Sukses

Seunghan RIIZE Hiatus Usai Fotonya Cium Perempuan Tuai Kontroversi, Kini Alami Tekanan Mental

Seunghan RIIZE tengah jadi perbincangan hangat di jagat maya. Seunghan diumumkan akan hiatus (mengambil jeda) untuk waktu yang tidak ditentukan.

Liputan6.com, Jakarta - Seunghan RIIZE tengah jadi perbincangan hangat di jagat maya. Seunghan diumumkan akan hiatus (mengambil jeda) untuk waktu yang tidak ditentukan.

Dikutip dari Soompi, Rabu (22/11/2023), agensi yang menaungi pria berusia 20 tahun tersebut, SM Entertainment, buka suara. Pada Rabu (22/11/2023), agensi yang didirikan oleh Lee Soo Man itu merilis pernyataan resmi yang mengumumkan soal Seunghan RIIZE hiatus dari aktivitasnya.

"Halo, ini SM Entertainment. Ini adalah pemberitahuan mengenai anggota RIIZE, Seunghan. Seunghan merasa sangat menyesal dan merenungkan dirinya sendiri karena menyebabkan kekecewaan dan keributan tidak hanya kepada tim dan anggota tetapi juga kepada penggemar karena masalah mengenai kehidupan pribadinya yang bocor dan beredar baru-baru ini melalui media sosial dan komunitas online," bunyi keterangan itu.

Agensi menerangkan bahwa, "Seunghan merasakan tekanan mental dan tanggung jawab mengenai hal ini, jadi setelah merenung secara mendalam, dia menyampaikan niatnya untuk menghentikan aktivitas untuk tim."

Pihak agensi menilai terlalu sulit bagi Seunghan RIIZE untuk melanjutkan aktivitas dalam situasi ini. Mereka juga menghormati pendapat penyanyi kelahiran 2 Oktober 2003 tersebut yang tidak ingin menimbulkan lagi kerugian pada tim dan member.

"Kami memutuskan untuk menghentikan aktivitasnya tanpa batas waktu. Oleh karena itu, RIIZE akan berpromosi dengan enam anggota tidak termasuk Seunghan mulai hari ini (22/11/2023)," lanjut agensi.

Agensi hiburan multinasional Korea Selatan tersebut mengatakan bahwa ini adalah situasi yang tiba-tiba. Pihaknya meminta pengertian dari para penggemar.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Agensi Minta Maaf

"Karena ini adalah masalah yang diputuskan melalui diskusi yang cermat dengan artis itu sendiri, dan kami merasa bertanggung jawab besar karena lalai dalam manajemen artis meskipun itu terjadi sebelum dia debut. Kami sekali lagi meminta maaf sebesar-besarnya kepada penggemar," terang agensi.

Mereka menambahkan, "Namun, video dan foto yang bocor dan diedarkan diambil dalam waktu pribadinya selama hari-hari latihannya sebelum debutnya, dan video tersebut direproduksi beberapa kali untuk menimbulkan kesalahpahaman melalui pengeditan sekunder yang disengaja seperti mengambil tangkapan layar dari video yang sumbernya dapat disebutkan."

Selain itu, dikatakan agensi, orang-orang yang membocorkan dan mengedarkan video dan foto-foto ini bahkan menggunakan cara jahat untuk menciptakan informasi palsu yang tidak berdasar dan percakapan melalui pesan yang tidak ada. Hal tersebut dijelaskan agensi sebagai tindakan pencemaran nama baik yang parah terhadap artis dengan menyebarkan informasi palsu dan menyimpang yang berbeda dari kebenaran.

3 dari 4 halaman

Tempuh Jalur Hukum dan Tindak Tegas

"Kami mulai memantau segera setelah mengetahui situasi ini, dan kami menetapkan siapa yang berada di balik kebocoran dan peredaran tidak sah tersebut setelah mengumpulkan sejumlah besar bukti. Kami berencana mengajukan pengaduan hukum sore ini ke kantor polisi setempat," kata mereka.

Pihaknya juga tengah mempertimbangkan tindakan hukum tambahan terhadap individu tersebut. "Tidak hanya karena mencemarkan nama baik artis tersebut melalui kebocoran dan peredaran yang tidak sah, tetapi juga atas berbagai tindakan ilegal seperti kejahatan dunia maya dan ancaman," tambah mereka.

Demi artis, tim, serta para penggemar, agensi tidak hanya akan mengajukan tindakan hukum. "Tetapi juga merespons dengan tegas tanpa penyelesaian atau keringanan hukuman terhadap segala bentuk dampak buruk sekunder seperti membuat serta mengedarkan dan mereproduksi postingan tambahan tentang rumor yang tidak masuk akal mengenai artis tersebut," tutup mereka.

Pada 30 Agustus 2023, Seunghan telah menyampaikan permintaan maaf atas kontroversi atas tindakannya di masa lalu. Saat itu, foto dirinya mencium seorang perempuan di ranjang beredar di komunitas online. Melalui Instagram RIIZE, ia membagikan permintaan maaf.

4 dari 4 halaman

Tersandung Kontroversi

"Ini Seunghan RIIZE. Aku menulis ini karena aku merasa perlu memberitahu kalian hal ini terlebih dahulu sebelum berdiri di depan penggemar. Pertama-tama, aku dengan tulus meminta maaf kepada penggemar yang mendukung RIIZE. Karena masalah pribadiku, aku menyebabkan kerugian pada tim pada saat yang sangat penting dan kritis menjelang debut kami dan mengecewakan para anggota dan staf," bunyi pernyataannya pada 30 Agustus 2023.

Seunghan melanjutkan dirinya merasa menyesal karena tidak bisa meminta maaf dengan segera karena takut dan cemas. "Tanpa ada ruang untuk menyalahkan siapa pun atau membuat alasan, semua ini terjadi karena kecerobohanku, dan aku banyak merenungkan masa lalu dan tindakanku," lanjutnya.

Ia menambahkan, "Mulai saat ini saya akan memprioritaskan tim bernama RIIZE. Aku akan berperilaku lebih hati-hati tidak hanya di atas panggung sebagai RIIZE tetapi juga dalam segala situasi yang aku temui. Aku akan melakukan yang terbaik sehingga dapat merasakan ketulusan aku terhadap tim dan penggemar melalui tindakanku. Aku minta maaf sekali lagi. Terima kasih telah membaca unggahan panjang ini."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini