Sukses

7 Rekomendasi Karier dengan Skill Public Speaking, Cocok Buat Si Berani Tampil

Public speaking menjadi salah satu modal berharga sebagai kunci kesuksesan dalam berkarier. Ini bukan hanya soal keterampilan, tetapi juga sebagai seni yang bisa membuka peluang pekerjaan yang menarik.

Liputan6.com, Jakarta Di era saat ini, skill public speaking rasanya perlu dikuasai oleh semua orang. Ini karena hal tersebut bisa meningkatkan kepercayaan diri dalam kemampuan persuasif dan komunikatif. Selain itu, terkadang public speaking juga menjadi tolak ukur bagi kredibilitas seseorang.

Kemampuan ini ternyata penting untuk mencerminkan kepribadianmu melalui cara dan etika berbicara. Terlebih lagi jika kamu memiliki antusias tinggi untuk berbicara di depan umum, maka kesempatan mendapatkan karier cemerlang terbuka lebar.

Public speaking menjadi salah satu modal berharga sebagai kunci kesuksesan dalam berkarier. Ini bukan hanya soal keterampilan, tetapi juga sebagai seni yang bisa membuka peluang pekerjaan yang menarik. Jika terus dikembangkan, terdapat banyak kesempatan karier yang bisa didapatkan dengan memanfaatkan skill tersebut. 

Inilah 7 rekomendasi karier yang memanfaatkan public speaking:

1. Pengajar

Pengajar di sini tidak terbatas pada guru di sekolah, melainkan dosen dan pelatih juga termasuk dalam kategori ini. Public speaking memiliki peran penting bagi mereka untuk tampil percaya diri di hadapan audiensnya. Kepercayaan diri itulah yang memungkinkan pengajar menyampaikan ilmunya dengan maksimal. Selain itu, public speaking yang baik bisa menciptakan kelas yang interaktif, produktif, dan tidak membosankan.

2. Pembawa Acara

Pembawa acara atau yang dikenal dengan Master of Ceremony (MC) adalah mereka yang memandu beberapa program seperti seminar, konferensi, hingga pertunjukan. Mereka wajib menguasai kemampuan public speaking demi menghibur audiens dan menjaga kelancaran acara tetap seru hingga selesai. Ibaratnya, jantung dari keberhasilan kegiatan ada di MC. Oleh karenanya, kemampuan bicara yang matang menjadi kunci kesuksesan.

3. Broadcaster

Walaupun seorang broadcaster hanya berbicara di depan mikrofon, namun skill public speaking tetap harus dikuasai. Kemampuan ini digunakan untuk mengkomunikasikan berita, informasi, hingga hiburan agar tersampaikan dengan jelas. Apa lagi mereka memiliki audiens yang hanya sekadar mendengar, jadi penyampaiannya harus mencuri perhatian untuk menjaga audiens tetap tertarik.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

4. Sales

Di situasi penjualan, kemampuan berbicara yang efektif seringkali menjadi kunci keberhasilan. Seorang salesperson, tentu harus berbicara dengan calon pelanggan dengan kemampuan public speaking yang mahir. Harapannya, mereka bisa dengan lancar menjelaskan produk hingga akhirnya membawa pembicaraan menuju kesepakatan penjualan.

5. Reporter

Seorang reporter memiliki tugas berbicara di depan kamera untuk melaporkan berita. Artikulasi yang jelas dan mudah dimengerti dapat mempermudah audiens untuk mencerna berita yang disampaikan. Tentunya hal ini bisa dicapai dengan menguasai skill public speaking. Dengan begitu, berita yang disampaikan bisa diterima secara jelas oleh masyarakat.

 

3 dari 3 halaman

6. Tour Guide

Kemampuan berbicara yang lancar sangat dibutuhkan pada proses penyampaian sejarah, budaya, dan informasi suatu tempat wisata. Hal ini membuat tour guide wajib menguasai public speaking yang baik, karena banyak pesan penting yang harus tersampaikan secara detail. Sebagai tambahan, cobalah untuk menyampaikannya dengan semangat agar membuat pengalaman wisata lebih informatif, menarik,  sekaligus menjaga perhatian wisatawan.

7. Interpreter

Penerjemah atau interpreter bertugas untuk menerjemahkan percakapan dari satu bahasa ke bahasa lain. Penting untuk memiliki skill berbicara yang baik agar pesan yang disampaikan tetap akurat, utuh, dan tidak terdistorsi dalam proses penerjemahan. Oleh karenanya, kemampuan public speaking yang baik menjadi kunci komunikasi lintas bahasa yang berjalan lancar.

Itulah beberapa rekomendasi profesi bagi kamu yang menyukai public speaking. Bukan hanya membantu meraih sukses, namun public speaking yang sempurna akan memberikan kepuasan pribadi bagi dirimu. Ingatlah bahwa public speaking merupakan keterampilan yang harus dilatih, jadi jangan berhenti belajar untuk meningkatkan kemampuanmu.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini