Sukses

Prospek Bisnis F&B Versi Kaesang Pangarep: 5 Tahun Waktu Ideal Usaha Bisa Berlanjut

Putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi) dikenal sebagai pebisnis. Berbagai bidang khususnya food and beverage (F&B) ia jalani, meski tak semuanya sukses beberapa ada yang bertahan melewati masa sulitnya.

Liputan6.com, Jakarta - Kaesang Pangarep, putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi) dikenal sebagai pebisnis. Berbagai bidang khususnya food and beverage (F&B) ia jalani, meski tak semuanya sukses beberapa ada yang bertahan melewati masa sulitnya.

"Sekarang kalau lagi mau buka usaha, industri apa mas yang lagi bagus banget prospeknya luar biasa?" Tanya Putri Tanjung dalam podcast yang diunggah di TikTok @ngobrolsoresemaunya, Selasa, 5 Desember 2023.

"Apa ya, ya balik lagi sebenarnya kalau paling mudah bisnis F&B itu paling mudah, sekarang ada orang bikin nasi telur laku," jawab Kaesang.

"Nasi telor, ya udah kan," sambungnya lagi yang ditanggapi dengan tertawa oleh Putri.

Putri pengusaha Chairul Tanjung itu pun menyanggah, bahwa kalau sudah besar bisnis F&B juga bisa sulit apalagi dengan tantangan untuk bisa konsisten. "Yang penting kita bisa jadi produk yang sustain aja gitu. Kayak biasanya kalau udah lewat dari lima tahun, sepuluh tahun habis itu biasanya bisa sustain sendiri," papar Kaesang.

Menurut suami Erina Gudono yang paling berat adalah menjalani tahun pertama dan kedua. "Kayak kemarin Ternak Kopi, kita cuma tahun kedua, KO udah," Kaesang memberi contoh bisnis yang telah ditinggalkannya.

Lalu ada satu lini usahanya yaitu Sang Pisang memasuki tahun kelima, ia pun mempertahankannya. "Karena kita tahu kalau sudah masuk tahun kelima jalannya jauh lebih aman lah," beber pria kelahiran 1994 itu. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Komentar Warganet

Konten yang disukai oleh lebih dari 8 ribu pengguna TikTok itu pun mendapat beragam komentar. Salah satunya justru salah fokus dengan cara Putri bertanya.

"Putri Tanjung nanyanya kayak ngetes," tulis warganet.

"Ane itu mau cobain Sang Pisang tapi nggak nemu," curhat warganet lain.

"Sustainability F&B justru paling sulit. Hype 6 sampai 12 bulan pertama, tahun kedua kalau nggak bisa maintain kelar," warganet berpendapat.

"Pantesan nggak denger Ternak Kopi lagi. Btw emang Sang Pisang masih ada? Di Jambi udah tutup," warganet menimpali.

"Bisnis bagus yang penting punya tanah/lahan bagus/strategis. Usaha apapun," saran yang lain.

Dalam obrolan sebelumnya dengan Putri Tanjung, Kaesang sempat ditanya tentang pilihannya tentang berpolitik atau berbisnis. 

"Bisnis atau politik?" tanya Putri secara nada lantang, dikutip dari video TikTok "Ngobrol Sore Semaunya", Sabtu, 2 Desember 2023.

Pertanyaan itu pun langsung dijawab Kaesang tanpa ragu maupun berpikir lama, "Bisnis."

3 dari 4 halaman

Kaesang Lebih Pilih Bisnis daripada Politik

Putri pun kemudian mempertanyakan, jika memang Kaesang lebih menyukai bisnis mengapa ia memilih terjun ke politik. "Ya terserah aku kan," jawab Kaesang dengan nada asal.

Putri yang penasaran lalu mendapat penjelasan dari Kaesang bahwa ia mendapat pencerahan saat mengobrol dengan kakaknya, Gibran. Kaesang sendiri merasa sudah sangat cukup dengan apa yang dimilikinya bahkan hartanya cukup sampai ia punya cucu nanti.

Namun ada satu pernyataan Gibran yang membuatnya tersadar. "Gantian yang diperkaya itu jangan diri kamu sendiri, kamu harus bantu orang lain dengan skala yang lebih gede," ujarnya.

Kaesang menyambung, kalaupun ia cuma berkecimpung di bisnis dari CSR yang dibuatnya mungkin hanya akan menjangkau sekitar ribuan orang. "Tapi kalau dalam politik bisa kayak.. walaupun enggak secara langsung membuat sebuah regulasi, karena aku sendiri kan enggak nyaleg. Tapi aku kan ada lewat temen-temen yang itu membuat impact yang gede sebenarnya buat seluruh masyarakat Indonesia," ungkapnya.

4 dari 4 halaman

Tanggapan Warganet

Konten yang mendapat tanda suka lebih dari 22 ribu pengguna TikTok itu pun mendapat beragam komentar dari warganet. Di antaranya juga menanggapi jawaban Kaesang tentang alasannya.

"Umur segitu sampe cucu udah aman:(," tulis warganet menambahkan emoji sedih.

"Politiknya untuk bisnisnya juga," sambung yang lain.

"Maaf nih, maksudnya uang buat jajan, buat majan, buat happy-happy udah cukup sampe anak cucu gimana ya?" balas warganet yang lain.

"ya kalo udah jadi politisi kan enak bisa melancarkan bisnisnya," ungkap yang lain.

"Dari awal niatnya nolong," komentar warganet.

"Mukanya Putri langsung berubah," tanggapan warganet lagi.

"Mas Kaesang semoga niat baik mu dipermudah, yang nggak suka akan selalu ada tapi aku percaya niat kamu tulus," tulis warganet.

"Beda halnya regulasi diperuntukan untuk orang bisnis," tanggapan yang lain.

"ya terserah aku kan," tulis warganet menirukan ucapan Kaesang.

"Bisnisnya mana nggak pernah kelihatan?" tanya warganet. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini