Sukses

Salam 3 Jari Ganjar Pranowo Disebut Mirip Adegan di Film The Hunger Games

Salam 3 jari yang merapatkan jari telunjuk, jari tengah dan jari manis oleh Ganjar Pranowo disebut mirip dengan film The Hunger Games: Mockingjay Part 1 yang juga mengacungkan tiga jari tengah.

Liputan6.com, Jakarta - Berbagai berita, foto dan video seputar Pilpres 2024 makin banyak dijumpai di media sosial meskipun kampanye resmi baru akan dimulai pada 28 November 2023. Salah satunya video kampanye capres Ganjar Pranowo yang dikenal dengan salam tiga jari setelah mendapat nomor urut 3 di Pilpres 2024.

Salam 3 jari itu banyak disebut serupa dengan simbol dari serial film The Hunger Games yang sempat hits pada 2014 silam dan diikuti dengan beberapa film sekuelnya. Salam tiga jari ini ditunjukan Ganjar lewat akun Twitternya, @ganjarpranowo yang memperlihatkan dirinya berdiri di tengah-tengah para pendukung yang mengelilinginya dan memakai kemeja hitam.

Para pendukungnya kompak mengenakan baju hitam sambil mengacungkan tiga jari, telunjuk jari tengah dan jari manis. "Ini bukan tentang Ganjar. Ini bukan tentang kekuasaan. Ini tentang Indonesia," tulis keterangan dalam video singkat yang diunggah pada Senin, 20 November 2023 itu.

Capres yang diusung PDIP ini lantas menjelaskan tiga jari yang diacungkannya mewakili janji yang dibawanya, agar dipilih masyarakat untuk menjadi orang nomor satu di Indonesia. "Tiga hari tiga janji: Taat pada Tuhan, patuh pada hukum, dan setia pada rakyat," jelas Ganjar dalam keterangan unggahannya.

Tidak sedikit yang menyebut dan mengaitkan salam tiga jari itu dengan film The Hunger Games. Dilansir dari CBD, salam tiga jari yang merapatkan jari telunjuk, jari tengah dan jari manis ini disebut sangat serupa dengan film The Hunger Games: Mockingjay Part 1 yang mengacungkan tiga jari tengah, yang ternyata punya arti simbol perlawanan dan pemberontakan masyarakat terhadap penguasa.

Salam tiga jari tengah juga erat kaitannya dengan adegan pahlawan wanita dalam serial film tersebut yakni Katniss Everdeen (diperankan Jennifer Lawrence) yang menunjukan salam khas Distrik 12 sebagai kampung halamannya. Katniss jadi sosok dan simbol perlawanan kampung halamannya terhadap pemimpin yang semena-mena.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Simbol Perlawanan di Myanmar di Thailand

Salam tiga jari ini juga merupakan simbol wilayah yang sudah sangat tua dan langka. Beberapa kali salam tiga jari ini terlihat di pemakaman, disampaikan untuk ungkapan terima kasih, kebanggan, dan sampai berjumpa kembali dengan orang yang dicintai.

Semangat film fiksi yang diadaptasi dari novel itu ternyata sampai dalam dunia nyata. Buktinya simbol jari tengah tersebut menginspirasi aktivitas Thailand hingga Myanmar untuk melakukan perlawanan dan solidaritas gerakan demokrasi di Asia Tenggara.

Melansir The Guardian, simbol tiga jari ini digunakan tenaga medis, pengunjuk rasa muda yang menentang kudeta militer di Thailand. Hasilnya karena dianggap memberikan pengaruh pemberontakan kepada masyarakat, film The Hunger Games: Mockingjay Part 1 ditarik dari peredaran di Thailand pada November 2014.

Pada 14 November kemarin, dukungan langsung bergema di kantor KPU Jakarta saat Ganjar Pranowo mengangkat nomor urut tiga. Para pendukung pun langsung mengacungkan tiga jari sebagai tanda metal alias menang total.

"Metal! Ganjar Mahfud menang total. Ganjar Mahfud nomor tiga. Nggak ada lawan," teriak ribuan pendukung Ganjar-Mahfud Md yang menanti di luar gedung KPU, seperti dikutip dari keterangan pers, melansir dari kanal Pemilu Liputan6.com, Rabu, 15 November 2023.

Mereka lalu menyanyikan lagu dukungan untuk angka tiga, mulai dari lagu dangdut hingga lagu anak dinyanyikan dengan lirik yang disesuaikan untuk mendukung pasangan Ganjar Mahfud. Lagu tersebut semakin meriah dengan alunan alat musik angklung. "Nomor tiga siapa yang punya, nomor tiga siapa yang punya, nomor tiga siapa yang punya, yang punya Ganjar Mahfud," nyanyi mereka kompak.

 

3 dari 4 halaman

Ganjar Mahfud Dapat Nomor Urut Tiga

Ada juga lagu andeca-andeci, ikan dalam kolam, hingga satu satu aku sayang Ganjar yang dinyanyikan dalam kesempatan itu. Meski badan basah kuyup usai kehujanan, namun semangat mereka tetap tidak luntur.

"Senang sekali pak Ganjar Mahfud dapat nomor urut tiga. Tiga itu artinya metal, menang total. Semoga pak Ganjar Mahfud menang satu putaran," ucap Naya (17) salah satu pendukung Ganjar.

Naya dan puluhan teman-teman muda lainnya mengaku sengaja datang ke KPU untuk memberi dukungan pada Ganjar-Mahfud. Meski hujan, ia tetap bertahan demi memperjuangkan dukungannya.

Sampai larut malam ribuan pendukung Ganjar tetap bertahan di depan kantor KPU. Mereka bersatu dengan pendukung Ganjar Mahfud dari berbagai komunitas dan kelompok untuk bernyanyi dan bersuka cita bersama merayakan Ganjar Mahfud mendapatkan nomor urut tiga.

Salah satu di antara ribuan pendukung Ganjar-Mahfud terlihat penyanyi kenamaan, Once Mekel. Dia pun turut bernyanyi bersama ribuan pendukung Ganjar lain untuk memberikan semangat dan merayakan Ganjar Mahfud mendapat nomor urut tiga.

"Ini pas sekali nomor urutnya. Metal, pak Ganjar kan memang metal. Metal juga bisa diartikan menang total. Hanya Ganjar Mahfud yang pantas memimpin negeri ini," kata Once.

4 dari 4 halaman

Mahfud MD Berpose 3 Jari Metal

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) sekaligus Calon Wakil Presiden (Cawapres) Mahfud Md juga pernah mengunggah momen saat dirinya masuk ke dalam kokpit pesawat Garuda Indonesia di akun instagram pribadinya @mohmahfudmd. Dalam unggahan tersebut, Mahfud terlihat berfoto bersama pilot dan co-pilot dengan berpose salam 3 jari. Sementara awak pesawat tersebut berpose 3 jari metal.

Mahfud Md masuk kokpit atas ajakan pilot yang bernama Widiyatno. Momen itu terjadi saat ia bertolak ke Sumatera.

"Nomor 3 di Ketinggian. Lagi asik-asiknya menikmati penerbangan Garuda di atas langit Sumatera tadi, tiba-tiba saya dihampiri pilot pesawat yang saya tumpangi," ujar Mahfud dalam unggahanannya, Jumat, 17 November 2023. "Capt Widiyatno mengajak ngobrol sebentar, lalu menawari foto bersama di kokpit. Wah senangnya saya," ungkapnya.

Mahfud mengucapkan terima kasih kepada pilot yang telah membawanya masuk ke dalam kokpit. Dalam keterangannya, ia juga menyelipkan tagar Ganjar-Mahfud 2024. "Kami berfoto dengan senyum masing-masing, tak ketinggalan pula salam #TigaJari dari kami semua," ucapnya"Terimah kasih, Capt Widi dan Co-pilot Dirga #GanjarMahfud2024," tutup Mahfud.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini