Sukses

Pangeran William dan Kate Middleton Ubah Foto Profil di Media Sosial, Apa Alasannya?

Kate Middleton dan Pangeran William memperbarui feed media sosial mereka karena alasan penting.

Liputan6.com, Jakarta - Tim komunikasi Pangeran William dan Kate Middleton memperbarui halaman Instagram dan X (sebelumnya Twitter) mereka pada Kamis, 9 November 2023, menjelang Hari Veteran. Hari libur serius ini diperingati setiap tahun pada 11 November dan menghormati orang-orang dari Inggris dan negara-negara Persemakmuran yang tewas dalam perang.

Mengutip dari laman People, Minggu (12/11/2023), sudah menjadi tradisi digital bagi bangsawan Inggris untuk mengubah halaman media sosial mereka untuk memperingati Hari Veteran, mengganti gambar profil mereka untuk mengatur suasana. Setelah sekitar satu minggu, halaman-halaman tersebut biasanya kembali ke foto sebelumnya.

Foto profil baru Pangeran William dan Putri Kate adalah foto mereka dari Festival of Remembrance 2019, sebuah acara tahunan di Royal Albert Hall untuk memperingati semua orang yang kehilangan nyawa dalam konflik. Dalam gaya khas untuk kebaktian tersebut, pasangan itu mengenakan pakaian hitam dengan pin poppy merah simbolis.

Setiap bulan November, pin bunga menjadi bagian dari lemari pakaian para bangsawan. Poppy telah digunakan sejak tahun 1921 untuk memperingati anggota militer yang tewas dalam perang.

Bunga merah terutama dikaitkan dengan Inggris dan negara-negara Persemakmuran untuk Hari Veteran. Bunga poppy juga merupakan simbol pengorbanan dan peringatan di Amerika Serikat sekitar tanggal 11 November (Hari Veteran), meskipun bunga poppy juga dipakai untuk Hari Veteran di bulan Mei.  

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Foto Sampul Media Sosial Juga Diganti

Pangeran dan Putri Wales juga mengganti foto sampul mereka di X. Mereka menukar foto para finalis Earthshot Prize 2023 milik Pangeran William (yang diadakan di Singapura minggu ini) dengan gambar Field of Remembrance, yang memperlihatkan bunga poppy di salib. Gambar itu mungkin terlihat familier, karena pasangan itu bergiliran dalam foto sampul yang sama untuk Remembrance Day tahun lalu.

Foto profil Pangeran William dan Putri Kate mengambil tempat dari kunjungan ke Irlandia pada tahun 2020. Mereka bukan satu-satunya anggota keluarga kerajaan Inggris yang mengubah nasib mereka – Raja Charles dan Ratu Camilla juga melakukan hal yang sama.

Seperti yang terlihat di X, Instagram, dan Facebook (di mana mereka memiliki total 25 juta pengikut), para anggota istana Raja (74) dan Ratu (76), mengubah foto profil mereka dari foto penobatan yang meriah menjadi foto kenangan dari Hari Peringatan sebelumnya.

Ikon tersebut sekarang adalah gambar para bangsawan yang menghadiri Layanan Hari Peringatan di National War Memorial di Ottawa, Kanada pada tahun 2009. Menurut Gert’s Royals, ini mungkin foto favorit, sebab pasangan tersebut telah menampilkannya di media sosial untuk Remembrance Day “berkali-kali” sebelumnya, termasuk tahun lalu. 

 

3 dari 4 halaman

Raja Charles III dan Ratu Camilla Juga Ubah Foto Profilnya

Mirip dengan Pangeran dan Putri Wales, tim komunikasi pasangan kerajaan itu mengubah gambar sampul Raja dan Ratu di X dan Facebook menjadi banjir bunga poppy keramik merah dengan tulisan “Lest We Forget.”

Gambar tersebut sepertinya berasal dari instalasi terkenal yang memenuhi parit Menara London pada tahun 2014. Masing-masing dari 888.246 bunga melambangkan kematian militer Inggris selama perang, kata Historic Royal Palaces. 

Avatar Raja Charles dan Ratu Camilla adalah foto ikonik dari fotografer kerajaan Chris Jackson yang menampilkan pasangan mahkota tersebut sedang memandang ke arah kerumunan orang dari balkon Istana Buckingham.

Spot tersebut sebelumnya menampilkan gambar The Mall di London yang dipagari bendera Union Jack dan dipadati orang. Bendera tersebut mengisyaratkan bahwa gambar tersebut berasal dari Platinum Jubilee Ratu Elizabeth pada bulan Juni 2022, lantaran The Mall dihiasi dengan bendera negara-negara Persemakmuran (ditambah warna tiga warna Inggris) di hari penobatan Raja Charles dan Ratu Camilla pada 6 Mei.​ 

4 dari 4 halaman

Pangeran Harry dan Meghan Markle Peringati Hari Veteran

Raja Charles, Ratu Camilla, Pangeran William dan Putri Kate diperkirakan akan melanjutkan tradisi dan memperingati Hari Peringatan di Inggris akhir pekan ini. Mereka, bersama dengan anggota keluarga kerajaan lainnya, akan menghadiri Royal British Legion Festival of Remembrance di Royal Albert Hall dan National Service of Remembrance, juga dikenal sebagai Remembrance Sunday, di tugu peringatan perang The Cenotaph di London.

Sementara itu, Pangeran Harry dan Meghan Markle sudah memperingati Hari Veteran. Pada Rabu, 8 November 2023, Yayasan Archewell milik Duke dan Duchess of Sussex berbagi berita bahwa keduanya "menghabiskan pagi hari bersama para veteran dan anggota dinas aktif serta orang-orang yang mereka cintai di Camp Pendleton di San Diego, California."

Sore harinya, mereka berangkat lagi untuk menghadiri peresmian fasilitas Warrior Fitness Program West Coast milik Navy SEAL Foundation di San Diego, beberapa jam perjalanan dari rumah di Montecito, California. Meghan (42), dan Harry (39), mantan kapten Angkatan Darat Inggris dan veteran perang Afghanistan, secara rutin memperingati Hari Veteran dan Hari Peringatan sejak mundur dari peran kerajaan mereka pada tahun 2020.

Duke dan Duchess of Sussex keduanya dengan sedih mengenakan pakaian tersebut. Pin poppy merah untuk pertunangan kejutan kedua mereka pada Rabu malam. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini