derajat Celcius, meski janji negara-negara mengurangi polusi pada COP28 di Dubai, Uni Emirat Arab (UEA). Penilaian tersebut merupakan laporan komprehensif pertama mengenai apa yang telah dicapai dalam perundingan iklim COP28 sejauh ini.

Liputan6.com, Jakarta - Menurut analisis International Energy Agency (IEA) yang dirilis pada Minggu, 10 Desember 2023, penduduk Bumi kesulitan memenuhi batas penting 1,5 derajat Celcius, meski janji negara-negara mengurangi polusi pada COP28 di Dubai, Uni Emirat Arab (UEA). Penilaian tersebut merupakan laporan komprehensif pertama mengenai apa yang telah dicapai dalam perundingan iklim COP28 sejauh ini.

Dikutip dari CNN, Senin, 11 Desember 2023, hasilnya menunjukkan bahwa komitmen tersebut akan mengurangi emisi gas rumah kaca sebesar 4 gigaton, kurang dari sepertiga dari jumlah yang dibutuhkan saat ini untuk membatasi pemanasan global sebesar 1,5 derajat Celcius di atas suhu sebelum industrialisasi. Ilmu pengetahuan menunjukkan bahwa kehidupan di Bumi akan kesulitan beradaptasi setelah titik tersebut.

Pernyataan IEA mengatakan janji tersebut "tidak akan cukup" untuk menjaga pemanasan global hingga 1,5 derajat Celcius. Direktur Eksekutif Fatih Birol mengatakan janji tersebut "positif" dan sejalan dengan beberapa rekomendasi yang dibuat IEA sebelum perundingan. Namun, dia mengatakan tidak banyak negara yang bergabung dengan mereka dan berkomitmen untuk memastikan penurunan penggunaan bahan bakar fosil diperlukan untuk menjembatani kesenjangan tersebut.

"Penilaian terbaru IEA terhadap janji-janji ini menunjukkan bahwa jika janji-janji tersebut benar-benar diterapkan oleh negara-negara yang menandatanganinya hingga saat ini, janji-janji tersebut hanya akan menjembatani 30 persen kesenjangan dalam mencapai tujuan iklim internasional," kata Birol kepada CNN.

Ia menambahkan, "Ada kebutuhan bagi lebih banyak negara dan perusahaan untuk ikut serta dalam janji ini dan untuk mencapai kesepakatan mengenai penurunan penggunaan bahan bakar fosil global secara teratur dan adil jika kita ingin mempertahankan target 1,5 derajat Celcius tetap tercapai."

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Seruan Penghapusan Bahan Bakar Fosil

Para negosiator di COP28 sedang membahas kesepakatan yang dapat menyerukan penghapusan bahan bakar fosil -pendorong utama perubahan iklim- untuk pertama kalinya pada perundingan iklim tahunan ini. Bahasan mengenai bahan bakar fosil telah menjadi perdebatan sengit dan ada perbedaan pendapat yang mendalam mengenai isu ini.

Lebih dari 100 negara mendukung penghentian penggunaan minyak dan gas secara bertahap. Namun, beberapa negara penghasil minyak sama sekali tidak menginginkan adanya referensi untuk mengurangi produksi minyak dan gas.

Analisis IEA didasarkan pada janji seputar energi terbarukan, efisiensi energi, dan pengurangan metana, salah satu gas rumah kaca yang potensial. Lebih dari 120 negara, termasuk Amerika Serikat, telah sepakat untuk mendukung peningkatan tiga kali lipat kapasitas energi terbarukan dunia dan dua kali lipat langkah-langkah efisiensi energi.

50 perusahaan minyak dan gas besar, termasuk Exxon dan Saudi Aramco, juga menandatangani janji dalam pembicaraan tersebut untuk mengurangi emisi metana dari operasi minyak dan gas mereka pada akhir dekade ini. Itu berarti pengurangan intensitas metana sekitar 80 hingga 90 persen dari produk mereka.

3 dari 4 halaman

Kesepakatan Sebelumnya

Mereka juga sepakat untuk mengakhiri routine flaring pada 2030. Flaring adalah pembakaran gas alam yang disengaja selama ekstraksi minyak.

Perusahaan terkadang membakar gas alam untuk mengurangi tekanan pada sistem selama pengeboran minyak, meskipun pembakaran terjadi ketika operator tidak membutuhkan atau ingin mengumpulkan semua gas yang tersedia, sering kali karena membakarnya lebih murah daripada mengumpulkannya. Konsumsi bahan bakar fosil adalah penyebab utama krisis iklim.

Negara-negara sepakat untuk mengurangi produksi batu bara pada 2021 pada perundingan COP26 di Glasgow, Skotlandia. Namun, negosiasi mengenai bahasan seputar bahan bakar fosil, termasuk minyak dan gas, terbukti lebih kontroversial.

Pembicaraan tersebut dilakukan pada akhir tahun yang terpukul oleh krisis iklim yang memburuk. Para ilmuwan telah mengonfirmasi bahwa 2023 secara resmi merupakan tahun terpanas yang pernah tercatat. Cuaca ekstrem yang lebih mungkin terjadi atau lebih intens akibat krisis iklim, termasuk kebakaran, banjir, gelombang panas, dan angin topan, telah merenggut banyak nyawa di banyak belahan dunia.

4 dari 4 halaman

Kata Presiden COP28

Presidensi COP28 menanggapi penilaian IEA, dengan mengatakan bahwa kemajuan yang digariskan menunjukkan "sebuah terobosan besar" dan menambahkan "belum ada COP sebelumnya yang mencapai pencapaian sebanyak ini dalam waktu secepat ini."

Presiden COP28 Sultan Al Jaber mengatakan kepada wartawan sebelumnya bahwa kemajuan dalam negosiasi perjanjian akhir tidak berjalan cukup cepat. "Apakah saya puas dengan kecepatan dan lajunya? Jawabannya adalah 'Tidak'," katanya pada Minggu, 10 Desember 2023 sebelum mengadakan pertemuan meja bundar para menteri untuk mencoba memecahkan kebuntuan mengenai beberapa masalah, termasuk masa depan bahan bakar fosil.

"Waktu terus berjalan. Jam terus berdetak, dan saya yakin Anda semua dapat mendengarnya, sama seperti saya dapat mendengarnya dan kita perlu bergerak jauh, jauh lebih cepat," katanya.

Al Jaber telah menjadi subyek kontroversi selama berbulan-bulan, jauh sebelum perundingan dimulai pada 30 November 2023. UEA telah dituduh memiliki konflik kepentingan dalam menunjuk Al Jaber sebagai ketua perundingan tersebut karena ia juga menjalankan perusahaan minyak dan gas milik negara, Abu Dhabi National Oil Company.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini