Sukses

Senayan City Hadirkan Kastil 16 Meter dan Ragam Program Belanja Jelang Nataru seperti Boxing Day, Apa Itu?

Mal Senayan City kemnbali menggelar festive season untuk menyambut Natal dan Tahun Baru (Nataru) dengan tema Whimsical Festivity. Event ini menghadirkan instalasi kastil megah dan beragam program seperti Boxing Day, Apa ada hubungannya dengan olahraga tinju?

Liputan6.com, Jakarta - Mal Senayan City kembali menggelar festive season untuk menyambut Natal dan Tahun Baru (Nataru) dengan tema Whimsical Festivity. Event ini menghadirkan instalasi kastil megah yang dibalut salju serta dikelilingi oleh hutan pinus yang menjadi salah satu titik perhatian untuk menghabiskan waktu di akhir tahun bersama teman, keluarga maupun orang-orang terdekat Anda.

Whimsical Castle yaitu kastil bergaya Eropa dengan menara-menara megah yang tingginya mencapai 16 meter. Kastil ini akan menjadi latar ragam selebrasi dan kegembiraan natal dan tahun baru di Senayan City. Pada 1 Desember 2023 hingga 7 Januari 2024, ada beragam acara yang dihadirkan antara lain, performance dari sejumlah musisi seperti Diskoria x Andien, Project Pop, Allan Andersen, KIM dan masih banyak lagi.

"Festive decoration yang tersebar di beberapa area membuat suasana Natal makin terasa. Selain dekorasi, ada berbagai penawaran khusus yang diharapkan bisa menambah kebahagiaan dan kemeriahan Natal. Di hari Natal atau Tahun Baru selama ini memang banyak pengunjung yang datang terutama keluarga jadi memang lebih banyak dari hari biasa," terang Halina selaku Leasing & Marketing Communications Director Senayan City dalam pembukaan Festiva Season di Mal Senayan City, Jakarta Pusat, Rabu, 6 Desember 2023.

Lalu ada Festive Midnight Shopping pada 15--16 Desember 2023. Selain itu ada berbagai penawaran belanja lainnya seperti Festive Offers, Midnight Special Deals, Whimsical Raffle, Magical Hour serta All Day Xtra Gift. Pada 6 Desember 2023 sampai 7 Januari 2024 pengunjung juga bisa menyaksikan beragam penampilan seperti Christmas Orchestra dan Musical by Wishn Dewanta Orchestra yang akan membawakan drama musikal bertemakan 'Decemnber Dream' dengan arahan artistik dari Wisnu Dewanta & BabyArms yang mengangkat cerita dari sebuah keluarga kecil yang memaknai arti sebuah mimpi dan harapan.

Ada pula penampilan dari Christmas Musical by Forever Dance Crew, Christmas String & Harp serta Lounge Music. Lalu ada penampilan Festive Sony Music yaitu Jesenn, Elma Doe dan Mea Shahra di Mal Atrium lantai 1 Senayan City.

Program menarik lainnya adalah Boxing Day pada 26 Desember 2023. Cukup dengan berbelanja minimum Rp1 juta di tenant non-F&B, pengunjung bisa mendapatkan Senayan City e-voucher senilai Rp100 ribu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cerita Menarik Boxing Day

Ada cerita menarik dari istilah Boxing Day yang mungkin membuat sebagian orang menghubungkannya dengan cabang olahraga tertentu, padahal sama sekali tak ada kaitannya. Boxing Day adalah istilah yang merujuk pada tradisi di Inggris dan beberapa negara Eropa lainnya. Tiap 25 Desember 2023 biasanya banyak kaum pekerja yang harus bekerja di hari Natal dan baru keesokan harinya (26 Desember) bisa merayakan suasana Natal.

Pada hari itu, para pekerja itu berkesempatan membuka hadiah yang mereka terima dari para bangsawan, tuan tanah, perusahaan, hingga pemilik modal. Hadiah itu biasanya berada dalam kotak (box), sehingga hari tersebut dikenal sebagai boxing day.

Dilansir dari BBC, Rabu, 6 Desember 2023, di Inggris, tradisi itu sudah ada sejak Zaman Victoria di abad ke-19. Sejak awal, hari itu biasa diwarnai dengan kecenderungan orang-orang untuk mencari hiburan di luar rumah. Para bangsawan saat itu kerap berburu rubah dengan menunggangi kuda.

Boxing Day di Inggris juga erat kaitannya dengan olahraga, bukan tinju tapi sepak bola. Semua kompetisi sepak bola di Inggris atau Liga Inggris biasanya menggelar pertandingan pada hari tersebut.

Namun setiap tahun, tradisi Boxing Day di Liga Inggris selalu menjadi bahan perdebatan. Di saat beberapa liga Eropa libur, Liga Inggris justru harus melakoni laga yang sengit. Inilah alasan mengapa liga ini sangat menarik untuk disaksikan.

3 dari 4 halaman

Boxing Day Jadii Kado Spesial

Melansir kanal Bola Liputan6.com, faktor kelelahan pemain, hingga kritik tajam selalu menghampiri tradisi ini. Namun, di situ letak menariknya. Sebab, tak sedikit dari mereka menantikan laga-laga di periode ini.

Banyak yang menganggap juara atau tidaknya sebuah klub di Liga Inggris ditentukan dengan eksistensinya pada laga Boxing Day. Bila sukses melewatinya, maka gelar juara akhir musim diprediksi bakal lebih mudah.

Persatuan Sepak Bola Inggris (FA) meluncurkan laga Boxing Day untuk memberikan kado spesial berupa kemenangan untuk para pendukung yang merayakan Natal. Ada beberapa catatan menarik yang tercipta di Boxing Day.

Laga paling tak terlupakan terjadi pada 26 Desember 1963. Saat itu, total 153 gol tercipta dalam 39 pertandingan yang melibatkan seluruh divisi di Inggris. Rekor itu belum terpecahkan hingga saat ini.

Pada September lalu, Mal Senayan City merayakan ulang tahun yang ke-17 pada Kamis, 21 September 2023, dengan menggelar berbagai acara dan promosi menarik sampai dengan 1 Oktober 2023. Salah satunya adalah event Fashion Nation 17 th yang menampilkan hasil rancangan 18 desainer fesyen Indonesia dengan tema DiverseStyle.

4 dari 4 halaman

Fashion Nation 2023

Mereka adalah Andreas Odang, Carmanita, Chossy Latu, Danny Satriadi, Denny Wirawan, Didi Budiadjo, Era Soekamto, Eridani, Ghea Panggabean, Hian Tjen, Ivan Gunawan, Liliana Lim, Mel Ahyar, Sebastian Gunawan, Yogie Pratama, Monica Ivena, Rama Dauhan, dan Wilsen Willim.

Ini merupakan kali pertama Fashion Nation kembali digelar setelah absen pada 2021 dan 2022 karena situasi pandemi Covid-19. Fashion Nation terakhir diadakan pada 2020 di edisi ke-14. Meski sempat absen selama dua tahun, acara kali ini tetap disebut edisi ke-17, sesuai dengan usia Senayan City.

Tak hanya menampilkan karya-karya mereka dalam fashion show, 18 perancang busana yang tergabung dalam katan Perancang Mode Indonesia (IPMI) itu juga menampilkan karya-karyanya dalam pameran yang bertajuk GAYA Fashion Installation 2023.

Pameran yang juga resmi dibuka pada hari yang sama itu menghadirkan instalasi masing-masing perancang busana. Karya mereka tertuang pada medium 3 x 4 meter persegi yang berkolaborasi dengan para seniman berbagai bidang yang berbeda, menampilkan personal statement akan ekspresi dan karakternya masing-masing.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.