Sukses

Serial Gadis Kretek Tampilkan Lokasi Syuting Menarik, Diyakini Bakal Ada Paket Wisatanya

Keberhasilan serial Gadis Kretek bisa membuat banyak orang, terutama penggemarnya, ingin melihat langsung ke tempat-tempat wisata yang jadi lokasi syuting serial tersebut.

Liputan6.com, Jakarta - Serial Gadis Kretek yang dibintangi Dian Sastrowardoyo saat ini sangat ramai diperbincangkan. Serial yang tayang di Netflix ini bahkan tayang perdana di ajang bergengsi Busan International Film Festival atau BIFF 2023 pada Oktober lalu.

Selain menampilkan aktor-aktor yang tak perlu diragukan lagi, para penonton pastinya penasaran juga dengan lokasi syuting Gadis Kretek ini, terutama dimanakah Kota M.  Hal itu juga menarik perhatian Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

"Serial Gadis Kretek ini memang sangat fenomenal. Mas Raya dan Jeng Yah ini luar biasa. Selain itu, lokasi syutingnya menarik karena kebanyakan termasuk destinasi wisata yang menarik dan banyak diminati," ucap Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno dalam "The Weekly Brief with Sandi Uno" yang digelar secara hybrid, Senin (27/11/2023).

"Kota M ini ada yang bilang Muntilan ada juga yang bilang Magelang. Yang jelas saya sangat menikmati serial Gadis Kretek ini, terutama karena ada tempat wisata seperti Museum Kretek dan Stasiun Tuntang. Ini bisa jadi paket wisata yang banyak peminatnya,” lanjutnya.

Sandiaga Uno menambahkan, keberhasilan serial tersebut bisa membuat banyak orang terutama penggemarnya ingin melihat langsung ke tempat-tempat wisata yang jadi lokasi syuting. Secara garis besar, Gadis Kretek menceritakan perkembangan industri kretek di Indonesia era 1960-an, yang diwarnai dengan beragam konflik dan romansa.

Banyak penonton yang penasaran di mana lokasi syuting serial ini. Informasi itu ternyata bisa diketahui dari akun Instagram Pesona Indonesia dari Kemenparekraf. Berikut enam destinasi wisata yang jadi lokasi syuting serial Gadis Kretek yang dilansir dari akun Instagram @pesona.indonesia, Minggu, 26 November 2023.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Museum Kretek

 

Museum Kretek terletak di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah. Museum Kretek merupakan satu-satunya museum rokok di Indonesia. Museum ini diresmikan pada 3 Oktober 1986 oleh Gubernur Jawa Tengah kala itu, Soepardjo Rustam,

Di museum ini kita bisa mengetahui sejarah, foto Kretek, alat pembuatan hingga kemasan kretek jaman dulu. Museum ini mempertemukan Lebas dengan Arum dalam memecahkan misteri masa lalu tentang Soeraja dan Dasiyah.

2. Stasiun Tuntang

Stasiun Tuntang terletak d, Tuntang, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Stasiun ini sudah beroperasi sejak 21 Mei 1873. Stasiun ini berfungsi sebagai tempat wisata kereta uap jalur Ambarawa-Tuntang dan tidak melayani kereta regular.

Pada 2009, Stasiun Tuntang direnovasi sehingga dapat kembali melayani kereta wisata. Dalam serial Gadis Kretek, stasiun ini merupakan tempat bertemunya Jeng Yah dan Soeraja (Raya) setelah Soeraja menikah.

 

3. Los Mbako Menden

Los Mbak Menden terletak di Desa Menden, Klaten, Jawa Tengah. Los Mbako dalam Bahasa Jawa artinya gudang tembakau. Tempat ini menyimpan banyak tembakau yang masih segar atau sudah dalam keadaan kering dan tercacah.Sebelum digunakan untuk lokasi syuting, area yang dikelilingi oleh hamparan sawah ini sudah terkenal sebagai salah satu spot foto Instagramable di Klaten.

 

 

3 dari 4 halaman

4. Rumah Residen Kedu

 

Rumah Residen Kedu berlokasi di Magelang, Jawa Tengah. Rumah ini merupakan kawasan cagar budaya bergaya indische empier yang dibangun pada awal 1800-an.

Saat ini, eks Rumah Dinas Residen Kedu, digunakan sebagai Museum Perang Diponegoro, karena rumah ini digunakan sebagai tempat perundingan Pangeran Diponegoro dengan Belanda. Dalam serial Gadis Kretek, rumah ini digunakan sebagai kediaman keluarga Idroes Moeria (Rukma Rosadi, yang merupakan ayah dari Jeng Yah. 

5. Pabrik Gula Tasikmadu

Pabrik Gula Tasikmadu berlokasi di Tasikmadu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Pabrik gula ini merupakan ekspor utama gula di Pulau Jawa dan mencapai puncak kejayaan pada 1928-1929.

Sayangnya, pabrik gula tersebut sekarang sudah tidak beroperasi lagi. Pabrik Gula Tasikmadu muncul di beberapa adegan serial Gadis Kretek.

6. Candi Abang

Candi Abang terletak di Dusun Sentonorejo, Desa Jogotirto, Kecamatan Berbah, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Candi-candi di Jawa biasanya dibangun menggunakan batuan andesit, berbeda dengan Candi Abang yang menggunakan batu-bata merah.

Dalam Bahasa Jawa, Abang artinya merah oleh karena itu masyarakat setempat menamainya dengan Candi Abang. Tapi sayangnya, sebagian besar bangunan candi telah tertutup rerumputan sehingga penampakannya seperti bukit. Dalam serial Gadis Kretek, Candi ini menjadi tempat peristirahatan terakhir Jeng Yah.

4 dari 4 halaman

Serial Gadis Kretek Diadaptasi dari Novel

 

Serial Gadis Kretek atau Cigarette Girl tayang perdana di Netflix pada 2 November 2023. Serial ini mengambil kisah adaptasi dari novel berjudul sama karya Ratih Kumala yang disutradarai pasangan suami istri Kamila Andini dan Ifa Isfansyah.

Selain Dian Sastrowardoyo, serial ini juga diperankan oleh aktor-aktor ternama Indonesia mulai dari Ario Bayu, Tissa Biani, Ine Febriyanti, Winky Wiryawan, Sheila Dara, Ibnu Jamil, Rukman Rosadi, Nungki Kusumastuti, Dimas Aditya, Pritt Timothy, Tutie Kirana, Arya Saloka dan masih banyak lagi.

Dikutip dari kanal Regional Liputan6.com, 11 Agustus 2023, sebagai penulis cerita, Ratih Kumala juga turut andil dalam serial ini sebagai penulis naskah. Naskah yang ia tulis tersebut dikerjakan bersama Tanya Yuson, Kanya K Priyanti, dan Ambaridzki Ramadhantyo.

Melansir laman resmi Netflix, serial ini menghadirkan tokoh Dasiyah atau jeng Yah yang diperankan oleh Dian Sastrowardoyo. Ia adalah perempuan visioner yang gemar meracik saus rokok kretek. Tokoh lain yang menjadi fokus utama pada serial ini adalah Soeraja yang diperankan oleh Ario Bayu.  Dasiyah dan Soeraja terlibat dalam kisah cinta yang terseret peristiwa besar dalam sejarah Indonesia.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini