Sukses

Rahasia Syifa Hadju dan Titiek Puspa Agar Termotivasi untuk Jaga Pola Makan dan Olahraga

Syifa Hadju dan Titiek Puspa yang mengakui bahwa pola makan sehat adalah salah satu cara mereka untuk tampil menarik.

Liputan6.com, Jakarta - Bukan menjadi rahasia lagi jika menerapkan gaya hidup sehat menjadi kunci untuk memiliki tubuh yang bugar. Selain itu menjaga pola makan adalah salah satu cara dalam mewujudkannya, yang ikut berpengaruh pada kondisi tubuh serta kecantikan seseorang.

Hal tersebut dilakukan oleh para selebriti seperti Syifa Hadju dan Titiek Puspa yang mengakui bahwa pola makan sehat adalah salah satu cara mereka untuk tampil menarik. Syifa, begitu ia akrab disapa, mengungkapkan perubahan gaya hidup menjadi lebih sehat adalah langkah yang ia lakukan untuk perubahannya yang drastis.

"Gaya hidup sangat berpengaruh buat aku karena aku merasakan perbedaanya, banyak orang yang bilang aku drastis banget dulu dan sekarang. Karena aku memang menjalani proses penurunan berat badan, dan olahraga. Aku juga mengubah lifestyle dan juga gaya hidup aku," ungkap Syifa, saat ditemui di acara 25th Anniversary PT Uni-charm Indonesia Tbk, Jakarta Pusat, Kamis, 24 November 2023.

"Karena dulu gaya hidup aku berantakan banget, aku makan sehari tidak dihitung berapa kali, aku begadang sampai subuh, aku jarang bergerak, jarang olahraga dan akhirnya metabolisme aku menjadi jelek," jelasnya. Ia juga mengungkapkan bahwa makan buah-buahan adalah salah satu cara untuk mewujudkan perubahan itu.

"Kalau untuk perawatan, makan buah sangat membantu," jelas Syifa.

Selaras dengan Syifa, penyanyi lawas Titiek Puspa juga mengungkapkan bahwa pola makan yang ia terapkan sejak usia 40an menjadi kunci dari tubuh bugar di usianya yang kini menginjak 86 tahun. Ia juga menyebut ada beberapa makanan yang dihindari untuk tetap sehat di usianya yang sudah tidak lagi muda.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Memasak Makanan Sendiri di Rumah Jadi Kebiasaan Titiek Puspa

"Kalau makanan, sejak usia 40 saya mengurangi gula, garam, minyak, lemak, dan makanan yang menakutkan seperti makanan laut yang keras. Kadang gula juga tidak sampai separuh (sendok)," jelasnya.

Ia juga menjelaskan bahwa sampai saat ini dirinya biasa untuk memasak sendiri di rumah dan jarang sekali membeli makanan diluar. "Saya adalah orang yang paling bodoh mengenai restoran yang enak, walaupun suka dibawa (untuk mengunjungi restoran)," ungkapnya.

Penyanyi kelahiran 1 November 1937 ini juga menjelaskan bahwa menjaga penampilan dan merawat tubuh adalah salah satu bentuk terima kasihnya kepada Tuhan. "Karena ketika saya berbuat sesuatu untuk keindahan, yang memberi akan senang. Misalnya kamu saya kasih baju, tapi tidak dirawat, tidak disetrika, pasti hatiku akan sakit," ungkapnya.

Untuk perawatan wajah, Titiek Puspa juga menyarankan tips bagi wanita agar memiliki kulit yang kencang. "Buat perempuan ya, kalau pakai handuk atau bersabun jangan (mengarah) turun, tapi naik," jelasnya.  

3 dari 4 halaman

Kebiasaan Olahraga Syifa Hadju agar Dapatkan Tubuh Ideal

Selain menjaga pola makan, olahraga menjadi salah satu hal penting bagi Syifa Hadju agar memiliki tubuh yang ideal. Ia semula memiliki berat badan yang hampir menyentuh 60 kilo gram, sejak menerapkan gaya hidup sehat, berat badannya menjadi lebih ideal dengan berat 49 kilo gram.

"Untuk olahraga aku adalah tipe yang suka mencoba apa saja, selalu merasa tertantang dengan hal-hal yang baru. kemarin aku baru mencoba berkuda, mencoba tenis juga, dan menembak, banyak sekali olahraga yang aku lakukan. Tetapi yang rutin, aku lebih ke pilates, gym, dan tenis seminggu sekali," jelas Syifa.

Walaupun sudah memiliki berat yang ideal, Syifa merasa belum cukup sehat dan berencana untuk menambah massa otot nya agar berat badanya tidak gampang naik. Ia juga mengungkapkan bahwa selalu menyempatkan untuk berolahraga di tengah kesibukannya yang padat. 

"Untuk mengatur olahraga sempatkan saja, yang penting jangan terlalu diforsir, tapi jangan terlalu bermalas-malasan. Karena kalau lagi capek tuh pas libur maunya tidak melakukan apa-apa. Ada saatnya juga aku merasa aku harus olahraga, karena olahraga bikin badan aku terasa lebih enak, makanya sesibuk-sibuk nya aku selalu menyempatkan untuk olahraga," jelasnya.

4 dari 4 halaman

Perawatan Wajah Syifa Hadju

Ia juga menyebutkan bahwa tubuh ideal menurutnya adalah tubuh yang sehat. Walaupun sudah rutin berolahraga ia merasa belum cukup puas dengan hasil yang didapatkan.

"Menurut aku tubuh ideal adalah yang sehat, karena menurut aku pencapaian satu-satunya adalah bukan hanya untuk kurus. Karena, walaupun aku sudah berada di berat badan yang ideal, aku merasa belum sepenuhnya sehat, masa otot aku masih lemah, masih capek. Dengan berolahraga juga membantu metabolisme aku," ia menjelaskan.

Selain berolahraga untuk mendapatkan tubuh yang sehat, Syifa juga mengungkapkan kebiasaan perawatan wajah yang ia lakukan. Ia menyebutkan bahwa ia menggunakan skincare serta mengunjungi dokter kulit.

"Lebih ke skincare dan dua minggu sekali ke dokter wajah, kadang ada beberapa hal yang butuh lebih cepat seperti mengeluarkan komedo. Kalau hanya dibantu skincare mungkin akan makan waktunya lebih lama," jelasnya.

"Misalnya aku lagi makeup terus setiap hari, pasti banyak komedo yang harus dikeluarkan ya, nah itu aku biasanya ke dokter wajah," tambahnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.