Sukses

Jawaban Kaesang Pangarep Saat Ditanya Putri Tanjung Pilih Bisnis atau Politik

Kaesang Pangarep, putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi) kini terjun ke politik. Suami dari Erina Gudono itu mengikuti jejak sang ayah dan kakak pertamanya, Gibran Rakabuming yang telah lebih dulu memiliki karier politik.

Liputan6.com, Jakarta - Kaesang Pangarep, putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi) kini terjun ke politik. Suami dari Erina Gudono itu mengikuti jejak sang ayah dan kakak pertamanya, Gibran Rakabuming yang telah lebih dulu memiliki karier politik.

Tak tanggung-tanggung, dalam langkah awal karier politiknya Kaesang langsung menduduki jabatan sebagai ketua umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI). Sementara publik mengenalnya selama ini cenderung sebagai pebisnis, Kaesang pun mendapat pertanyaan dari Putri Tanjung mana yang akan lebih dia pilih.

"Bisnis atau politik?" tanya Putri secara lantang, dikutip dari video TikTok "Ngobrol Sore Semaunya", Sabtu, 2 Desember 2023.

Pertanyaan itu langsung dijawab Kaesang tanpa ragu, "Bisnis."

Putri pun kembali mempertanyakan, jika memang Kaesang lebih menyukai bisnis mengapa ia memilih terjun ke politik. "Ya terserah aku kan," jawab Kaesang spontan.

Putri yang penasaran kemudian mendapat penjelasan dari Kaesang bahwa ia mendapat pencerahan saat mengobrol dengan kakaknya, Gibran. Kaesang sendiri merasa sudah sangat cukup dengan apa yang dimilikinya bahkan hartanya cukup sampai ia punya cucu nanti.

Namun ada satu pernyataan Gibran yang membuatnya tersadar. "Gantian yang diperkaya itu jangan diri kamu sendiri, kamu harus bantu orang lain dengan skala yang lebih gede," ujarnya.

Kaesang melanjutkan, kalaupun ia hanya berkecimpung di bisnis dari CSR yang dibuatnya mungkin hanya akan menjangkau sekitar ribuan orang. "Tapi kalau dalam politik bisa kayak.. walaupun enggak secara langsung membuat sebuah regulasi, karena aku sendiri kan enggak nyaleg. Tapi aku kan ada lewat temen-temen yang itu membuat impact yang gede sebenarnya buat seluruh masyarakat Indonesia," paparnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Respons Warganet

Konten yang disukai oleh lebih dari 22 ribu pengguna TikTok itu pun mendapat beragam komentar dari warganet. Di antaranya juga menanggapi jawaban Kaesang tentang alasannya.

"Umur segitu sampe cucu udah aman:(," tulis warganet menambahkan emoji sedih.

"politiknya untuk bisnisnya juga," sambung yang lain.

"Maaf nih, maksudnya uang buat jajan, buat majan, buat happy-happy udah cukup sampe anak cucu gimana ya?" balas yang lain.

"ya kalo udah jadi politisi kan enak bisa melancarkan bisnisnya," celoteh yang lain.

"Dari awal niatnya nolong," komentar warganet.

"Mukanya Putri langsung berubah," tanggapan warganet lagi.

"Mas Kaesang semoga niat baik mu dipermudah, yang nggak suka akan selalu ada tapi aku percaya niat kamu tulus," tulis warganet.

"Beda halnya regulasi diperuntukan untuk orang bisnis," tanggapan yang lain.

"ya terserah aku kan," tulis warganet menirukan ucapan Kaesang.

"Bisnisnya mana nggak pernah kelihatan?" tanya warganet. 

3 dari 4 halaman

Kaesang Sering Salah Dikenali Sebagai Gibran

Kaesang diketahui sering salah dikenali sebagai kakaknya yang sedang menjadi calon wakil presiden Prabowo. Meski sebetulnya keduanya memiliki fitur wajah yang berbeda, lantaran setelah lama dikenal ternyata masih ada juga yang salah memanggilnya.

Momen itu terjadi ketika Kaesang Pangarep, anak ketiga Presiden Jokowi tengah mendatangi sebuah pasar. Tak sendirian, Kaesang kali itu didampingi Erina Gudono.

Saat sedang keliling, ada seorang penjual yang menyapa Kaesang tapi justru memanggilnya dengan Gibran. "Mampir dulu mas Gibran," teriak seorang penjual di pasar tersebut yang disoraki oleh pengunjung lantaran salah sebut nama, dikutip dari akun TikTok @wongegibran, diunggah pada 21 November 2023.

"Saya Kaesang, saya bukan cawapres pak. Saya bukan cawapres, saya adalah ketua umum," balas Kaesang spontan. 

Erina yang tak lepas menggandeng tangan Kaesang terlihat tersenyum dan sedikit nyengir saat tahu suaminya salah dikenali. Sementara Kaesang yang membawa boneka Teddy Bear hanya bersikap santai.

4 dari 4 halaman

Kaesang Blusukan ke Pasar di Papua

Warganet yang menonton video tersebut pun merespons dengan beragam komentar. "Tiba-tiba keinget Irfan Hakin salah orang, yang nikah Kaesang yang diselametin Gibran wkwkw," tulis seorang warganet.

"Kaesang takut dicium bapak-bapak karena dianggap mas Gibran," sambung yang lain. 

"Dari dulu nggak bisa bedain yang mana mas Gibran dan Kaesang," ungkap warganet lainnya.

"Tas lu kenapa beruang Kaesang," tanya warganet.

Mengutip dari Tim Pemilu Liputan6.com, Senin (4/12/2023), sebagai Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang mulai melakukan safari politik. Dia juga memilih gaya blusukan untuk menyapa masyarakat, khususnya di Papua.

Kaesang memilih blusukan ke Pasar Yotefa Awiyo, Jayapura pada Senin 27 November 2023. Dia tampak berbincang dengan salah seorang pedagang buah yang ada di pasar. Dia juga membeli dagangan milik beberapa pedagang.

"Cuma singkong, nanas, sama peci khas Papua," ungkap Kaesang, Selasa, 28 November 2023.

Tak hanya pedagang buah, Kaesang juga singgah di tempat penjual oleh khas Papua seperti noken dan juga mahkota kepala. Dia juga ikut membelinya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.