Sukses

BabyMonster Resmi Debut dengan Batter Up 27 November 2023, Foto Kostum Para Member Dikritik Berbujet Rendah

BabyMonster debut hanya dengan enam anggota dan merilis single Batter Up pada 27 November 2023.

Liputan6.com, Jakarta - BabyMonster akhirnya resmi debut pada 27 November 2023 dengan single berjudul Batter Up. Poster promo debut mereka mulai disebarkan sejak Sabtu, 25 November 2023, setelah sebelumnya mengungkapkan potret individual masing-masing member.

Tak lama setelah itu, YG Entertainment merilis teaser video musik BabyMonster. Melansir Soompi, Senin (27/11/2023), salah satu member, Asa, ikut menulis musik dan lirik untuk Batter Up. Selain dia, lirik lagu tersebut juga ditulis oleh Jared Lee, YG, Choi Hyun Suk TREASURE, Lee Chanhyuk AKMU, WHERE THE NOISE, dan BIGTONE. Untuk musiknya, lagu ini dikomposeri bersama Chaz Mishan, YG DEE.P, Jared Lee, dan Asa.

 

Chiquita, Rora, Asa, Rami, Pharita, dan Ruka tampil apik meski tanpa kehadiran Ahyeon yang memutuskan mundur dari grup karena alasan kesehatan. Meski begitu, sebagian penggemar tetap merasa tak puas.

Sebagai generasi baru penerus BLACKPINK, girl group besutan YG itu mendapatkan lebih banyak perhatian dari publik dibandingkan sebelumnya. Tak heran, ekspektasi para penggemar begitu tinggi terhadap musikalisasi mereka.

Didukung tim produksi yang inovatif dan melodi yang terdengar intens di teaser video musik, aspek foto konsep BabyMonster dinilai kurang diperhatikan. Sebagian penggemar menilai rookie group itu hanya menghadirkan konsep foto dengan tampilan basic.

Mengutip Kbizoom, Senin (27/11/2023), sebagian penggemar menyebut BabyMonster kehilangan momentumnya secara bertahap karena YG terlalu lama menunda debut grup pendatang baru tersebut. Melihat bagaimana YG Entertainment membangun image untuk MV debut BABYMONSTER, banyak penggemar yang mengungkapkan kekecewaannya, bahkan membandingkannya dengan grup dari perusahaan yang lebih kecil. BabyMonster bahkan dianggap proyek beranggaran rendah.

Pada 2016, citra BLACKPINK dipromosikan secara luas dalam waktu yang lama. Memulai debutnya dengan single Boombayah dan Whistle, BLACKPINK dengan cepat membuktikan diri mereka sebagai pendatang baru yang tangguh dengan investasi yang signifikan dalam video klip, setting, dan pakaian.

Keempat angota tersebut memiliki citra yang canggih dan trendi, memimpin tren sejak awal debut mereka. Sebelum resmi bertemu publik, konsep foto BLACKPINK sudah tak terhitung jumlahnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pengumuman Nama-Nama Anggota BabyMonster

 

YG Entertainment resmi mengumumkan final line-up BABYMONSTER pada Jumat tengah malam, 12 Mei 2023, waktu Seoul, dengan merilis video. Melansir NME, Jumat, 12 Mei 2023, klip berdurasi 11 menit ini dipandu pendiri YG Entertainment, Yang Hyun Suk, yang mengungkap personel grup satu per satu di sepanjang video.

Di paruh pertama klip, Yang menyebutkan lima trainee yang akan jadi member BABYMONSTER: Ahyeon, Ruka, Chiquita, Haram, dan Pharita. Melansir Koreaboo, Ahyeon adalah personel pertama yang diumumkan, dan Yang tidak bisa berhenti memujinya karena serba bisa. Ia menjelaskan bahwa keahlian Ahyeon membuatnya memiliki kemampuan untuk jadi seorang pemimpin.

Anggota berikutnya adalah Ruka. Selain popularitas, ia juga dipuji karena banyak pesona. Lalu, ada Chiquita. Meski ia adalah member termuda, yang saat itu baru berusia 14 tahun, dengan waktu pelatihan terpendek, perempuan Thailand ini dipuji atas perkembangan dan potensinya.

Personel selanjutnya yang diungkap adalah Haram yang belakangan nama panggungnya diubah menjadi Rami. Ia dipuji karena menguasai semua lagu yang dibawakan dan menjadikannya miliknya sendiri. Juga, ada Pharita yang dinilai akan membantu citra global BABYMONSTER.

3 dari 4 halaman

Semula Terdiri dari 7 Anggota

YG Entertainment sebelumnya mengatakan bahwa grup tersebut hanya akan menampilkan lima personel dalam susunan terakhirnya. Setelah mengungkap kelima member, Yang melanjutkan dengan mengungkap alasan ia mengecualikan Rora dan Asa dari line-up.

Untuk Rora, Yang mengatakan bahwa itu karena ia "masih muda, dan ada grup wanita lain yang sedang kami persiapkan." Sementara untuk Asa, Yang menyebut ia "berencana pergi ke Jepang untuk membuat girl grup global" dan memikirkan trainee untuk proyek yang akan datang.

Namun, Yang kemudian berbicara tentang mengapa ia membutuhkan waktu dua minggu untuk mengambil keputusan akhir terkait line-up terakhir BABYMONSTER. Ia berkata bahwa sebagian besar penggemar "menuntut ketujuh personel" untuk debut di grup.

Produser itu kemudian mengeluarkan papan yang menampilkan ketujuh trainee BABYMONSTER dan mengonfirmasi bahwa semua anggota akan debut di grup idol K-pop yang akan datang. "Saya akan mengambil ketujuh dari mereka," katanya.

Line-up terakhir BABYMONSTER muncul setelah acara web grup Last Evaluation berakhir, yang para personel menjalani tantangan agar YG Entertainment dapat memilih siapa yang akan debut. Perusahaan belum mengungkap kapan BABYMONSTER akan melakukan debut.

4 dari 4 halaman

Mundurnya Ahyeon

Namun, pada Rabu, 15 November 2023, para penggemar K-pop dihebohkan dengan kabar batal debut salah satu personel Babymonster bernama Ahyeon. Diketahui Ahyeon adalah salah satu trainee agensi YG Entertainment yang rencananya debut bersama enam personel lainnya.

Mengutip dari Allkpop, Ahyeon keluar dari grup karena alasan pribadi dan Babymonster pun akan debut dengan enam personel saja. Kabar keluarnya Ahyeon juga telah dikonfirmasi oleh pihak agensi YG Entertainment di hari yang sama setelah muncul rumor tersebut. 

"Babymonster akan merilis lagu debut dan video musik mereka pada tanggal 27 November dengan enam anggota. Ruka, Pharita, Asa, Haram, Rora, dan Chiquita," ujar YG Entertainment.

Pihaknya kemudian menyampaikan bahwa Ahyeon memutuskan keluar dari Babymonster sebelum debut karena kondisi kesehatannya. Pihak agensi menghargai keputusan Ahyeon dan mendoakan agar dirinya segera pulih dan sehat.

"Kami menyesal karena tidak dapat memperkenalkan Ahyeon sebagai anggota Babymonster. Namun, keputusan ini dibuat demi kepentingan terbaik bagi kesehatan artis. Kami akan memberikan dukungan penuh agar Ahyeon pulih sepenuhnya dan kembali dalam keadaan sehat," ujar YG Entertainment.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini